Article

Homepage Article Cara Menjahit Ragam Lipit Pada Busana

Ragam Lipit Pada Busana

Lipit adalah lipatan kain yang diciptakan untuk memberi kesan penuh pada busana, yang dibuat secara teratur. Setiap lipit dilipat sepanjang garis yang sudah ditentukan yang disebut garis lipatan (foldline), kemudian hasil lipatan itu disejajarkan dengan garis berikutnya yang disebut garis peletakan (replacement line).

 

 

 

Lipit

1) Lipit Bilah Pisau

Jenis lipit ini diciptakan dari satu garis lipatan dan satu garis peletakan. Semua lipatan dilipat ke arah yang sama, sedangkan untuk variasinya bisa juga diciptakan dua kelompok lipit yang arahnya berlawanan.

Lipit Bilah Pisau

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

2) Lipit kotak

Jenis lipit ini memiliki dua garis lipat dan dua garis peletakan; dua lipatan dari setiap lipit yang tercipta arahnya saling membelakangi. Lipatan belakang yang terjadi tidak selalu harus bersinggungan.

Lipit Kotak

3) Lipit hadap

Lipit ini memiliki dua garis lipatan dan satu garis peletakan. Dua lipatan dari setiap lipit yang dihasilkan saling berhadapan dan harus bersinggungan. Lipatan yang dihasilkan di belakang tepinya saling membelakangi.

Lipit Hadap

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

4) Lipit dengan lambar terpisah

Tampilannya sama dengan lipit belakang, tapi disambung dengan lambar (alas) yang dijahit pada sisi-sisinya.

Lipit dengan lembar terpisah

5) Lipit Akordion

Lipit ini jaraknya saling berdekatan dengan lebar yang sama, hingga bentuknya mirip pompa akordion. Lipatan depan berdiri menjauhi badan pemakai busana, sehingga memberikan ilusi kilau pada kain.

Lipit Akordion

Bila busana yang diinginkan memiliki motif yang harus diikuti sesuai model yang diinginkan, maka lebih baik menandai garis lipit dan lipatan pada bagian baik kain. Sebaliknya, bila jenis lipit yang diinginkan adalah lipit yang dijahit dari dalam (misalnya dari pinggang hingga ke pingggul) maka akan lebih mudah untuk menandai dan membentuk lipit dari bagian buruk kain.

Saat melakukan pressing pada lipit, selalu gunakan sepotong kain sebagai alas setrika untuk hasil lipit yang lembut. Bila menginginkan hasil lipit yang tajam gunakan kain lembab atau setrika uap, biarkan lipit benar-benar kering dahulu sebelum mengangkatnya dari meja setrika.

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.