Article

Homepage Article Kain 10 Kriteria Sleeping Bag…

10 Kriteria Sleeping Bag Yang Bagus Untuk Camping

Hobi melakukan aktifitas pendakian bersama teman atau keluarga?. Karena kegiatan mendaki pasti memakan waktu lama dan butuh yang namanya istirahat, maka penting bagi anda untuk memilih perlengkapan tidur yang tepat dan nyaman digunakan agar tubuh senantiasa terlindung dari hawa dingin yang ekstrim.

Pengertian Sleeping Bag

Sleeping bag merupakan salah satu pelengkapan tidur portable yang wajib dibawa saat camping dan mendaki gunung. Selain difungsikan sebagai alas tidur, sleepig bag ini umumnya juga dapat dijadikan sebagai sarana pelindung tubuh agar tidak merasa kedinginan ketika terkena hembusan angin yang menembus tenda.

Sleeping Bag

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Jenis-Jenis Sleeping Bag

Sebagai perlengkapan wajib saat camping, sleeping bag sendiri dapat dijumpai dalam berbagai bentuk yang berbeda dan dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Sleeping bag (kantung tidur) yang dimaksud yakni berupa sleeping bag rectanglle/tikar, sleeping bag tappered dan sleeping bag mummy.

1. Sleeping Bag Rectangle

Sleeping bag rectangle merupakan jenis sleeping bag (kantung tidur) yang berbentuk persegi panjang dan menyerupai tikar.

  • Sleeping bag rectangle umumnya memiliki bentuk yang lumayan luas dan memberikan ruang gerak yang lebih leluasa saat digunakan untuk tidur.
  • Sekalipun dari segi desain cenderung luas, namun daya insulasi dari sleeping bag ini sebenarnya paling lemah diantara jenis yang lain.

Sleeping bag rectangle biasanya sangat mudah ditemui dipasaran bahkan banyak rental peralatan outdoor yang menyewakannya. Dari segi harga sleeping bag ini juga mempunyai harga yang relatif murah dibandingkan dengan model sleeping bag yang lainnya.

2. Sleeping Bag Tappered

Sleeping bag tappered merupakan sleeping bag (kantung tidur) yang bentuknya tampak menyerupai kepompong.

  • Dari segi desain sleeping bag ini tidak terlalu longgar seperti sleeping bag rectangle tetapi juga tidak terlalu press body seperti sleeping bag mummy.
  • Untuk daya insulasinya, sleeping bag tapered lebih baik dari pada sleeping bag rectangle namun di bawah sleeping bag mummy.

3. Sleeping Bag Mummy

Sleeping bag dengan bentuk mumi merupakan sleeping bag press body yang dirasa paling pas untuk kegiatan camping dan mendaki gunung.

  • Sleeping bag mummy memiliki bentuk yang cukup unik karena semakin ke bawah (kaki) bentuknya semakin mengecil mengikuti bentuk tubuh manusia.
  • Dibandingkan model sleeping bag yang lainnya, sleeping bag mummy ini umumnya memiliki daya insulasi yang paling baik dan dapat menghangatkan tubuh secara maksimal.

Sleeping Bag

Sumber : https://phinemo.com/

Kriteria Sleeping Bag

Berencana untuk membeli sleeping bag (kantung tidur) sebagai pelengkap kebutuhan camping maupun hiking?. Untuk memastikan bahwa sleeping bag yang anda pilih benar-benar bagus dan dapat difungsikan sebagaimana mestinya penting bagi anda untuk memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Nyaman Saat Digunakan

Dalam memilih sleeping bag (kantung tidur), fungsi dan kenyamanannya tetap harus menjadi prioritas utama yang diperhatikan. Begitu keduanya dipenuhi selanjutnya anda bisa bermain-main dengan desain maupun warna sleeping bag.

Sleeping Bag

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Bahan Kainnya Bagus

Untuk memaksimalkan fungsinya yakni menjaga kehangatan tubuh saat tidur, bahan kain yang digunakan untuk membuat sleeping bag terbaik hendaknya dipilih yang kualitasnya benar-benar bagus seperti kain parasut yang menawarkan banyak keunggulan.

