Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fitur Penting Yang Wajib…

10 Fitur Penting Yang Wajib Dimiliki Jaket Gunung

Jadi salah satu jenis jaket yang punya fungsi sangat penting untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan saat berada di lingkungan pegunungan, jaket gunung ternyata juga memiliki berbagai fitur penting yang belum tentu dimiliki jaket lainnya lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Gunung

Jaket gunung merupakan sejenis pakaian luar yang dirancang khusus untuk menahan hembusan angin dan udara dingin selama pendakian, serta memberikan perlindungan dan kenyamanan pada pengguna saat berada di lingkungan pegunungan atau cuaca ekstrem.

  • Jaket gunung berperan penting untuk melindungi tubuh dari hujan dan kondisi lingkungan yang lembab sehingga tubuh tetap kering.
  • Jaket gunung berfungsi untuk mencegah angin dingin menembus jaket serta menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Fitur Penting Jaket Gunung

Untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan pada pengguna dalam menghadapi perubahan cuaca yang bisa terjadi sewaktu-waktu, jaket gunung terbaik biasanya juga dilengkapi dengan berbagai fitur khusus. Berikut adalah beberapa fitur penting yang wajib dimiliki jaket gunung.

1. Bahan Yang Tahan Air

Jaket gunung harus terbuat dari bahan yang tahan air untuk memastikan tubuh tetap kering dan terlindung dari hujan ringan yang mungkin terjadi secara tiba-tiba di wilayah pegunungan. Untuk melihat seberapa baik kemampuan jaket dalam menolak air, kamu bisa mengujinya dengan sedikit air.

Fitur Jaket Gunung

Sumber : https://www.decathlon.co.id/

2. Bahan Yang Tahan Angin

Jaket gunung hendaknya dibuat dari bahan yang tahan angin, sehingga memungkinkan kamu untuk beraktivitas lebih lama di pegunungan dengan nyaman.

  • Bahan yang tahan angin berperan penting untuk mempertahankan suhu tubuh saat cuaca dingin dan mencegah penurunan suhu tubuh secara signifikan.
  • Bahan yang tahan angin bisa mengurangi efek kelelahan yang mungkin timbul karena tubuh tidak perlu bekerja ekstra untuk menormalkan suhu tubuh.

3. Bahan Yang Tahan Abrasi

Bagian luar jaket gunung harus cukup kuat untuk menahan gesekan dengan batu, duri atau benda tajam lainnya yang dapat menimbulkan luka pada tubuh.

4. Bahan Yang Breathable

Untuk menghindari kelembaban yang berlebihan di dalam jaket, jaket gunung harus dibuat dari bahan yang breathable agar uap air dari keringat bisa keluar dari dalam jaket sehingga tubuh tetap kering dan nyaman.

Fitur Jaket Gunung

Sumber : https://textilelearner.net/

5. Inner Yang Berkualitas

Jaket gunung harus dilengkapi dengan inner yang dapat menambah kenyamanan jaket. Inner jaket ini biasanya menggunakan mesh atau bahan furing lainnya.

Fitur Jaket Gunung

Sumber : https://www.rei.com/

6. Kerah dan Penutup Kepala

Jaket gunung yang bagus biasanya memiliki kerah yang tinggi dan penutup kepala (hoodie) untuk membantu melindungi leher dan kepala dari cuaca buruk. Hoodie pada jaket gunung beberapa ada juga yang bisa dilepas pasang.

Fitur Jaket Gunung

Sumber : https://www.blibli.com/

7. Ventilasi Tubuh

Jaket gunung harus memiliki ventilasi di bawah lengan atau badan yang berfungsi untuk membantu mengatur suhu tubuh dan mengeluarkan panas yang berlebih.

Fitur Jaket Gunung

Sumber : https://www.decathlon.co.id/

8. Kantong Penyimpanan

Jaket gunung harus dilengkapi pula dengan sejumlah kantong yang mudah di akses (baik itu dibagian dalam maupun luar jaket), untuk menyimpan barang-barang penting seperti ponsel, peta, kompas atau makanan kecil.

Fitur Jaket Gunung

Sumber : https://www.switchbacktravel.com/

9. Fitur Penyesuaian (Adjustability)

Jaket gunung yang bagus hendaknya juga memiliki fitur penyesuaian (adjustability) seperti tali penarik di pinggang, pergelangan tangan dan penutup kepala, untuk memastikan agar jaket lebih pas saat dipakai dan dapat memberikan perlindungan optimal pada tubuh.

Fitur Jaket Gunung

Sumber : https://www.decathlon.co.id/

10. Ringan dan Mudah Dikemas

Fitur lainnya yang wajib ada pada jaket outdoor yakni ringan dan mudah dikemas. Selain lebih menghemat ruangan penyimpanan di dalam tas ransel, fitur ini juga bisa membuat pergerakan jadi lebih bebas dan leluasa.

Fitur Jaket Gunung

Sumber : https://www.switchbacktravel.com/

Selain itu akan lebih bagus lagi jika jaket gunung yang kamu pakai juga dilengkapi dengan beberapa fitur berikut.

1. Pita Scotlight

Jaket gunung dapat dilengkapi dengan fitur tambahan seperti scotlight untuk meningkatkan visibilitas dalam kondisi cahaya rendah atau malam hari, serta membantu meningkatkan keselamatan pengguna jaket.

2. Insulasi (Insulation)

Jaket gunung seringkali memiliki lapisan insulasi untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat di cuaca dingin. Insulasi yang dimaksud bisa berupa down (bulu angsa), wol atau bahan sintetis lainnya. Insulasi bulu angsa biasanya lebih mahal, sementara insulasi sintetis dan wol lebih terjangkau.

Simak juga 8 Jenis Bahan Yang Umum Digunakan Untuk Isian Jaket Puffer.

3. Shining Color

Fitur selanjutnya yang dapat ditambahkan pada jaket outdoor adalah fitur shining color yang membuat perbedaan jelas antara pendaki dengan lingkungan yang ada di sekitar.

  • Di tengah gunung yang berkabut, di padang salju, maupun hutan belantara warna yang cerah dan mencolok akan memudahkan identifikasi.
  • Selain itu warna jaket yang cerah juga dapat memudahkan penyelamatan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan pendakian.

Fitur Jaket Gunung

Sumber : https://www.switchbacktravel.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fitur umum yang wajib dimiliki jaket gunung. Dengan menggunakan jaket gunung terbaik yang dilengkapi berbagai fitur-fitur di atas, pastinya kamu akan mendapatkan perlindungan dan kenyamanan maksimal dalam berbagai kondisi cuaca saat mendaki gunung.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket gunung?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Kain Parasut, Kain Taslan dan berbagai Bahan Jaket terbaik lainya yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.