Article

Homepage Article Jahit Menjahit Pemanfaatan Kancing Kait…

Pemanfaatan Kancing Kait Kecil (Hook & Eye)

Masih membahas seputar kancing, kali ini Fitinline akan mengajak anda untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai kancing kait. Kancing kait yang dimaksud di sini yaitu berupa kancing kait kecil (hook & eye) berbahan metal/logam (nikel).

Kancing Kait Kecil

Sumber : https://www.etsy.com/

Sedikit berbeda dengan kancing pada umumnya, kancing kait kecil ini umumnya terdiri dari dua komponen utama yakni berupa hook (kaitan) yang memiliki bentuk melengkung dan eye (mata kait) yang memiliki bentuk  melingkar dengan lubang pada kedua sisinya.

Kancing Kait Kecil

Sumber : http://www.wkhk.co.id/

Meskipun dari segi bentuk dan ukurannya terbilang sangat minimalis, tetapi anda harus tahu kalau kancing kait ini ternyata memiliki fungsi yang sangat penting lho. Salah satunya yaitu sebagai kancing pelengkap untuk pakaian kebaya. 

Kancing Kait Kecil

Sumber : http://www.ebay.co.uk/

Selain diaplikasikan pada kebaya, kancing kait berukuran kecil ini biasanya juga sering digunakan sebagai pengancing bra, longtorso, dan untuk penahan belahan pada akhir pemasangan zipper. 

Kancing Kait Kecil

Sumber : https://www.farthingalescorsetmakingsupplies.com/

Kancing Kait Kecil

Sumber : http://www.makeit-loveit.com/

Sesederhana bentuk kancingnya, langkah-langkah memasang kancing kait hook & eye ini sebenarnya juga terbilang sangat mudah.

Mula-mula pasangkan kait (hook) pada salah satu ujung belahan kemudian selesaikan dengan tusuk feston berkepala (tusuk lubang kancing) pada sekeliling lubang kaitan. Tambahkan tusuk balut sebagai penguat pada bagian tengah kaitan.

Kancing Kait Kecil

Sumber : http://whafi.com/

Dengan cara serupa pasangkan mata kaitan (eye) pada ujung belahan pakaian yang lainnya dengan tusuk feston berkepala.

Kancing Kait Kecil

Sumber : http://whafi.com/

Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini. 

Kancing Kait Kecil

Sumber : http://whafi.com/

Pada beberapa kasus mata kaitan (eye) ini bisa juga diganti dengan rentangan benang yang dililit tusuk feston (trens). Untuk mengetahui cara pembuatannya anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai 5 Langkah Mudah Membuat Kaitan Kutu Babi Pada Pakaian.

Kancing Kait Kecil

Sumber : https://www.craftsy.com/

Semoga bermanfaat.

Mau tahu lebih banyak tentang sejarah kancing, jenis-jenis kancing, beserta cara pemasangan kancing pada pakaian?. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book kami Di Sini.

E-Book Kancing

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.