Article

Homepage Article Fashion Design Unsur Desain Fashion: Unsur…

Unsur Desain Fashion: Unsur Arah

Sahabat Fitinline sudah baca artikel sebelumnya kan tentang pentingnya unsur garis dalam desain fashion (baca: https://fitinline.com/article/read/unsur-desain-fashion-unsur-garis). Artikel lanjutan ini masih mengenai unsur-unsur desain fashion yaitu unsur arah. Pada wujud benda atau bahan dapat dirasakan adanya suatu arah tertentu, seperti mendatar, tegak lurus, miring, menyerong, dan sebagainya. Arah tersebut dapat dilihat dan dirasakan keberadaannya serta mampu menggerakkan rasa.

Terdapat tiga macam arah yang memiliki sifat masing-masing, yaitu arah mendatar (horizontal) memiliki sifat tenang, stabil, dan pasif. Arah membujur/ tegak (vertikal) memiliki sifat kekuatan, keseimbangan, formalitas, kewaspadaan, kokoh/ kuat, dan kewibawaan. Arah miring (diagonal) memiliki sifat pergerakan, perpindahan, serta dinamis.

Arah Horizontal

Arah Horizontal

Sumber: http://id.scribd.com

Arah Vertikal

Arah Vertikal

Sumber: http://id.scribd.com

Arah Diagonal

Arah Diagonal

Sumber: http://id.scribd.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Unsur arah pada benda dan bahan sering dimanfaatkan oleh perancang busana. Unsur arah pada model pakaian dan corak bahan pakaian dapat digunakan untuk mengubah kesan penampilan bentuk tubuh, seperti bentuk pendek berkesan tinggi dan gemuk berkesan ramping. Pada bentuk tubuh gemuk, sebaiknya menghindari arah mendatar karena dapat menimbulkan kesan melebarkan. Begitu juga dalam pemilihan model pakaian, garis hias yang digunakan dapat berupa garis princes atau garis tegak lurus yang dapat memberi kesan meninggikan atau mengecilkan orang yang bertubuh gemuk tersebut.

Manfaat unsur arah pada pakaian atau corak bahan dapat mengubah kesan penampilan bentuk tubuh. Kesan setiap garis arah pun berbeda antara yang satu dan lainnya saat anda mengenakan busana. Arah garis lurus atau vertikal pada busana anda, bisa memberikan kesan tubuh terlihat tinggi dan langsing. Efek ini bisa diperoleh saat menggunakannya sebagai atasan maupun bawahan, pilihlah motifnya yang garisnya kecil-kecil. Arah lurus vertikal lebih cocok digunakan untuk yang berbadan gemuk pendek karena akan membuat anda terlihat lebih tinggi dan ramping. Jika anda memiliki bentuk tubuh berlekuk dengan ukuran payudara yang besar, maka pilihlah busana yang berwarna gelap dengan arah garis vertikal.

Busana Arah Vertikal

Busana Arah Vertikal

Sumber: https://fitinline.com

Arah lurus mendatar memberi kesan perasaan tenang, melebarkan, memendekkan obyek. Jika anda memiliki bentuk tubuh kurus, maka baju dengan arah garis horizontal sangat cocok untuk anda, karena akan memberikan efek lekuk pada tubuh anda.

Busana Arah Horizontal

Busana Arah Horizontal

Sumber: https://fitinline.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Arah garis lurus miring (diagonal) memberi kesan dinamis dan lincah. Arah garis miring mengarah horizontal memberi kesan kegemukan. Arah garis diagonal juga bisa menciptakan kesan yang longar dan ramping.

Busana Dengan Arah Diagonal

Busana Dengan Arah Diagonal

Sumber: http://main.stylelist.com

Manfaatkanlah semaksimal mungkin unsur arah dalam mendesain serta menggunakan busana. Anda bisa memanfaatkan kain lurik dengan aneka warna sehingga penampilan anda semakin menarik (simak: https://fitinline.com/product/readytowear?coll=6).
Semoga bermanfaat.

Tags: model baju batik, model baju lurik, model baju batik wanita dan pria, model baju kerja batik, model baju batik modern, model batik, model baju wanita, model busana wanita, model baju terkini

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.