Article

Homepage Article Fashion Design 6 Fakta Menarik Tentang…

6 Fakta Menarik Tentang Motif Plaid (Motif Kotak-Kotak)

Dikenal sebagai salah satu motif yang mulai merebak di Indonesia karena kerap digunakan oleh beberapa idol asal Korea Selatan, berikut beberapa fakta menarik tentang motif plaid (plaid pattern) alias motif kotak-kotak yang penting untuk kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Motif Plaid

Motif plaid (plaid pattern) merupakan sejenis motif yang terbentuk dari sekumpulan garis-garis vertikal dan horizontal yang menumpuk atau berselang-seling dengan ukuran random (ada yang garisnya tebal dan ada yang tipis) meski dari segi tampilan masih tampak simetris.

Seperti layaknya motif lain yang banyak digunakan dalam dunia fashion, motif plaid (plaid pattern) sendiri pada prinsipnya juga menyimpan sejumlah fakta unik dan menarik yang penting untuk kamu ketahui lho.

Fakta Menarik Motif Plaid

Mau tahu seperti apa asal usul motif plaid (plaid pattern) dan penggunaannya sampai saat ini?. Berikut kami bagikan beberapa fakta menarik tentang motif plaid yang sayang jika kamu lewatkan.

1. Punya Tampilan Yang Khas

Sebagai salah satu motif yang populer didunia mode, motif plaid (plaid pattern) diketahui memiliki tampilan yang sangat khas yakni berupa kotak-kotak.

Motif Plaid

Sumber : https://www.pinterest.com/

2. Asal Usul Motif Plaid

Motif plaid memiliki sejarah panjang yang membuatnya menjadi salah satu motif yang ikonik di dunia fashion. Dilansir dari majalah Smithsonian, nama plaid sebenarnya digunakan untuk menggambarkan pola “tartan” ketika pola tersebut menjadi populer di luar Skotlandia.

Tapi jika ditelusuri lebih jauh lagi sebenarnya ada perbedaan yang mencolok antara motif plaid (plaid pattern) dan motif tartan.

3. Warna Motif Plaid

Warna garis yang terdapat pada motif plaid bisa dibilang cukup beragam. Beberapa ada yang terdiri dari dua warna berbeda, tiga warna berbeda atau lebih.

  • Motif plaid memiliki garis-garis vertikal dan horisontal yang menciptakan balok-balok kecil dimana berbagai warna tersebut ditempatkan.
  • Motif plaid biasanya memiliki warna yang sangat teratur namun setiap kotak-kotak biasanya tidak berisi lebih dari 10 warna berbeda.

Dengan kombinasi warna yang dimilikinya, motif plaid juga memberikan variasi yang tidak terbatas dan memungkinkan orang untuk memilih motif plaid yang sesuai dengan selera warna mereka.

Motif Plaid

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Punya Banyak Variasinya

Motif plaid (plaid pattern) bisanya terdiri dari kotak-kotak biasa dan berukuran merata di seluruh pola namun ada juga yang tersusun atas campuran dari kotak-kotak persegi dan persegi panjang yang diatur sedemikian rupa sehingga polanya terlihat bagus.

Berikut adalah beberapa jenis-jenis motif plaid (plaid pattern) yang umum digunakan pada berbagai produk fashion.

  • Pertama ada motif madras yang tersusun atas garis-garis melintang dengan warna berbeda sebagai pembatas kotak-kotak.

Motif Plaid

Sumber : https://www.plumager.com/

  • Kedua ada motif windowpane yang memiliki pola kotak-kotak sangat luas menyerupai bingkai kaca di jendela. Sementara garis-garis pembatasnya biasa memiliki warna yang lebih cerah dari warna dasar kain atau sebaliknya.

Motif Plaid

Sumber : https://spoolofthread.com/

  • Ketiga ada motif glen plaid (or the Prince of Wales check) yang terbentuk melalui perpaduan antara garis putus-putus berwarna kalem yang saling menumpuk.

Motif Plaid

Sumber : http://www.himarkmartintailors.com/

  • Keempat ada motif tattersall yang memiliki garis dasar tipis dengan beraneka macam warna.

Motif Plaid

Sumber : https://www.weargustin.com/

5. Pemanfaatan Motif Plaid

Terkait dengan aplikasinya dalam dunia fashion, motif plaid (plaid pattern) sendiri sering ditemukan pada berbagai produk fashion pria, wanita maupun anak-anak. Mulai dari dress, rok, kemeja, jaket, celana dan bahkan aksesoris.

Motif Plaid

Sumber : https://www.amazon.ca/

Selain itu motif plaid (plaid pattern) juga kerap digunakan secara luas dalam desain interior, sprei, bantal dan perabotan rumah tangga untuk memberikan sentuhan hangat pada sebuah ruangan.

Motif Plaid

Sumber : https://www.homedepot.com/

6. Jadi Motif Ikonik Burberry

Motif plaid (plaid pattern) juga terkenal sebagai motif yang dimiliki oleh brand Burberry lantaran kerap digunakan pada banyak produk mereka mulai dari coat hingga syal.

  • Motif kotak-kotak Burberry merupakan pola khas yang digunakan oleh perusahaan mode Burberry sejak 1920-an.
  • Motif tersebut kemudian mulai menjadi motif yang identik dengan brand Burberry di era 1960-an.

Motif Plaid

Sumber : https://www.knobbe.com/

Jika ditelusuri lebih jauh lagi, motif kotak-kotak (plaid pattern) yang dimiliki Burberry merupakan adaptasi dari motif tartan khas Skotlandia.

Bedanya dengan motif tartan yaitu Burberry membuat kreasi baru dengan warna dasar krem dan garis-garis hitam, merah, serta putih yang membentuk motif kotak-kotak khas Burberry.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fakta unik dan menarik tentang motif plaid yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan kamu tentang motif plaid ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan motif kotak-kotak untuk membuat celana, rok, blus, kemeja dan berbagai produk fashion lainnya yang tidak kalah menarik?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat koleksi bahan kain terbaik yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.