Article

Homepage Article Desain Fesyen Sejarah Gantungan Baju Yang…

Sejarah Gantungan Baju Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Sebagian besar dari anda pasti sudah sangat akrab dengan yang namanya gantungan baju atau hanger.  Bagaimana tidak, perabot rumah tangga yang didesain seperti bahu manusia ini nyatanya dikenal sebagai salah satu item penting yang bisa dengan mudah dijumpai dalam keseharian kita. 

Hanger

Sumber : http://www.ikea.com/

Tidak hanya terbatas untuk menggantung jemuran (cucian basah) atau handuk bekas pakai yang digunakan sehabis mandi, tetapi gantungan baju tersebut juga dapat difungsikan untuk merapikan pakaian yang terdapat di dalam almari pakaian.

Hanger

Sumber : https://www.hsn.com/

Sahabat Fitinline tahu tidak, jika gantungan baju yang kita kenal hingga saat ini ternyata memiliki sejarah yang cukup unik lho. Penemuan gantungan baju tersebut di mulai pada suatu pagi di tahun 1903. 

Hanger

Sumber : http://www.thecoathangercompany.com/

Kala itu Albert J. Parkhouse, seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan kap lampu dan komponennya kebetulan kehabisan tempat untuk menggantung jas yang dikenakannya lantaran paku-paku yang memang disediakan untuk menggantung jas bagi para karyawan di tempatnya bekerja sudah terisi penuh. 

Hanger

Sumber : https://www.pinterest.com/

Berawal dari situlah beliau akhirnya menemukan ide untuk membuat gantungan baju dari bahan kawat yang disatukan menjadi sebuah kaitan. Dengan gantungan kawat yang dibuatnya, Parkhouse akhirnya bisa menggantungkan jas pada paku yang yang sebenarnya sudah terisi jas milik karyawan yang lain. 

Hanger

Sumber : http://www.unic77.net/

Karena dinilai cukup potensial untuk dikembangkan menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual, pihak perusahaan kemudian menyarankan Parkhouse untuk mematenkan gantungan baju yang di buatnya.

Tepatnya pada tanggal 25 Januari 1904, Parkhouse akhirnya mendapat hak paten dari gantungan baju yang dibuatnya itu dengan nomor #882.981. Tiga tahun berikutnya, pada tahun 1907 pengembangan dari gantungan baju tersebut juga dipatenkan kembali. 

Hanger

Sumber : http://www.thecoathangercompany.com/

Berkat penemuan Parkhouse tersebut, sekarang kita bisa menikmati hanger yang terbuat dari kawat logam, hanger kayu berbentuk menyerupai boomerang, dan yang ketiga hanger berbahan plastik yang diproduksi oleh pabrik.

Hanger

Sumber : http://www.containerstore.com/

Untuk fungsinya sendiri sudah jelas, gantungan baju tersebut pada umumnya dirancang untuk menggantungkan pakaian, seperti jaket, sweater, kemeja, blus, celana, rok atau pun gaun supaya tidak mudah kusut atau menjadi lecek. 

Hanger

Sumber : http://www.feinripp.net/

Bagaimana jadinya ya kalau gantungan baju ini tidak ditemukan?. Anda pasti akan dibuat kebingungan ketika harus menjemur cucian atau menyimpan baju kesayangan anda dalam almari pakaian. 

Hanger

Sumber : https://schlaf.tk/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.