Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fakta Unik Tentang Jaket…

10 Fakta Unik Tentang Jaket Kulit Yang Perlu Kamu Ketahui

Dikenal sebagai salah satu jenis jaket kekinian yang memiliki tampilan cukup eksklusif dan berbeda dengan kebanyakan jaket lainnya, berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang jaket kulit yang penting untuk kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Kulit

Sesuai dengan namanya, jaket kulit sebenarnya merupakan sejenis jaket yang dibuat dari material khusus yakni berupa bahan kulit (baik itu bahan bahan kulit asli ataupun bahan kulit sintetis yang didesain sedemikian rupa sehingga tampilannya tampak seperti bahan kulit asli).

Seperti layaknya jaket pria dan wanita yang dibuat dari bahan lain, jaket yang material utamanya berasal dari kulit pada prinsipnya juga menyimpan banyak fakta unik dan menarik yang sayang jika kamu lewatkan lho.

Fakta Menarik Jaket Kulit

Berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang jaket kulit yang penting untuk kamu ketahui.

1. Dibuat Untuk Pelaut dan Penerbang

Jauh sebelum digunakan untuk pelengkap keperluan fashion, jaket kulit awalnya banyak dipakai oleh para pelaut dan penerbang untuk tujuan keselamatan yakni melindungi tubuh meraka dari angin dan cuaca ekstrem.

Jaket Kulit

Sumber : https://id.carousell.com/

2. Jadi Ikon Fashion Sejak Abad ke-20

Jaket kulit memiliki sejarah yang panjang dan telah menjadi bagian dari fashion sejak pertengahan abad ke-20. Tidak hanya digunakan untuk pelengkap gaya dan kenyamanan, jaket kulit juga dipakai untuk tujuan keamanan.

Jaket Kulit

Sumber : https://buffalojackson.com/

3. Jadi Jaket Andalan Pengendara Motor

Oleh para pengendara sepeda motor, jaket kulit kerap dipakai untuk mengurangi risiko cidera jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan.

  • Jaket kulit mampu menciptakan penghalang yang tebal untuk memberi perlindungan pada tubuh pengendara dari aspal / trotoar.
  • Dengan kemampuannya yang sedemikian bagus tidak mengherankan jika banyak pengendara motor yang sering mengenakan jaket kulit.

Kepopuleran jaket kulit di tahun 1953 untuk pengendata motor tidak le[as dari peran aktor Marlon Brando yang mengenakan jaket Perfecto di film The Wild One.

Jaket Kulit

Sumber : https://genuineleatherjackets.com/

4. Sering Dikaitkan Dengan Pemberontak

Jaket kulit sering kali dikaitkan dengan gaya pemberontak dan sikap bebas. Dalam hal ini ikon seperti James Dean di film “Rebel Without a Cause” dan Marlon Brando di film “The Wild One” turut membantu membentuk citra jaket kulit sebagai simbol pemberontakan.

Jaket Kulit

Sumber : https://www.veochfasa.se/

Tapi setelah era punk rock berakhir, kesan jaket motor sebagai simbol pemberontakan dan anti kemapanan lambat laun mulai bergeser semenjak dikenakan oleh para bintang Hollywood, seperti Johnny Depp, Leonardo DiCaprio dan Brad Pitt.

5. Dapat Menyesuaikan Tubuh Pemakai

Jaket kulit memiliki sifat yang cukup unik yakni dapat “menyesuaikan” dengan tubuh pemakainya seiring waktu. Ini berarti jika semakin sering digunakan jaket kulit tersebut akan membentuk pola yang unik sesuai dengan postur tubuh dan gaya hidup pemakainya.

6. Mewakili Kekuatan dan Ketangguhan

Jaket kulit sering digunakan dalam film dan media untuk mewakili karakter yang kuat, tangguh, dan tahan banting. Karena alasan itu pula, jaket kulit juga kerap dianggap sebagai simbol maskulinitas dan keberanian.

7. Banyak Pilihan Bahannya

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membautnya, terdapat berbagai jenis kulit yang digunakan untuk membuat jaket kulit, termasuk kulit domba, sapi, babi, kulit buaya bahkan bahan kulit sintetis. Setiap jenis kulit memberikan tekstur dan karakteristik yang berbeda.

Jaket Kulit

Sumber : https://kemikle.en.made-in-china.com/

8. Jadi Ikon Fashion Yang Abadi

Meskipun dari waktu ke waktu trend fashion terus berubah, jaket kulit tetap menjadi salah satu item yang abadi dan terus menjadi pilihan utama bagi banyak orang di berbagai generasi.

  • Selama lebih dari satu abad, jaket kulit diketahui masih menjadi outer yang populer di berbagai belahan dunia.
  • Elemen klasik dan visual dari jaket kulit yang keren sama sekali tidak tertandingi oleh outer atau jenis jaket yang lainnya.

Bahkan walaupun jaket kulit kerap diidentikkan dengan jaket musim dingin, sebenarnya jaket kulit inipun juga ideal untuk digunakan selama musim semi dan musim panas asalkan kamu memilih jenis yang tepat.

  • Untuk memberikan kehangatan dan insulasi tambahan kamu bisa memilih jaket kulit yang dilapisi dengan bahan berbulu atau bahan sejenis di dalamnya.
  • Sementara untuk musim semi dan musim panas, kamu bisa memilih jaket kulit yang ringan dan tidak memiliki lapisan dalam berlapis bulu.

9. Banyak Pilihan Warnanya

Warna coklat bukanlah satu-satunya warna yang dimiliki jaket kulit walaupun warna coklat atau warna brown sendiri telah lama menjadi warna standar de-facto untuk jaket kulit. Sebab untuk saat ini jaket kulit dapat dijumpai dalam berbagai warna lain yang tidak kalah menarik mulai dari warna hitam, merah dan masih banyak lagi.

Jaket Kulit

Sumber : https://www.etsy.com/

10. Cocok Untuk Banyak Keperluan

Jaket kulit cocok dikenakan untuk banyak keperluan, baik itu keperluan yang bersifat formal, semi formal ataupun casual. Buat kamu yang ingin menggunakan jaket kulit sebagai outfit sehari-hari, berikut kami bagikan beberapa tips untuk styling jaket kulit yang bisa kamu coba.

  • Pilih model jaket yang longgar bukan jaket ketat atau jaket yang pas badan.
  • Hindari memadupadankan jaket kulit dengan pakaian berbahan tebal untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih baik.
  • Karena jaket kulit sendiri sudah menjadi pernyataan gaya yang kuat hindari aksesori yang berlebihanan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara styling jaket kulit yang kere untuk cuaca panas. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memadupadankan jaket kulit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tanpa harus mengorbankan kenyamanan.

Hal terpenting yang kamu perhatikan ketika menggunakan jaket kulit yaitu ingatlah selalu untuk mendengarkan tubuh anda dan tidak ragu untuk melepas jaket jika cuaca terlalu panas ya.

Download juga Pola Jaket Kulit siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket kulit sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.