Article

Homepage Article Cara Menjahit Metode Membentuk Lipit

Metode Membentuk Lipit

Setelah kita bahas aneka macam lipit, kali ini kita akan bahas bagaimana cara yang benar untuk membentuk lipit.

1. Langsung mengamankan lipit dengan jelujur jarum pentul yang dilanjutkan dengan jelujur rata adalah metode yang umum digunakan untuk menghemat waktu.

 

 

Menandai lipit

Membuat lipit dengan jarum jelujur

 

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

2. Untuk menciptakan lipit pada bagian buruk kain, sebelumnya tandai dulu garis lipatan dan garis peletakan dengan menggunakan karbon jahit dan rader sebelum menyisihkan pola. Untuk lipit hadap seperti gambar di atas, pertemukan setiap pasang garis lipat, kemudian amankan dengan jarum pentul atau jahit jelujur. Lakukan jahitan permanen sekarang juga apabila lipit ini memang akan dijahit dari pinggang ke pinggul.

Membuat lipit hadap

Membuat lipit hadap

 

3. Dengan bagian baik kain menghadap ke atas, letakkan kelompok lipit ini pada meja setrika. Menggunakan kain lembab sebagai alas, lakukanlah pressing pada lipit yang tercipta, mengikuti metode-metode yang telah dijelaskan sebelumnya.

Press lipit

 

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

4. Jangan lupa untuk melakukan pressing terhadap bagian buruk kain. Untuk menghilangkan bekas jelujur pada lipitan, lepaskan benang kemudian selipkan kertas tebal di bawah lipitan, dan lakukan pressing kembali.

Press bagian buruk

5. Saat melakukan pressing, lipit bilah pisau harus mengarah ke satu arah yang sama, lipit kotak saling berhadapan di bagian belakang, dan lipit hadap diatur posisinya seperti pada gambar ini.

Press lipit hadap

Press lipit hadap

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.