Article

Homepage Article Desain Fesyen Rekomendasi Model, Bahan…

Rekomendasi Model, Bahan dan Cara Padupadan Overall “Baju Kodok” Untuk Tampil Kekinian

Tahu yang namanya overall alias baju kodok?. Sebagai salah satu jenis outfit yang tidak lekang dimakan waktu model pakaian ini ternyata dapat dikenakan kapan saja tanpa harus mengenal trend atau musim lho. Buat anda yang masih bingung bagaimana padupadannya anda bisa menyimak pembahasan berikut.

Sejarah Singkat Overall

Overall sendiri merupakan atribut fashion yang sangat identik dengan gaya casual. Beberapa orang biasa menyebut overall dengan nama dungarees, namun tidak sedikit pula yang menyebutnya sebagai baju kodok. Model pakaian ini sangat cocok untuk bila dipakai untuk wanita yang tidak ingin terlihat terlalu dewasa tapi juga tidak kekanakan.

Baju Kodok

Sumber : https://www.target.com/

Jauh sebelum dipakai untuk pelengkap penampilan, overall ini dulunya banyak dipakai oleh para ahli mesin dan pertukangan di tahun 60-an untuk melindungi baju mereka dari noda saat bekerja. Seiring berjalannya waktu overall kemudian juga mulai digunakan oleh para wanita Inggris yang bekerja di pabrik pada tahun 1965. 

Baju Kodok

Sumber : https://www.homedepot.com/

Dari yang awalnya hanya dipakai sebagai pakaian kerja pada tahun 70-an overall lantas semakin booming di kalangan remaja Amerika Serikat sebagai baju sehari-hari yang nyaman. Bahkan sampai akhir 90-an pun overall masih sangat populer dan banyak dipakai oleh para wanita untuk pelengkap gaya casual.

Baju Kodok

Sumber : https://www.amazon.com/

Selain dibuat dalam bentuk terusan panjang yang terdiri dari celana dengan tambahan kantung atau apron di bagian dada dan punggung yang disatukan dengan dua tali melewati pundak saja, kini tampilan overall juga semakin berkembang menjadi lebih modern dan trendy lho.

Perbedaan Jumpsuit dan Overall

Sepintas model pakaian wanita yang dikenal dengan nama overall ini memang memiliki kesamaan dengan jumpsuit. Sebab baik overall maupun jumpsuit keduanya sama-sama berbentuk busana terusan yang berpotongan unik, dimana antara bagian atas dan bawahnya dibuat menjadi satu kesatuan.

Sekalipun modelnya memang mirip, namun pada prinsipnya overall dan jumpsuit tersebut tetap saja memiliki perbedaan yang signifikan. Beberapa hal utama yang membedakan overall dengan jumpsuit diantaranya:

  1. Overall bisa dibuat dari bahan kain yang tebal maupun ringan, sedangkan jumpsuit lebih banyak menggunakan bahan kain yang ringan.
  2. Overall selalu dibuat tanpa lengan sementara jumpsuit bisa dibuat dengan atau tanpa adanya tambahan lengan.
  3. Pemakain overall harus disertai dengan inner berbentuk kaos maupun kemeja di dalamnya, kalau jumpsuit bisa dikenakan tanpa memakai inner.
  4. Overall biasanya hanya dibuat untuk digunakan pada acara-acara yang bersifat casual sedangkan jumpsuit bisa dikenakan pada acara resmi maupun acara tidak resmi. 

Baju Kodok

Sumber : https://www.whitegoldnz.co.nz/

Perkembangan Model Overall

Jika model overall untuk wanita yang berkembang di masa lalu kebanyakan hampir sama dengan desain overall milik laki-laki, sekarang ini model overall yang biasa dijual dipasaran justru semakin unik dan beragam. Untuk anda yang suka tampil feminim anda bahkan bisa mengenakan overall yang dimodifikasi menjadi rok. 

Baju Kodok

Sumber : https://www.amazon.com/

Rok overall yang berkembang saat ini kebanyakan hadir dengan berbagai warna dan motif yang menarik. Tidak hanya membuat penampilan jadi lebih feminin tapi penggunaan rok overall ini juga bisa memberi tampilan yang lucu serta cute tanpa membuat pemakainya terkesan kekanakan.

