Article

Homepage Article Kain 4 Jenis Bahan Pakaian Yang…

4 Jenis Bahan Pakaian Yang Cocok Dipakai Saat Cuaca Panas

Butuh rekomendasi bahan pakaian yang cocok digunakan untuk meminimalisir rasa gerah saat cuaca panas?. Jika anda termasuk orang yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana maka anda bisa memilih bahan-bahan pakaian yang sejuk, terasa dingin di kulit dan mudah menyerap keringat.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Memilih Bahan Yang Tepat

Sebagai salah satu negara yang beriklim tropis, wilayah Indonesia memang senantiasa hangat karena mendapat paparan matahari cukup konstan. Sayangnya dalam kondisi tertentu seperti saat musim kemarau, suhu udara bisa menjadi tinggi dan membuat tubuh cepat gerah saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Bahan Pakaian

Sumber :  https://www.fantasylinen.com/

Karena saat cuaca panas suhu tubuh juga bisa meningkat dan rentan berkeringat, maka memilih pakaian yang berbahan ringan dan dapat menyerap keringat dengan baik sudah pasti menjadi prioritas penting yang harus anda perhatikan.

  • Sebisa mungkin pilihlah baju dengan ukuran yang longgar, kalaupun pas badan pastikan baju tersebut tetap memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Utamakan memilih baju dengan bahan kain yang mudah menyerap keringat hingga sejuk atau adem saat dipakai.
  • Terakhir pilihlah baju dengan bahan yang dapat menyerap kelembapan dan membuat kulit tetap merasa sejuk di tengah terik matahari.

Rekomendasi Bahan Pakaian

Dari sekian banyak bahan kain yang digunakan untuk membuat pakaian, lantas kira-kira bahan apa saja yang cocok dipakai saat cuaca panas?. Untuk alasan kenyamanan mungkin anda bisa memilih satu diantara beberapa pilihan bahan kain yang kami rekomendasikan berikut ini.

1. Kain Katun

Kain katun termasuk ke dalam jenis kain berbahan dasar serat alami yang memiliki sifat sangat khas yakni menghangatkan di kala dingin dan menyejukkan di kala panas.

Sebagai bahan produk sandang yang berkualitas, kain katun sendiri sebenarnya tersedia dalam banyak varian yang berbeda-beda, beberapa diantaranya:

  • Kain katun jepang yang terbuat dari 100% bahan organik tanpa ada campuran bahan sintetis lainya.
  • Kain katun rayon yang diperoleh dari kombinasi serat kapas dan rayon.
  • Kain katun ima yang memiliki susunan serat cukup rapat, mudah menyerap keringat dan tidak bikin gerah.
  • Kain katun toyobo yang bertekstur halus, lembut dan sedikit lebih tebal dari katun jepang.
  • Kain katun supernova yang dingin, lembut, halus dan berbahan ringan.
  • Kain katun Madina yang ringan, tidak menerawang, memiliki daya serap keringat yang baik dan adem digunakan saat cuaca panas.
  • Kain katun paris yang bertekstur halus, lembut dan memiliki permukaan kain yang mengkilap.
  • Kain katun kenzo yang memiliki serat-serat slub elegan.
  • Kain katun oxford yang bertekstur rata dan tampilannya tampak seperti titik-titik pixel dalam resolusi gambar.
  • Kain katun chambray yang memiliki tampilan fisik seperti bahan denim namun terkesan lebih halus dan lembut kerena diciptakan dari serat kapas.
  • Kain katun flanel yang permukaannya berbulu karena dibuat melalui proses penyikatan.
  • Kain katun poplin yang memiliki jalinan benang cukup rapat dan permukaan kain yang rata.

Bahan Pakaian Bahan Pakaian

Sumber : https://fitinline.com/ dan https://www.muji.com/

Butuh bahan katun berkualitas untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain katun terbaik yang kami miliki.

