Article

Homepage Article Desain Fesyen Terapan Unsur Arah Pada…

Terapan Unsur Arah Pada Busana

Terapan unsur arah pada busana memiliki manfaat yang memberikan kesan penampilan bentuk tubuh. Terdapat tiga macam arah yang memiliki sifat masing-masing, yaitu arah mendatar (horizontal) memiliki sifat tenang, stabil, dan pasif. Arah membujur/ tegak (vertikal) memiliki sifat kekuatan, keseimbangan, formalitas, kewaspadaan, kokoh/ kuat, dan kewibawaan. Arah miring (diagonal) memiliki sifat pergerakan, perpindahan, serta dinamis.

Terapan Unsur Arah Pada Busana

Terapan Unsur Arah Pada Busana

Sumber: http://www.fashionpriaonline.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Pemilihan arah yang tepat akan memberikan kesan yang dinamis bagi si pemakai. Misal motif stripe dibuat semakin menarik seperti terlihat meliuk-liuk. Motif stripe bisa memberikan ilusi siluet tubuh jam pasir bagi si pemakai.

Terapan Unsur Arah Pada Busana

Terapan Unsur Arah Pada Busana

Sumber: http://wolipop.detik.com

Terapan unsur arah ini bisa terlihat pada pemasangan kancing busana wanita dan pria. Sepertinya tak ada yang aneh, bahkan kadang anda cenderung tak memperhatikannya. Hanya perancang busana dan penjahit saja yang memperhatikannya. Arah memasukkan kancing pada busana pria dan wanita ternyata berlawanan arah. Pada pria arahnya dari kanan ke kiri, sedangkan pada wanita sebaliknya.

Terapan Unsur Arah Pada Busana

Terapan Unsur Arah Pada Busana

Sumber: http://kaosabg.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Bukan berarti bahwa pria banyak melakukan akativitas dengan tangan kanan dan wanita bertangan kidal. Kebanyakan bertangan kanan dan pria pun ada yang kidal. Maka alasan orientasi tangan ini jelas salah. Untuk menemukan jawaban itu kita harus menelusuri sejarah. Pada berabad-abad sebelumnya, baik pria dan wanita memakai pakaian lebih ribet daripada masa kini. Tergantung pada masanya, pria memakai rompi, pantalon, penutup kaki (gaiter), dan jaket wol. Namun wanita memakai pakaian yang lebih rumit, dan dapat melibatkan puluhan pakaian termasuk rok dalam, gaun, korset, dan bustle.

Khususnya di kelas sosial menengah dan atas, lelaki umumnya berpakaian sendiri, sedangkan wanitanya tidak. Dayang-dayang dan pembantu mereka butuh waktu lebih dari satu jam untuk memakaikan baju. Pembuat baju lalu membalik arah mengancingkan baju agar pekerjaan lebih cepat dan mudah bagi yang terlibat. Karena pakaian pria tidak dipakaikan oleh orang lain maka tidak perlu dibalik arah pemasangan kancing. Begitulah awal mula mengapa kancing baju pada pakaian pria dan wanita berbeda arahnya.

Tradisi tersebut masih terbawa sampai saat ini, padahal wanita saat ini sudah memakai baju sendiri. Lebih ke persoalan kelaziman, namun beberapa ada yang menyamakan antara baju pria dan wanita.
Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.