Baju Kodok

Sumber : https://www.target.com/

Berdasarkan desain dan potongannya overall sendiri umumnya dapat dijumpai dalam ukuran panjang yang berbeda, ada yang panjangnya sampai mata kaki namun ada juga yang pendek hingga sebatas paha. Masing-masing overall tersebut secara keseluruhan akan memberikan kesan yang berbeda saat dikenakan.

1. Short Overall

Short overall merupakan jenis overall yang pendek sehingga lebih menonjolkan kaki pemakainya yang jenjang. Overall yang didesain dalam ukuran pendek ini sangat cocok dipakai saat liburan musim panas karena desainnya yang simple tidak akan membuat gerah saat dikenakan seharian. 

Baju Kodok

Sumber : https://us.romwe.com/

2. Long Overall

Long overall menjadi salah satu item fashion paling tepat yang bisa anda pakai terutama bagi yang mengenakan hijab. Pengguna baju kodok inipun tidak dibatasi usia. Sebab kesan baju kodok yang menarik akan membuat orang yang menggunakanya terlihat lebih muda dan menarik.

Baju Kodok

Sumber : https://www.dhgate.com/

Untuk anda yang lebih suka tampil praktis dan jauh dari kata ribet maka anda bisa memilih short overall yang bagian bawahnya dibuat dalam bentuk celana. Tapi kalau anda ingin tampil lebih feminim dengan overall maka anda bisa memilih short overall yang bagian bawahnya dibuat dalam bentuk rok.

Bahan Untuk Membuat Overall

Beralih ke pembahasan tentang bahan overall alias baju kodok. Jika material yang dipakai untuk overall dulunya didominasi bahan yang tebal dan kaku seperti halnya kain denim, tapi kini overall juga hadir dengan kain polos maupun bermotif. Beberapa jenis bahan kain yang anda pakai diantaranya:

1. Kain Denim
2. Bahan Kulit
3. Kain Corduroy
4. Kain Flanel
5. Printed Fabric
6. Kain Twill

Kain Denim

Kain denim merupakan kain yang memiliki karakteristik cukup kokoh dan kuat. Sejak dulu kain ini sudah banyak digunakan untuk membuat overall yang paling aman dan paling mudah dipakai sebagai pelengkap gaya penampilan.

  1. Bila anda ingin mengenakan overall berbahan kain denim pastikan anda tidak memilih yang ukurannya terlalu longgar atau juga terlalu ketat.
  2. Overall berbahan kain denim sangat cocok bila dipasangkan dengan outfit apa saja, mulai dari t-shirt putih polos hingga t-shirt bermotif garis-garis.

Baju Kodok

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Untuk merawat overall denim agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya anda bisa mencoba tips berikut.    

  1. Sebelum melakukan pencucian akan lebih baik jika anda memisahkan overall denim dengan pakaian lainnya, terutama jika overall anda berpotensi untuk luntur.
  2. Cuci overall denim sejarang mungkin untuk mencegah penyusutan bahan dan mempertahankan warna alaminya agar tidak mudah pudar.
  3. Cuci overall dengan menggunakan air dingin.
  4. Setelah selesai melakukan pencucian anda bisa menjemur overall di tempat yang terbuka lalu diamkan sampai kering.

Bahan Kulit

Mengenakan overall berbahan kulit menjadi pilihan paling tepat jika ingin terlihat dewasa saat memakai overall. Selain memberikan kesan seksi overall berbahan kulit ini pada dasarnya bisa dikenakan kapanpun sepanjang tahun asal padupadannya juga sudah tepat, mulai dari sweatshirt sampai blouse.

Baju Kodok

Sumber : https://lookastic.com/

Untuk merawat overall berbahan kulit agar tetap awet dan tidak mudah rusak pastikan anda selalu melihat label yang disertakan pada pakaian anda. Beberapa bahan kulit biasanya memerlukan teknik perawatan khusus yang berbeda dengan bahan kain pada umumnya.

Kain Corduroy

Kain corduroy merupakan kain yang memiliki tekstur seperti garis-garis karena dibuat dari serat yang dipuntir. Sebagai bahan overall atau baju kodok, kain corduroy ini umumnya akan memberikan kesan klasik dan modern dalam waktu bersamaan pada tampilan pemakainya. Sangat cocok jika digunakan di tempat yang bersuhu dingin.

Baju Kodok

Sumber : https://www.dhgate.com/

Untuk merawat overall berbahan corduroy agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya anda bisa mencoba tips berikut.

