Article

Homepage Article Batik Patuhi 4 Aturan Dasar Berikut…

Patuhi 4 Aturan Dasar Berikut Bila Anda Ingin Memakai Kain Batik

Ditinjau dari sisi historisnya kain batik memang pantas jika dikenal sebagai salah satu kain tradisional Indonesia yang memiliki nilai filosofis tinggi. Karena alasan itulah, tidak heran  jika banyak orang yang menjadikan kain batik tersebut sebagai kain wajib yang dipakai ketika menghadiri acara spesial.

Saat menghadiri acara yang bertema formal seperti acara wisuda maupun acara pernikahan misalnya, para wanita moden banyak yang memilih kain batik sebagai outfit mereka. Tidak selalu dalam bentuk dress atau rok yang sudah dijahit saja tapi ada pula yang mempertahankan tradisi penggunaan jarik lipit. 

Aturan Memakai Kain Batik

Sumber : http://batikku.club/

Bagi anda yang ingin memakai kain batik saat menghadiri acara penting seperti kondangan maupun acara formal lainnya, sebaiknya anda juga harus tahu kalau pemakaian kain batik itu ternyata ada aturannya lho. Beberapa aturan dasar yang wajib anda patuhi ketika mengenakan kain batik diantaranya:

1. Perhatikan posisi kain. Kain batik yang dikenakan untuk perempuan posisinya harus menutup dari kiri ke kanan, sedangkan untuk laki-laki posisi kain batik harus menutup dari kanan ke kiri. 

Aturan Memakai Kain Batik

Sumber : http://ramintenphotography.com/

2. Usahakan untuk tidak memakai batik dengan warna dasar coklet saat menghadiri acara pernikahan, karena batik dengan warna dasar coklat biasanya akan dikenakan oleh kedua mempelai (pria dan wanita).

3. Kalau mau lebih netral sebaiknya gunakan batik dengan motif pesisir seperti batik Pekalongan, batik Lasem, dan batik Cirebon yang cenderung fleksible dan dapat dipakai dalam segala acara. Simak juga pembahasan mengenai 7 Motif Batik Untuk Upacara Pernikahan.

Aturan Memakai Kain Batik

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

4. Aturan lain yang harus anda patuhi saat memakai kain batik adalah larangan menggunakan batik bermotif parang bila anda mengunjungi keraton Yogyakarta atau Solo. Motif parang dengan ukuran besar biasanya diperuntukkan bagi raja.

Aturan Memakai Kain Batik

Sumber : https://plus.kapanlagi.com/

Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi sedikit gambaran bagi anda yang masih bingung dalam memakai kain batik. Kalau anda ingin mendapatkan kain batik berkualitas dengan harga murah, anda bisa mengunjungi katalog kain batik kami Di Sini

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.