Article

Homepage Article Cara Menjahit Penyelesaian Tepi Busana:…

Penyelesaian Tepi Busana: Kelim (Bagian 3)

Selamat pagi Sahabat Fitinline, awal pekan dan awal bulan di akhir tahun seperti ini semoga membuat hari-hari anda lebih bersemangat. Sembari menantikan liburan akhir tahun, tak ada salahnya kalau anda senantiasa menyimak artikel-artikel menarik yang kami sajikan khusus buat Sahabat Fitinline semua. Kali ini kita masih membahas tentang kelim palsu dan kelim rol.

Kelim palsu yaitu kelim yang digunakan untuk mengatasi masalah bila panjang kain tidak cukup untuk dibuat keliman, atau bahan yang terlalu tebal untuk dikelimkan, maka dibuat kelim palsu. Membuat kelim palsu yaitu dengan cara menyambungkan kain untuk kelim, kain yang digunakan bisa bahan yang sama atau bahan lain yang lebih tipis (jika bahan yang akan disambung terlalu tebal). Sebaiknya warna kain penyambungnya sama dengan bahan utamanya, biar tidak terlalu kelihatan, terutama jika kelim palsu ini digunakan untuk baju atasan.

Kelim Palsu

Kelim Palsu

Sumber: http://likaya2.wordpress.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Cara penggabungannya adalah gunting kain sesuai dengan bentuk yang akan disambung, lalu disatukan dan dikelim dengan som. Lebar hasil setikan penyambungan tidak lebih dari 0,5 cm. Kelim palsu bisa dikerjakan dengan tangan ataupun mesin. Kelim palsu tidak dianjurkan untuk pakaian yang berbahan transparan seperti sifon dan sejenisnya. Kelim ini juga bisa dimanfaatkan pada busana lama anda yang masih bagus, misal celana atau rok. Penambahan keliman dengan menggunakan kelim palsu ini tidak bisa melebihi panjang kelim aslinya, bahkan berkurang 0.5 sampai 1 cm. Jadi, apabila panjang kelim asli adalah 3 cm, maka panjang celana setelah ditambah kampuh palsu akan bertambah 2.5 cm.

Kelim Palsu

Kelim Palsu

Sumber: http://rumahjahithaifa.com

Kelim Palsu

Sumber: http://rumahjahithaifa.com

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Kelim rol, kelim ini biasa digunakan untuk pakaian yang terbuat dari kain tembus terang. Cara penyelesaiannya dapat dibuat dengan dua cara yaitu kelim yang dibuat dengan mesin serbaguna dengan memakai sepatu rol serta setikan zig-zag. Dan kelim juga dapat dibuat dengan cara manual, dengan memakai jarum tangan dengan cara menggulung kecil tiras, kemudian dijahit dengan tusuk balut atau tusuk kelim dengan jarak 0,5-1 cm. Kegunaan adalah kelim rol untuk mengelim pinggiran kain yang tipis, pinggiran baju kerut atau rimpel, ujung lengan poof, dan lain sebagainya.

Kelim Rol Tusuk Balut

Kelim Rol Tusuk Balut

Sumber: http://likaya2.wordpress.com

Kelim Rol Setikan Zig-zag

Kelim Rol Setikan Zig-zag

Sumber: http://www.thevelvetaubergine.com

Sederhana dan mudah dipraktekkan di rumah Sahabat Fitinline. Anda bisa mencobanya. Simak terus artikel dari kami ya Sahabat Fitinlin. Selamat menjahit dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.