Article

Obat Plisket

Kain plisket merupakan sejenis kain tekstil yang memiliki tekstur berlipat-lipat. Istilah plisket sendiri konon awalnya diambil dari kata pleated skirt. Mengacu pada jenis rok wanita yang dibuat dengan model lipit-lipit. Seiring dengan berjalannya waktu, teknik pembuatan plisket sendiri banyak diadaptasi untuk benda lainnya seperti tirai, scarf, dan juga jilbab. 

Obat Plisket

Sumber : https://www.etsy.com/

Berdasarkan teknologi pembuatannya lipatan pada kain plisket tersebut dapat dibagi menjadi dua macam yaitu dengan cara manual dan dengan mesin otomatis. Teknik pembuatan plisket secara manual dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan setrika dan cairan kimia khusus yang dikenal dengan nama obat plisket. 

Obat Plisket

Sumber : http://fjb.kaskus.co.id/

Obat plisket merupakan sejenis cairan kimia yang berfungsi untuk mengencangkan dan mempertahankan lipatan-lipatan pada kain, ploi, maupun kerah pakaian. Tidak hanya itu, obat plisket juga dapat dimanfaatkan sebagai pelicin sekaligus bahan pendukung supaya lipatan pakaian tetap terlihat rapi. 

Obat Plisket

Sumber : http://toko-bungas.com/

Obat plisket yang termasuk kedalam salah satu jenis bahan baku industri garmen dan konveksi ini secara garis besar tersedia dalam bentuk cairan bening dan berbau harum. Cara penggunaannya juga terbilang cukup mudah yaitu dengan mengoleskan atau menyemprotkan obat plisket pada kain. 

Obat Plisket

Sumber : http://id.aliexpress.com/

Keistimewaan Obat Plisket

  • Dapat dimanfaatkan untuk mempermudah seorang penjahit dalam membuat lipatan pakaian dan tirai.
  • Dapat digunakan untuk merapikan dan menghaluskan pakaian.
  • Tidak merusak lapisan teflon setrika.
  • Tidak meninggalkan noda pada kain dan pakaian.

Obat Plisket

Sumber : http://www.alibaba.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.