  • Kain parasut termasuk ke dalam jenis bahan kain yang bagus karena terbilang awet dan ringan walau sebenarnya cenderung tipis.
  • Kain parasut sangat mudah untuk dibersihkan dan proses pengeringannya juga cepat.
  • Kain parasut tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan senantiasa rapi walau sudah sering dipakai berkali-kali.
  • Untuk masalah harga kain parasut kebanyakan juga dijual dengan harga yang relatif lebih murah.
  • Kain parasut sangat ringan dan mudah dibentuk menjadi berbagai macam model sleeping bag. Selain itu sleeping bag yang dibuat dari kain parasut juga sangat mudah digunakan.

Dalam sebuah sleeping bag sendiri, kain parasut biasanya dipakai untuk lapisan terluar sleeping bag sementara bagian dalamnya bisa menggunakan kain polar dan dacron. Dengan adanya kain polar dan dacron ini sleeping bag yang dihasilkan pastinya akan jauh lebih hangat dan nyaman saat digunakan.

Sleeping bag yang dibuat dari kain parasut dengan inner berbahan polar sangat tipis dan bisa dipacking menjadi ukuran yang sangat kecil, sehingga bisa lebih mudah dibawa dan dimasukan ke dalam tas.

  • Kain polar bisa memberikan rasa hangat lebih cepat dibandingkan dengan bahan lain karena lapisan polar lebih cepat menyerap panas.
  • Tapi karena bahan ini lebih mudah ditembus hawa dingin dari luar, jadi tidak disarankan untuk pendakian gunung yang cukup tinggi.
  • Bahan Dakron

Sleeping bag parasut yang dikombinasikan dengan filing berbahan dakron biasanya masih ditambah lagi dengan lapisan inner yang terbuat dari bahan tafeta. Dakron sendiri adalah serat sintesis yang mirip dengan kapas.

  • Bahan dakron dikenal lebih hangat dan bisa menahan hawa dingin dari luar karena seratnya yang berongga dapat mengunci hawa.
  • Dakron bisa bekerja seperti isolator yang mengunci panas tubuh di dalam sleeping bag dan menahan hawa dingin dari luar.
  • Dakron dan Polar

Terdapat beberapa brand yang saat ini membuat sleeping bag dengan bahan polar sebagai lapisan innernya, bahan dakron sebagai fillingnya, lalu lapisan luar dari parasut.

  • Sleeping bag yang dibuat dari parasut, dakron dan polar tentu akan terasa sangat hangat ketika digunakan.
  • Keberadaan bahan polar mampu membuat sleeping bag lebih cepat hangat sedangkan bahan dakron bekerja seperti isolator yang mengunci panas tubuh.

Selain memanfaatkan kain polar dan juga dakron sebenarnya ada juga sleeping bag terbaik yang dilengkapi dengan bulu angsa (down). Sleeping bag jenis ini biasanya dirancang untuk suhu yang ekstrem dan dipakai di gunung yang bersalju.

  • Bulu angsa mempunyai kemampuan untuk mengembang lebih baik dari bahan polar.
  • Bulu angsa yang mempunyai ratusan hingga ribuan cabang kecil sangat cocok dijadikan isolator yang bagus.
  • Bulu angsa bisa menahan suhu dingin yang ekstrim.

Butuh bahan kain parasut berkualitas dengan harga murah untuk membuat sleeping bag?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa memilih Kain Parasut Diamond (WP) dan Kain Parasut Metalik yang bersifat anti air.

Kain parasut wajik (parasut diamond ripstop) merupakan jenis kain anti air karena memiliki lapisan bening anti air. Kain ini memiliki permukaan yang agak mengkilap dengan motif wajik atau belah ketupat.

  • Kain parasut wajik disebut demikian karena pada permukaan kainnya memang terdapat pola wajik atau diamond.
  • Kain parasut diamond ripstop termasuk ke dalam jenis kain yang bersifat anti air karena memiliki coating anti air berwarna bening.
  • Coating bening yang ditambahkan pada kain membuat bahan ini sangat cocok digunakan untuk membuat sleeping bag terbaik.
  • Kain parasut wajik sangat mudah didapatkan, pilihan warnanya cukup banyak dan harganya pun relatif terjangkau.

