Article

Homepage Article Cara Menjahit Sepatu Menjahit Bisban Tulang…

Sepatu Menjahit Bisban Tulang (Piping Foot)

Sesuai dengan namanya, sepatu menjahit bisban tulang atau piping foot dikenal sebagai sepatu jahit istimewa yang biasa digunakan untuk menjahit maupun membuat bisban tulang. Bisban tulang sendiri merupakan salah satu pelengkap desain baju yang memiliki isian di bagian tengahnya. Lebar bisban bisa bervariasi tergantung pada penggunaannya. Dengan bantuan piping foot, teknik pembuatan bisban tulang yang memiliki isian di bagian tengahnya akan terasa lebih mudah. 

Piping Foot

Sumber : http://www.brightonsewingcentre.co.uk

Mur berwarna hijau yang terdapat pada sepatu jahit tersebut berfungsi untuk menggerakkan plat besi ke kiri atau ke kanan sesuai dengan kedudukan jahitan yang diinginkan. Sebelum proses menjahit dilakukan, sesuaikan pula posisi jarum jahit dengan plat yang terdapat pada sepatu jahit untuk menghindari jarum terkena besi dan patah.

Piping Foot

Sumber : http://www.johnlewis.com

Sesuai dengan desain dan bentuknya, sepatu menjahit bisban tulang tersebut sangat sesuai jika dipasangkan pada berbagai macam mesin jahit multifungsi. Cara penggunaannya juga cukup mudah, sahabat Fitinline tinggal mengganti sepatu jahit standar yang biasa anda gunakan dengan sepatu menjahit bisban tulang. 

Piping Foot

Sumber : http://www.sew4home.com

Persiapkan kain dan isian benang yang dibutuhkan untuk membuat bisban tulang, kemudian potong kain menjadi beberapa bagian sesuai ukuran panjang dan lebar yang diinginkan menggunakan bantuan gunting atau rottary cutter. 

Piping Foot

Sumber : http://strikesmyfancy-2013.blogspot.com/

Piping Foot

Sumber : http://www.sew4home.com

Letakkan benang yang digunakan sebagai isian bisban tulang pada bagian tengah potongan kain tersebut. 

Piping Foot

Sumber : http://www.sew4home.com

Lipat kain menjadi dua bagian sama besar untuk membungkus isian bisban yang diletakkan di dalamnya. Jika dibutuhkan sematkan jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser. 

Piping Foot

Sumber : http://www.sew4home.com

Tempatkan bisban dibawah sepatu jahit, dengan posisi isian benang berada disebelah kiri jarum jahit. Jalankan mesin jahit seperti biasa dengan cara menginjak pedal mesin jahit tersebut secara perlahan. 

Piping Foot

Sumber : http://www.sew4home.com

Hasil jahitannya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini. 

Piping Foot

Sumber : http://www.sew4home.com

Selain digunakan untuk membuat bisban, sepatu jahit tersebut ternyata juga bisa digunakan untuk menjahit resleting biasa. Bagian kosong yang terdapat pada sepatu tersebut memungkinkan kepala resleting dapat melaluinya dengan mudah sehingga tidak menghambat proses pemasangan resleting.

Piping Foot

Sumber : http://www.jaycotts.co.uk

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.