Article

Homepage Article Kain Tekstil Perbandingan Cloth Diaper…

Perbandingan Cloth Diaper dan Popok Sekali Pakai

Keberadaan popok atau diaper yang nyaman, mudah digunakan, dan dapat menahan cairan dalam jumlah banyak memang sangat dibutuhkan oleh para orang tua yang memiliki bayi. Berawal dari situlah, revolusi popok pun mulai dikembangkan pada tahun 1940-an hingga menghasilkan produk diaper sekali pakai.

Cloth Diaper vs Disposable Diaper

Sumber : http://www.thinking-about-cloth-diapers.com/

Beberapa tahun setelah diperkenalkan popok sekali pakai, inovasi demi inovasi terus dilakukan oleh para ahli untuk mendapatkan produk popok yang berkualitas baik seperti halnya popok sekali pakai, namun lebih aman bagi kulit bayi  dan lebih ramah lingkungan. 

Cloth Diaper vs Disposable Diaper

Sumber : http://www.univision.com/

Pada akhirnya lahirlah alternatif pengganti popok, baik itu sebagai pengganti popok kain biasa atau popok sekali pakai yang kemudian dikenal dengan cloth diaper atau biasa disingkat sebagai clodi. Lalu apa yang membedakan popok sekali pakai dengan cloth diaper?.

Cloth Diaper vs Disposable Diaper

Sumber  : http://timandolive.com/

Berikut beberapa point utama yang bisa dijadikan sebagai bahan perbandingan antara cloth diaper dengan popok sekali pakai.

  Cloth Diaper Popok Sekali Pakai
Harga Modal awal yang dibutuhkan saat membeli cloth diaper memang cukup besar. Tetapi selanjutnya cloth diaper tersebut bisa dipakai berulang kali setelah dicuci dan dikeringkan. Meski harga satuan dari popok sekali pakai relatif lebih murah, namun jika dihitung-hitung biaya yang harus anda keluarkan untuk membeli poopk tersebut  selama satu bulan penuh pasti jauh lebih tinggi.
Perawatan Cara pencucian cloth diaper harus diperhatikan dengan baik agar tidak digunakan sebagai sarang kuman. Cloth diaper juga harus dibilas bersih tanpa menggunakan sabuh minimal sebulan sekali agar daya serapnya tetap terjaga dengan baik. Usai digunakan popok sekali pakai bisa langsung dibuag tanpa dicuci terlebih dahulu.Tetapi tumpukan limbah popok sekali pakai yang dihasilkan semakin lama akan semakin meningkat setiap kali anda membuang selembar popok.
Kenyamanan Lapisan dalam clodi biasanya terbuat dari bahan yang sesuai untuk kulit bayi. Misal kain fleece, microfleece, bamboo atau hemp yang lembut dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi. Popok sekali pakai yang dijual dengan harga murah maupun popok sekali pakai dengan kualitas rendah, rata-rata lebih berisiko menimbulkan alergi dan iritasi pada kulit bayi.
Penampilan Karena terbuat dari lembaran kain berlapis-lapis karakteristik cloth diaper cenderung agak tebal. Desain bagian luarnya terbilang lebih cantik sehingga bisa digunakan tanpa perlu dilapisi celana pada bagian luarnya. Popok sekali pakai memiliki bentuk fisik yang cenderung lebih tipis dan ringan dibandingkan cloth diaper. Tampilan luarnya standar, seperti kebanyakan popok sekali pakai pada umumnya.

Cloth Diaper vs Disposable Diaper

Sumber : http://blog.you-lingerie.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.