Kain parasut metalik merupakan kain parasut yang bagian dalamnya terdapat lapisan anti air berwarna mengkilap, lembut dan tidak kaku. Dengan karakteristik bahannya yang sedemikian unik kain ini sangat cocok digunakan untuk sleeping bag.

3. Warnanya Tidak Luntur

Sleeping bag terbaik yang dipakai untuk camping hendaknya juga memiliki kualitas warna yang bagus dan tidak mudah luntur saat terpapar air.

  • Bila anda ingin membeli sleeping bag warna warni sebaiknya lakukan tes sederhana untuk menguji luntur tidaknya warna pada sleeping bag.
  • Sleeping bag yang warnanya luntur saat terkena air biasanya berpotensi besar untuk melekat pada benda lain termasuk pakaian yang anda kenakan.

Sleeping Bag

Sumber : https://www.vancouverislandcamping.net/

4. Memiliki Penutup Kepala

Sleeping bag terbaik yang dilengkapi dengan penutup kepala akan memberikan kenyamanan saat tidur. Dengan kualitas tidur yang baik maka pemakainya juga bisa menjalankan aktivitas outdor dengan stamina yang lebih bagus.

  • Penutup kepala yang ada pada sleeping bag mampu menghangatkan telinga yang mudah terpapar suhu dingin.
  • Penutup kepala yang ditambahkan pada sleeping bag juga mampu menghindarkan tubuh dari bahaya hipotermia.

Sleeping Bag

Sumber : https://www.amazon.de/

5. Ukurannya Sesuai Tinggi Badan

Sleeping bag yang digunakan untuk camping hendaknya memiliki ukuran yang pas dan sesuai dengan tinggi badan supaya seluruh bagian tubuh anda tetap tertutup dan terlindung dari udara dingin.

  • Ketika memilih sleeping bag penting bagi anda untuk memastikan bahwa ukuran sleeping bag memang sesuai dengan postur tubuh.
  • Jika ukurannya kurang tepat maka kenyamanan saat menggunakan sleeping bag tersebut juga akan berkurang.
  • Hindari memilh sleeping bag dengan ukuran yang kebesaran karena akan mengurangi kehangatan dari sleeping bag.
  • Jangan pula memilih ukuran sleeping bag yang terlalu sempit karena dapat membuat anda kesulitan bergerak saat menggukanannya.

Dari segi harga semakin panjang ukuran sleeping bag maka harganya bisa jadi semakin mahal. Namun ini justru lebih baik dari pada anda memilih sleeping bag dengan ukuran yang sedikit pendek tapi membuat kaku menjadi tertekuk.

Sleeping Bag

Sumber : https://www.oneplanet.com.au/

6. Memiliki Saku Penyimpanan

Sleeping bag yang bagus hendaknya juga dilengkapi saku penyimpanan. Dengan adanya saku pada sleeping bag, maka anda bisa lebih mudah menyimpan barang-barang yang penting seperti handphone untuk alarm ataupun barang berharga lainnya agar tetap aman.

Sleeping Bag

Sumber : https://vikingtrek.com/

7. Mempunyai Resleting Yang Baik

Perhatikan kualitas resleting yang ada pada sleeping bag. Jika diperlukan anda bisa mencoba resleting sleeping bag tersebut beberapa kali saat berada di toko untuk memastikan bahwa resleting tersebut dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

  • Pilih sleep bag yang dilengkapi dengan double pull slider supaya lebih mudah untuk dibuka dan ditutup dari bagian dalam maupun bagian luarnya.
  • Semakin kecil dan rapat resleting yang digunakan, maka semakin hangat pula suhu di dalam sleeping bag.

