Article

Homepage Article Kain 10 Keunggulan Kain Princess…

10 Keunggulan Kain Princess Stretch Yang Unik dan Lain Dari Bahan Lainnya

Ingin membuat hijab, gamis, blus dan berbagai macam busana wanita lainnya tapi masih bingung harus memilih jenis kain seperti apa untuk bahan dasarnya?. Buat kamu para penyuka bahan-bahan anti kusut dan sedikit stretch, mungkin kamu bisa memilih kain princess stretch yang menawarkan banyak keunggulan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Princess Stretch

Kain princess stretch yang dikenal pula dengan nama lain “Lady Zara” dan “Premium ITY Crepe” termasuk ke dalam salah satu jenis kain crepe premium. Berdasarkan komposisi penyusunnya, kain princess stretch sendiri umumnya banyak dibuat dari campuran polyester dan spandex dengan perbandingan tertentu.

  • Serat polyester yang lebih dominan membuat kain princess stretch mempunyai sifat kuat, tahan lama dan cenderung tidak mudah kusut.
  • Sedangkan serat spandex yang terkandung di dalamnya membuat kain princess stretch mempunyai sifat sedikit stretch dan nyaman dipakai.

Kain Princess Stretch Kain Princess Stretch

Sumber : https://fitinline.com/

Keunggulan Kain Princess Stretch

Berbicara soal kain princess stretch, jadi bahan kain yang satu ini sebenarnya juga tidak kalah unggul dari bahan kain yang lainnya lho. Beberapa keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa kamu harus memilih kain princess stretch diantaranya:

1. Bahannya Stretch ke Dua Sisi

Kain princess stretch termasuk ke dalam jenis bahan kain yang memiliki sifat sangat khas yakni stretch ke dua arah. Dengan karakteristik bahannya yang stretch, kain ini akan membuat pengguna jadi lebih nyaman dan bebas bergerak.

2. Memiliki Tekstur Yang Menarik

Seperti halnya kain crepe pada umumnya, kain princess stretch juga memiliki permukaan yang tidak rata dan cenderung berpasir jika dilihat sekilas. Meski demikian saat bersentuhan dengan kulit kain ini akan tetap terasa halus, lembut dan tidak kaku.

Dari segi tampilannya pun kain princess stretch sepintas tampak menyerupai kain mosscrepe namun cenderung lebih stretch / lentur dan lebih adem.

3. Bahannya Adem dan Nyaman di Kulit

Kain princess stretch memiliki karakteristik kain adem dan cukup nyaman digunakan untuk banyak aktivitas meskipun daya serapnya tidak sebaik bahan kain yang dibuat dari serat katun.

4. Bahannya Halus dan Lembut

Kain princess stretch tergolong ke dalam jenis bahan kain yang halus, lembut dan dapat memberi kesan elegan pada penampilan wanita.

5. Bahannya Tidak Menerawang

Kain princess stretch memiliki gramasi 120-130 gsm sehingga bahannya cenderung tidak menerawang atau tembus pandang. Karakteristiknya yang tidak menerawang juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak produsen yang menggunakan kain ini sebagai busana muslim.

6. Punya Banyak Pilihan Warna

Kain princess stretch tersedia dalam banyak pilihan warna yang menarik dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu warna yang dimiliki kain princess juga terkesan lebih hidup karena kain ini dikenal memiliki kemampuan untuk mengikat bahan pewarna dengan baik.

7. Warnanya Tidak Mudah Pudar

Kain princess stretch warnanya tidak akam mudah pudar ataupun berubah jadi kusam. Jadi sekalipun sudah dicuci berulang kali warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik dan tidak mudah luntur.

8. Bahannya Tidak Mudah Kusut

Kain princess stretch cenderung tidak mudah kusut, jadi membutuhkan sedikit waktu dan usaha dalam perawatan. Sifat kainnya yang tidak mudah kusut dipengaruhi oleh kandungan serat polyester yang ada pada kain.

Permukaan kain yang membentuk seperti butiran pasir, membuat kain princess stretch tidak mudah kusut.
Sekalipun kusut hal tersebut bisa ditutupi dengan permukaan kain yang bertekstur seperti kulit jeruk atau butiran pasir.

9. Ringan dan Jatuhnya Bagus

Kain princess stretch tergolong ke dalam jenis bahan kain yang ringan, jatuhnya tampak bagus, elegan dan tampak flowy begitu dikenakan. Dengan begitu, busana yang dibuat dari kain princess stretch ini tidak terasa berat sekalipun modelnya dibuat bertumpuk.

10. Perawatannya Cenderung Mudah

Perawatan kain princess stretch bisa dibilang cukup mudah dan cenderung cepat kering apabila basah.

Kegunaan Kain Princess Stretch

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain princess stretch ini umumnya sangat populer untuk membuat bermacam-macam produk yang menarik seperti hijab, gamis, tunik, rok, dress dan berbagai macam produk lain yang tidak kalah menarik.

1. Hijab

Kain princess stretch menjadi salah satu bahan favorit untuk pembuatan hijab karena bahannya cukup adem dan nyaman dipakai. Untuk pilihan modelnya beberapa contoh hijab yang bisa dibuat dari bahan ini antara lain berupa:

  • Hijab segi empat yang memiliki ukuran sama pada keempat sisinya.
  • Hijab pashmina yang memiliki bentuk cukup panjang seperti layaknya selendang.
  • Hijab instan bertali yang dilengkapi dengan tali dan bisa diikat di belakang kepala.

2. Gamis

Berikutnya kain princess stretch juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gamis. Dengan karakteristik bahannya yang tidak menerawang, penggunaan furing pada gamis yang dibuat dari bahan inipun bersifat optional.

3. Tunik

Kain kain princess stretch  yang halus, lembut, tidak mudah kusut dan sedikit stretch juga sangat ideal digunakan sebagai bahan pembuatan tunik. Sejenis busana penutup tubuh bagian atas wanita yang biasa dibuat dalam ukuran longgar dengan panjang hingga sebatas lutut ataupun betis.

4. Rok

Untuk kamu yang suka tampil feminim dengan menggunakan rok, kamu bisa memanfaatkan kain princess stretch sebagai bahan pembuatan rok. Selain nyaman dipakai, rok yang dibuat dari bahan inipun akan memiliki efek flowy dan memberi tampilan yang cantik ketika digunakan.

5. Dress

Tak kalah menarik dari fashion item sebelumnya, kain princess stretch juga ideal digunakan sebagai bahan dress wanita yang diciptakan dalam berbagai model yang berbeda. Untuk mempercantik tampilannya, dress yang dibuat dari bahan inipun dapat diberi tambahan renda ataupun ruffle.

  • Renda merupakan detail busana yang dihias dengan pola dekoratif berlubang-lubang atau terbuka.
  • Ruffle merupakan detail busana yang terdiri dari kain yang dilipat atau dijahit menjadi deretan lipatan kecil.

Kesimpulan

Nah itu dia beberapa keunggulan dan alasan mengapa kamu harus menggunakan kain princess stretch sebagai pahan pakaian. Dengan mengetahui hal tersebut semoga kamu tidak lagi kesulitan untuk memilih bahan kain yang nyaman untuk pakaian dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain princess stretch berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai model busana wanita?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Princess Stretch (BFC) yang kami miliki.

Kalau kamu ingin membuat busana wanita dengan busana yang sudah jadi kamu juga bisa mendownload Pola Baju Wanita siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.