  1. Cuci overall yang dibuat dari kain corduroy secara maual dengan menggunakan tangan maupun mesin cuci.
  2. Usahakan untuk tidak terlalu sering overall berbahan corduroy agar serat kainnya terjaga dengan baik dan bisa bertahan lebih lama.
  3. Bila overall kesayangan anda terpapar noda, anda bisa menghapus noda tersebut dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi.
  4. Jangan sekali-kali menyikat kain corduroy karena hal ini hanya akan membuat permukaan kainnya menjadi berserabut.

Kain Flanel

Kain flanel merupakan sejenis kain tekstil bertekstur lembut dan halus yang dibuat melalui serangkaian proses pemanasan dan penguapan. Kain flanel sendiri memiliki tekstur yang cukup tebal sehingga mampu memberikan rasa hangat. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik kain flanel sangat pas jika digunakan sebagai bahan overall. 

Baju Kodok

Sumber : https://www.ourlifeisbeautiful.com/

Untuk merawat overall flanel agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya anda bisa mencoba tips berikut.

  1. Saat melakukan pencucian jangan terlalu lama merendam overall berbahan flanel. Semakin lama direndam warna flanel bisa menjadi pudar.
  2. Cuci overall bahan flanel secara manual dengan menggunakan tangan dan air hangat.
  3. Hindari menyikat overall berbahan flenel menggunakan sikat kasar agar permukaannya tidak menjadi cepat berbulu.
  4. Jika menemukan adanya noda, beri sedikit shampo atau sabun bayi lalu gosok perlahan hingga berbusa dan bilas.
  5. Hindari pula penggunaan pemutih saat mencuci flanel.
  6. Selesai di cuci jemur kemeja flanel di bawah sinar matahari langsung dan biarkan mengering dengan sendirinya tapi jangan dibiarkan terlalu lama.
  7. Untuk mendapatkan hasil yang lebih rapi, setrika bagian dalam overall mengikuti serat kain flanel tersebut.
  8. Selesai disetrika anda tinggal menyimpan overallbernahan kain flanel dalam almari dengan cara menggantung atau melipatnya.

Printed Fabric

Printed fabric juga bisa dijadikan alternatif yang bagus saat anda ingin tampil cute dan menarik. Motif yang anda pilihpun beragam, mulai dari motif floral yang manis hingga motif tribal yang trendi. Agar terlihat seimbang anda bisa memadupadankan printed overall dengan dalaman yang polos.

Baju Kodok

Sumber : https://www.belk.com/

Untuk merawat overall bermotif agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya anda bisa mencoba tips berikut.    

  1. Sebelum melakukan pencucian akan lebih baik jika anda memisahkan overall dengan pakaian lainnya, terutama jika overall anda berpotensi untuk luntur.
  2. Jangan pernah mencuci overall bermotif dengan air panas, sebab air panas tersebut bisa saja merusak serat overall bahkan membuatnya menjadi mengkerut.
  3. Solusi terbaiknya cucilah overall dengan air yang bersuhu biasa atau stabil.
  4. Cuci overall anda secara manual dengan menggunakan tangan untuk meminimalisir kerusakan yang tidak diinginkan.
  5. Bilas overall sebanyak tiga kali atau lebih sampai benar-benar bersih dan tidak meninggalkan sisa sabun.
  6. Setelah jemur overall hingga kering lalu simpan dalam almari yang bersih, bebas dari debu dan tidak lembab.

Kain Twill

Kain twill merupakan jenis bahan kain yang memiliki permukaan yang sama dengan bahan drill yaitu berserat garis-garis miring (diagonal). Meski sama-sama berserat diagonal tetapi kain twill ini umumnya cenderung lebih tebal jika dibandingkan dengan kain drill. Jalinan benang yang menyusunnya juga terbilang cukup kuat dan tahan lama.

Baju Kodok

Sumber : https://www.forever21.com/

Untuk merawat overall berbahan twill agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya anda bisa mencoba tips berikut.

  1. Hindari kebiasaan mencuci overall berbahan twill terlalu sering supaya warnanya tidak luntur dan teksturnya tidak cepat halus.
  2. Cuci overall berbahan cotton twill secara terpisah dari cucian lainnya untuk menghindari luntur.
  3. Gunakan air hangat untuk mencuci overall karena air hangat dapat mencegah warna kain menjadi pudar dan mengerut.
  4. Bila anda ingin mencuci overall dengan tangan usahakan kucek secara perlahan dan direkomendasikan untuk tidak disikat.
  5. Tapi kalau anda ingin mencuci overall dengan mesin, atur temperatur dan mode pencuciannya sesuai bahan twill.
  6. Selesai melakukan pencucian segera jemur overall berbahan twill dengan cara menggantungnya di tempat yang terbuka tapi tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  7. Setelah kering anda bisa menyetrika bagian dalam overall lalu dilanjutkan di bagian luar.

