Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fakta Menarik Tentang…

10 Fakta Menarik Tentang Peniti Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Dikenal sebagai salah satu aksesoris atau benda kecil yang memiliki fungsi sangat penting dalam dunia mode, berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang peniti yang penting untuk kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Peniti

Peniti merupakan sejenis alat kecil berbahan logam atau bahan lainnya yang dilengkapi dengan mekanisme pegas sederhana dan cantelan sebagai penutup ujung jarumnya yang runcing sehingga saat dipakai tidak akan membahayakan pengguna.

  • Peniti dapat dikenakan dengan cara menusukkan bagian ujung jarum yang tajam ke dalam kain lalu mengaitkannya kembali pada penutup.
  • Dengan adanya penutup kamu tidak perlu khawatir tanganmu akan tergores peniti karena bagian ujungnya tertutup rapat.

Peniti

Sumber : https://www.blibli.com/

Seperti aksesoris fashion yang lain, peniti yang biasa dipakai untuk menggabungkan dua lapis kain atau lebih dengan cara menusukkan ujungnya yang runcing ini sebenarnya juga memiliki sejarah panjang yang menarik untuk ditelusuri lho.

Fakta Menarik Peniti

Mau tahu seperti apa sejarah awal terciptanya peniti hingga penggunaannya saat ini?. Berikut kami bagikan beberapa fakta unik dan menarik tentang peniti yang perlu kamu ketahui.

1. Ada Sejak Zaman Kuno

Catatan sejarah menyebutkan peniti sebenarnya sudah ada sejak lama yakni tepatnya sejak abad ke-14 sebelum masehi (akhir zaman Mycenaean III). Peniti pada masa itu dikenal dengan nama fibulae (fibula) dan digunakan untuk fungsi yang sama seperti peniti modern.

  • Fibulae pertama yang digunakan pada abad 14 dan 13 sebelum masehi berbentuk seperti peniti klasik.
  • Fibulae asli dijelaskan dalam buku karya Chr. Blinkenberg's 1926 Fibules grecques et orientales.

Bedanya model peniti yang digunakan pada zaman dulu bagian ujungnya tidak tertutup sehingga sering melukai pemakainya.

Peniti

Sumber : https://fashionhistory.fitnyc.edu/

2. Diciptakan Ulang Walter Hunt

Terinspirasi dari peniti yang berkembang pada abad ke-14 sebelum masehi, Walter Hunt seorang penemu asal Amerika kemudian menciptakan ulang peniti dalam deain yang lebih simpel (sederhana) dan lebih aman untuk dipakai pada Juli 1849.

3. Dipatenkan Pada Tahun 1849

Dari temuannya tersebut, Walter Hunt akhirnya memantenkan peniti ciptaannya pada 10 April 1849, agar tidak ditiru oleh orang lain. Hak cipta peniti tersebut telah dijual seharga $400.

4. Menjadi Bagian Gaya Punk

Menurut Dick Hebdige sejak pertengahan 1970-an di Britania Raya, peniti juga diketahui telah menjadi bagian dalam gaya punk untuk menunjukkan kaum muda kelas pekerja setelah perang. Gaya penampilan ini diambil dari majalah punk dan tempat-tempat lain.

Peniti

Sumber : https://id.aliexpress.com/

5. Pilihan Bahannya Bervariasi

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, peniti biasanya banyak dibuat dari logam dan kuningan yang memungkinkan ujungnya dibuat runcing dan tahan lama. Namun tergantung pada tujuan pemakaiannya, peniti juga dapat dibuat dari bahan-bahan lain.

6. Banyak Inovasi Bentuk Peniti

Jika dulu peniti hanya punya satu bentuk saja, kini peniti justru punya banyak ragam bentuk begitu pun namanya, seperti peniti bohlam, peniti bros, peniti turki hingga peniti magnet yang tidak berbentuk jarum runcing dan cara pakainya pun sedikit berbeda.

  • Peniti Klasik

Peniti klasik merupakan model peniti yang memiliki ujung runcing dan dilengkapi dengan penutup atau hiasan pada ujung lainnya.