2. Kain Rayon

Kain rayon merupakan sejenis kain yang dihasilkan dari regenerasi serat selulosa. Karena tidak bisa digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami yang sesungguhnya, maka kain rayon ini biasa disebut sebagai serat semi sintesis.

Sama halnya dengan kain katun, kain rayon yang biasa digunakan untuk membuat pakaian sebenarnya juga tersedia dalam banyak variari bahan yang berbeda-beda, beberapa diantaranya:

  • Kain rayon viscose yang memiliki karakteristik halus dan licin menyerupai sutra tapi daya serap keringatnya seperti kain katun.
  • Kain rayon spandek yang berwarna cerah, lembut, fleksibel dan mudah direnggangkan.
  • Kain rayon jersey yang bersifat lebih elastis karena dibuat dari campuran antara benang serat rayon dan serat jersey.
  • Kain rayon crinkle yang tekstur permukaannya tidak rata, tapi justru berkerut seperti kulit jeruk.

Bahan Pakaian Bahan Pakaian

Sumber : https://fitinline.com/ dan https://id.carousell.com/

Butuh bahan rayon berkualitas untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Santung/Katun Rayon (NGR) terbaik yang kami miliki.

3. Kain Linen

Kain linen dikenal sebagai salah satu jenis kain berbahan dasar serat alami yang diambil dari tumbuhan rami atau pohon flax (Linum usitatissimum). Khusus untuk pembuatan pakaian terdapat tiga jenis kain linen yang bisa digunakan, bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Kain linen cambric yang polos dan tipis.
  • Kain linen rami yang dibuat dari bahan dasar serat linen kemudian ditambah dengan aksen rami.
  • Kain linen ruby yang identik dengan bulu-bulu halus pada permukaan kainnya, cukup adem di kulit dan tidak mudah kusut.

Bahan Pakaian Bahan Pakaian

Sumber : https://fitinline.com/ dan https://www.amazon.com/

Butuh bahan linen berkualitas untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Linen Rami (NGR) terbaik yang kami miliki.

4. Bahan Kaos

Bahan kaos merupakan sejenis bahan kain yang lazim dipakai untuk membuat berbagai macam jenis kaos. Dalam hal ini anda bisa memilih bahan kaos yang mempunyai komposisi katun paling dominan dari elemen penyusun kaos lainnya.

Beberapa contoh bahan kain yang dimaksud antara lain berupa: 

  • Bahan cotton combed yang memiliki karakteristik benang lebih halus (soft), hasil rajutannya lebih bagus dan terlihat lebih rata.
  • Bahan cotton carded yang serat benangnya kurang halus dibanding cotton combed, tapi tetap nyaman dipakai seharian.
  • Bahan cotton slub yang lembut dan permukaannya memiliki tekstur tidak merata karena terdapat benjolan-benjolan kecil di permukaannya.
  • Bahan cotton bamboo atau katun bambu yang memiliki karakteristik hampir sama dengan cotton combed.
  • Bahan cotton spandex yang diperoleh dari campuran serat spandex dengan benang katun.

Bahan Pakaian Bahan Pakaian

Sumber : https://fitinline.com/ dan https://id.pinterest.com/

Bahan kaos yang banyak mengandung serat katun biasanya memiliki tekstur halus, dingin, dan sangat mudah menyerap keringat. Karena itulah bahan kaos tersebut juga dianggap sebagai ideal untuk membuat sandang di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat kaos?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kaos terbaik yang kami miliki.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi bahan pakaian yang cocok digunakan untuk mengurangi rasa gerah dan meminimalisir produksi keringat saat cuaca panas. Dengan menggunakan sejumlah bahan di atas, semoga anda bisa merasa lebih nyaman untuk melakukan berbagai macam aktifitas sehari-hari.

Jangan lewatkan juga pembahasan mengenai 7 Jenis Bahan Pakaian Yang Sebaiknya Anda Hindari Saat Cuaca Panas supaya anda bisa tetap beraktifitas dengan nyaman tanpa terganggu dengan cuaca panas.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.