Article

Homepage Article Fashion Design Mengenal Fungsi dan Jenis-Jenis…

Mengenal Fungsi dan Jenis-Jenis Patch Pada Jaket Varsity

Jadi salah satu elemen dekoratif yang tidak hanya menambah nilai estetika jaket tapi juga menjadi simbol status, prestasi dan identitas, berikut adalah beberapa fungsi penting dari patch jaket dan jenis-jenis patch yang biasa digunakan pada jaket varsity.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Patch Jaket

Patch pada jaket adalah hiasan atau emblem yang biasa dijahit atau ditempelkan pada jaket. Salah satu model jaket yang dimaksud yakni berupa jaket varsity yang sering digunakan oleh siswa sekolah menengah atas atau mahasiswa di Amerika Serikat, terutama mereka yang terlibat dalam tim olahraga.

  • Patch jacket biasanya berbentuk logo, huruf atau gambar tertentu.
  • Patch jacket sering kali melambangkan tim olahraga, sekolah, universitas atau organisasi tertentu.

Patch Pada Jaket Varsity

Sumber : https://nokona.com/

Patch Pada Jaket Varsity

Khusus untuk aplikasinya pada jaket varsity, patch jacket sendiri umumnya memiliki beberapa fungsi baik secara praktis maupun simbolis.

1. Identitas dan Kebanggaan

Patch jacket sering digunakan untuk menunjukkan identitas sekolah, universitas atau tim tertentu yang memberikan kebanggaan bagi pemakainya sebagai anggota atau bagian dari institusi atau kelompok tersebut.

Patch Pada Jaket Varsity

Sumber : https://www.neffco.com/

2. Pencapaian dan Prestasi

Patch jacket sering kali diberikan sebagai tanda pencapaian dan penghargaan visual bagi individu atau tim yang memenangkan kejuaraan atau berpartisipasi dalam tim olahraga.

3. Personalisasi dan Gaya

Patch memungkinkan para pengguna untuk mempersonalisasi jaket mereka agar lebih unik dan berbeda dari yang lain. Selain itu patch jacket juga memberikan elemen gaya yang khas dan membuat tampilan jaket lebih menarik secara visual.

Patch Pada Jaket Varsity 

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Memperkuat Tradisi dan Sejarah

Patch pada jaket varsity memiliki sejarah panjang di Amerika Serikat, terutama dalam budaya sekolah dan olahraga. Patch ini memperkuat tradisi dan menandai momen penting dalam kehidupan akademik dan olahraga.

Patch Pada Jaket Varsity

Sumber : https://www.alibaba.com/

5. Fungsi Dekoratif

Patch jacket juga memiliki fungsi estetika, menambahkan warna, tekstur dan detail pada jaket, sehingga membuatnya lebih menarik secara visual.

Patch Pada Jaket Varsity 

Sumber : https://www.etsy.com/

Sementara untuk jenisnya, patch pada jaket varsity bisa mencakup:

  • Letterman Patch: Biasanya berbentuk huruf yang mewakili inisial sekolah atau universitas, bisa juga menunjukkan afiliasi dengan sekolah atau tim olahraga. Letterman patch ini dikenal sebagai elemen paling ikonik dari jaket varsity.
  • Number Patch: Patch berbentuk angka yang menunjukkan nomor pemain di tim olahraga (menandai nomor punggung pemain) atau sebagai simbol tahun tertentu seperti tahun kelulusan.
  • Logo Tim atau Sekolah: Logo yang melambangkan identitas tim atau institusi.
  • Patch Prestasi: Patch yang menunjukkan pencapaian tertentu, seperti kejuaraan atau penghargaan khusus.
  • Patch prestasi menandakan pencapaian tertentu, seperti kejuaraan, rekor, atau penghargaan lainnya.
  • Patch prestasi dipasang pada jaket untuk menunjukkan prestasi dan penghargaan yang diraih pemakai.
  • Custom Patch: Patch yang dibuat khusus sesuai dengan permintaan, dapat berupa desain apapun yang diinginkan pemakai. Patch ini memungkinkan pemakai menambahkan elemen yang benar-benar unik pada jaket mereka.

Patch Pada Jaket Varsity 

Sumber : https://www.neffco.com/

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, patch-patch ini biasanya terbuat dari bahan felt atau chenille dan dijahit dengan tepi bordiran tebal, sehingga memberikan tampilan khas dan tekstur yang menarik.

Berikut adalah jenis-jenis patch yang umum ditemukan pada jaket varsity:

1. Chenille Patch

Chenille patch merupakan patch jacket dari benang tebal yang memberikan tekstur lembut dan berbulu. Pada jaket, chenille patch biasanya digunakan untuk huruf atau logo besar.

Patch Pada Jaket Varsity

Sumber : https://www.americanpatch.com/

2. Felt Patch

Felt patch merupakan patch jacket yang terbuat dari bahan felt, sejenis kain tebal yang sering dipakai sebagai dasar untuk patch lainnya maupun bahan utama untuk patch huruf atau bentuk sederhana.

Patch Pada Jaket Varsity

Sumber : https://wandawegacampstore.com/

3. Embroidered Patch

Embroidered patch merupakan patch yang dijahit dengan pola atau gambar tertentu menggunakan benang bordir.

  • Embroidered patch dikenal karena detail dan keindahan polanya.
  • Embroidered patch biasa digunakan untuk logo tim, maskot atau desain dekoratif yang lebih rumit.

Patch Pada Jaket Varsity 

Sumber : https://www.americanpatch.com/

4. Woven Patch

Woven patch mirip dengan embroidered patch tetapi dibuat dengan teknik tenun, sehingga menghasilkan patch yang lebih tipis dan lebih detail. Woven patch cocok untuk desain yang membutuhkan detail halus dan warna yang lebih banyak.

Patch Pada Jaket Varsity

Sumber : https://www.evisu.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai fungsi patch dan jenis-jenis patch yang biasa digunakan pada jaket varsity. Tidak hanya menambah estetika pada jaket, tetapi patch yang ditambahkan pada jaket juga bisa membuat setiap jaket menjadi unik dan bermakna bagi pemiliknya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket varsity / jaket baseball?. Yuk intip koleksi bahan bahan Kain Baby Terry, Kain Taslan, Kain Parasut, Kain Micro, Kain Mayer dan Kain Despo yang kami miliki.

Download juga Pola Jaket Varsity siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.