Disamping sejumlah kain yang telah disebutkan di atas sebenarnya anda juga bisa memanfaatkan berbagai jenis bahan lain untuk membuat overall. Jadi jangan ragu untuk bereksperimen dan mencoba sesuatu yang baru sahabat Fitinline.

Cara Memilih Overall

Supaya tampilan anda terkesan lebih gaya dan trendi dengan baju overall anda bisa mengikuti tips-tips memilih overal yang tepat sebagai berikut. Minimal pilihlah ukuran overall yang tepat sesuai dengan bentuk tubuh kemudian padukan dengan dalaman yang tepat untuk menunjang tampilan anda secara keseluruhan.

  1. Pilih ukuran overall yang tepat dengan bentuk tubuh anda jika anda tidak ingin terlihat tenggelam dalam pakaian yang anda kenakan.
  2. Bagi anda yang lebih suka memakai overall pendek pastikan anda bisa mengenakannya dengan nyaman dan pas.
  3. Tampil dengan layer menjadi pilihan paling sempurna jika anda ingin terlihat lebih trendy dalam balutan overall.
  4. Anda juga bisa menambahkan outer di bagian luar overall selain mengenakan kaos untuk dalamannya.
  5. Pilihlah aksesoris-aksesoris orang dewasa seperti halnya jaket kulit, sepatu wedges atau anting jika anda ingin tampil lebih gaya dan jauh dari kesan kekanakan.
  6. Selain itu anda juga bisa memilih overall berbahan kulit atau overall dari bahan kain yang lebih lembut bila anda ingin terlihat lebih dewasa saat mengenakan overall.
  7. Bila overall atau baju kodok yang berwarna gelap tidak lagi terlihat menarik di mata anda, maka anda bisa memilih overall atau baju kodok dengan warna terang.
  8. Kenakan sepatu berhak tinggi (high heels) saat memakai baju overall. Cara ini pasti akan membuat tampilan anda jadi terkesan lebih trendy dan feminin.

Padupadan Overall Sehari-hari

Kalau anda masih bingung dalam menentukan padupadan overal atau baju kodok maka anda bisa memilih berbagai jenis busana wanita berikut agar tampilan yang didapatkan jadi lebih menarik. Beberapa jenis item fashion yang dapat anda pakai sebagai padanan overall sendiri diantaranya berupa:

  1. Long cardigan yang memiliki kesan classy dan santai.
  2. Kaos longgar untuk gaya berpakaian sehari-hari.
  3. Blouse off shoulder dengan model pundak terbuka yang memberikan kesan seksi.
  4. Jaket kulit untuk mempertegas kesan maskulin dan dewasa.
  5. Kemeja bermotif garis tipis-tipis untuk menonjolkan tampilan yang rapi.
  6. Kaos putih polos sebagai dalaman overall kalau anda ingin terlihat cerah.

Baju Kodok

Sumber : https://www.kromekids.com/

Baju Kodok

Sumber : http://www.theoutfitrepeater.com/

Baju Kodok

Sumber : https://fasbest.com/

Overall alias baju kodok ini tidak hanya cocok dipakai oleh wanita yang tidak mengenakan hijab lho. Khusus untuk anda wanita muslim yang berhijab sekalipun, anda sebenarnya juga bisa tampil cantik dengan overall panjang yang dikombinasikan dengan blouse atau kaos berlengan panjang.

Baju Kodok

Sumber : http://beautynesia.id/

Satu hal yang harus diingat, ketika anda sedang memakai overall atau baju kodok sebaiknya hindari penggunaan aksesoris yang terlalu berlebihan. Jika ingin mendapatkan inspirasi lebih banyak terkait cara pemakaian overall, anda bisa mencontek gaya busana para selebram maupun selebriti Indonesia.

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejarah singkat perkembangan model dan bahan overall lengkap dengan tips padupadan yang tepat untuk gaya anda sehari-hari. Kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang segala hal yang berkaitan dengan clothing dan desain fashion simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.