Sleeping Bag

Sumber : https://winneroutfitters.com/

8. Jahitannya Halus dan Rapi

Sleeping bag yang bagus hendaknya juga dijahit dengan halus dan rapi serta memiliki sambungan yang kuat dan tidak mudah rusak. Jahitan yang dimaksud tidak hanya terbatas pada jahitan luar sleeping bag tetapi hal ini juga mencakup seluruh jahitan yang ada di bagian dalam sleeping bag.

Beberapa kriteria yang menjadi faktor penentu dari kualitas sleeping bag (kantung tidur) terkait dengan jahitan yang digunakan diantaranya:

  • Jahitan sleeping bag yang baik tentunya harus rapi, tidak terputus dan kuat.
  • Jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan.
  • Ketika ditarik jahitannya tidak akan merenggang.
  • Sambungan antar jahitannya pun akurat dan sangat rapi.
  • Tidak adanya sisa benang pada ujung jahitan.

Sleeping Bag

Sumber : https://seatosummitusa.com/

9. Mudah Dibersihkan

Kriteria berikutnya yang juga menjadi faktor penentu kualitas sleeping bag (kantung tidur) yaitu kemudahan dalam merawatnya.

  • Sleeping bag yang mudah dibersihkan dan dikeringkan akan memudahkan penggunanya saat melakukan perawatan.
  • Dengan begitu sleeping bag tersebut tampilannya juga akan selalu tampak seperti baru lagi meski sudah digunakan dan dicuci berulang kali.

10. Dilengkapi Tas Untuk Membawanya

Untuk keperluan camping pastikan sleeping bag yang anda pilih memiliki karakteristik ringan, mudah dilipat dan dilengkapi dengan kantung untuk menyimpan sleeping bag.

  • Sleeping bag yang disertai dengan kantung akan lebih mudah untuk dibawa-bawa.
  • Kantung ini juga dapat dipakai untuk melindungi sleeping bag agar tidak mudah kotor.

Sleeping Bag

Sumber : https://activeera.com/

Tips Merawat Sleeping Bag

Sudah menemukan sleeping bag yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda?. Untuk memastikan agar sleeping bag tersebut tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya pastikan anda selalu rutin merawat sleeping bag tersebut sesuai petunjuk pencucian yang direkomendasikan pada label sleeping bag.

1. Mencuci Dengan Tangan

Bila anda ingin mencuci sleeping bag secara manual dengan tangan maka anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Tuangkan air dan detergen secukupnya ke dalam bak pencucian. Pastikan deterjen larut sempurna dalam air dan berbusa sebelum memasukkan sleeping bag.
  • Pasang semua resleting dan kancing pada sleeping bag, kemudian rendam ke dalam air bercampur deterjen dalam posisi mendatar.
  • Dengan kedua telapak tangan tekan-tekan perlahan sleeping bag. Setelah kotoran terangkat, bilas dengan cara yang sama hingga busa deterjen benar-benar hilang.
  • Angkat sleeping bag dari air dan gulung untuk memerasnya. Jangan memelintirnya karena bahan pengisi sleeping bag bisa terkumpul hanya di satu sudut dan sulit diratakan kembali.

2. Mencuci Dengan Mesin Cuci

Bila anda ingin mencuci sleeping bag dengan mesin cuci maka anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Biarkan resleting setengah terbuka ketika memasukkan sleeping bag ke mesin cuci. Untuk menjaga bahan pengisi sleeping bag agar tetap tersebar rata sertakan juga bola tenis.
  • Cuci sleeping bag secara terpisah dari cucian lain.
  • Pilih putaran mesin cuci yang tidak terlalu cepat dan gunakan deterjen lembut serta air biasa.
  • Di akhir siklus pencucian pastikan tidak ada lagi buih deterjen yang tersisa pada sleeping bag. Jika perlu ulangi siklus pembilasannya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebuah sleeping bag bisa dikatakan memiliki kualitas yang baik bukan hanya karena modelnya bagus tapi bahan kain yang digunakan untuk membuatnya juga harus nyaman, tidak mudah kusut, mudah untuk dibersihkan dan yang terpenting bersifat menghangatkan.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa menjadi bahan referensi bagi anda untuk lebih selektif dalam memilih sleeping bag. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan sleeping bag atau bahan lain untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.