Peniti

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Peniti Bohlam

Peniti bohlam merupakan model peniti yang memiliki ujung runcing dan penutup seperti halnya peniti klasik, hanya saja bagian belakangnya dibuat agak mengembang seperti lampu bohlam.

Peniti

Sumber : https://www.hijabcomplements.com/

  • Peniti Bros

Peniti bros merupakan model peniti yang didesain khusus untuk bros. Biasanya peniti ini dihias pula dengan manik-manik atau detail lain yang tidak kalah menarik.

Peniti

Sumber : https://www.bukalapak.com/

  • Peniti Turki

Peniti turki yang dikenal pula dengan nama clip turki merupakan model peniti yang punya bentuk seperti clip kertas dan ciri khas berupa bandul di kedua ujungnya. Cara pakainya yaitu dengan menyelipkan kain ke dalam clip tersebut.

Peniti

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Peniti Magnet

Sementara peniti magnet merupakan model peniti yang dilengkapi dengan kutub magnet berbeda di kedua sisinya. Peniti ini bisa dipakai merekatkan kain tanpa menusuk bahannya.

Peniti

Sumber : https://www.tokopedia.com/

7. Ukurannya Sangat Bervariasi

Dilihat dari segi ukuran, peniti sebenarnya juga hadir dalam berbagai ukuran yang bervariasi mulai dari yang kecil untuk menggabungkan kain yang tipis hingga peniti yang lebih besar untuk menggabungkan bahan yang lebih tebal.

8. Punya Warna Yang Khas

Selain memiliki ukuran yang sangat beragam, peniti juga dapat dijumpai dalam berbagai warna yang berbeda. Kalau duli ketersediaan warna dari peniti cukup terbatas hanya dalam warna silver, hitam dan gold, kini ada juga peniti yang diciptakan dalam warna-warna cerah.  

Peniti

Sumber : https://id.aliexpress.com/

9. Punya Banyak Kegunaan

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari peniti sebenarnya juga punya banyak kegunaan. Berikut beberapa contoh kegunaan peniti dalam dunia fashion.

  • Peniti dapat digunakan untuk menempelkan pola kertas pada kain sebelum dijahit, memasang kancing atau ritsleting sebelum dijahit permanen.
  • Peniti yang didesain khusus untuk bros dapat digunakan sebagai hiasan dalam desain pakaian.
  • Peniti dapat digunakan untuk memasukkan karet elastis ataupun tali ke dalam ban pinggang rok, celana atau produk jahit lainnya.
  • Peniti dapat digunakan untuk menahan hijab agar posisinya tidak berubah-ubah saat dikenakan.
  • Peniti sering digunakan dalam seni dan kerajinan, seperti quilting untuk menahan lapisan kain selama proses jahit menjahit sedang berlangsung.
  • Peniti kadang-kadang dapat digunakan untuk memperbaiki pakaian yang sobek dalam situasi darurat.
  • Peniti juga kerap digunakan sebagai pengait atau kancing pada baju kebaya dan kemben oleh para wanita di sebagian wilayah Indonesia seperti Jawa dan Bali.

Peniti

Sumber : https://shopee.co.id/

Download Pola Kebaya Kutubaru dan Pola Kebaya Kutubaru (Wiwid Hosana) siap pakai dari kami kalau kamu ingin mencoba untuk membuat kebaya sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Selain itu peniti juga digunakan oleh perempuan secara global untuk melawan para pelaku pelecehan seksual serta mengamankan tas dari tindakan pencopetan dengan cara menyematkan peniti pada lubang ritsleting dan ring yang ada di pangkal tali tas.

Peniti

Sumber : http://www.gurl.com/

Bahkan sekelompok orang di seluruh Amerika juga menjalankan aksi menempelkan peniti di kerah, kemeja dan gaun mereka untuk menandakan bahwa mereka terhubung, bersedia membela kaum atau orang yang rentan.

10. Bisa Dijadikan Barang Koleksi

Peniti yang diciptakan dalam berbagai bentuk dan desain dengan hiasan-hiasan yang menarik dapat dijadikan sebagai barang koleksi.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang peniti yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang peniti ya.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.