Article

Homepage Article Fashion Design Mengenal Fashion Design

Mengenal Fashion Design

Sahabat Fitinline, apakah diantara anda ada yang minat dan ingin menjadi fashion designer ?. Simak terus ya artikelnya. Kita akan bahas mengenai seluk beluk fashion design.

Sebenarnya tak ada pendidikan formal atau sertifikasi khusus yang diperlukan untuk menjadi seorang fashion design atau perancang busana yang sukses. Namun Sahabat Fitinline perlu memiliki beragam keterampilan, kemampuan gambar yang bagus, mengenal warna, mengerti serat/tekstil, illustrasi fashion, fashion design, pola dan jahit, industri fashionnya serta ketekunan yang tak tertandingi.

Jika anda memang serius ingin menjadi seorang fashion design, ada baiknya untuk belajar di sekolah khusus mode. Selain mendapat gelar, anda juga akan mempelajari banyak hal mengenai dunia fashion. Anda akan mempelajari gambar, warna dan komposisi, pembuatan pola, dan lain sebagainya. Walaupun kenyataannya, di dunia fashion sering kita temukan para desainer fashion yang otodidak atau belajar sendiri.

Tak hanya membutuhkan bakat dan kreativitas, pengetahuan tentang aspek bisnis dan pemasaran dunia fashion sangatlah penting jika ingin menjadi perancang busana yang sukses. Belajar fashion design bukan hanya untuk kesenangan saja tapi juga bisa menjadikannya profesional, dengan demikian mengikuti perkembangan gaya hidup sudah menjadi kebutuhan seorang profesional.

Sebelum melangkah lebih jauh, kita cari tau dulu tentang apakah itu design atau desain. Desain merupakan pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda seperti busana. Desain dihasilkan melalui pemikiran, pertimbangan, perhitungan, cita, rasa, seni serta kegemaran orang banyak yang dituangkan di atas kertas berwujud gambar. Desain ini mudah dibaca atau dipahami maksud dan pengertiannya oleh orang lain sehingga mudah diwujudkan ke bentuk benda yang sebenarnya. Gambar tersebut merupakan pengalihan gagasan atau pola pikir konkret dari perancang kepada orang lain. Setiap busana adalah hasil pengungkapan dari sebuah proses desain.

Desain busana merupakan pengetahuan dasar bagi seorang calon desainer. Pada desain busana dijelaskan tentang pengertian desain busana, jenis-jenis desain, unsur-unsur desain, prinsip-prinsip desain, alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mendesain, desain anatomi tubuh, teknik menggambar bagian-bagian busana dan teknik pewarnaan dan penyelesaian desain. Sebuah desain tidak mungkin tercipta tanpa ada unsur-unsur pembentuknya, dan tidak akan indah atau menarik dilihat tanpa mempertimbangkan prinsip-prinsip desain.

Desain busana adalah seni dari penerapan desain dan estetika atau keindahan alam untuk pakaian dan aksesoris. Fashion desain dipengaruhi oleh budaya dan sosial yang bervariasi dari waktu ke waktu. Perancang busana kerja dengan berbagai cara dalam merancang pakaian dan aksesoris. Mereka berusaha untuk memuaskan keinginan konsumen untuk pakaian yang dirancang, kemudian rancangan tersebut dipasarkan. Perancang busana berusaha untuk merancang pakaian yang fungsional serta estetis. Mereka juga mempertimbangkan siapa yang akan mengenakan pakaian dan situasi di mana akan dikenakan. Mereka memiliki variasi bahan untuk dikombinasikan dalam berbagai macam warna, pola dan gaya. Mereka merancang pakaian sehari-hari dengan gaya konvensional dan juga merancang busana untuk acara khusus, misal gaun malam dan lain sebagainya.

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Contoh Fashion Design

Fashion Design

Sumber: https://fitinline.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Busana dan pelengkap (milineris dan asesoris) yang kita pakai setiap hari dibuat tidak asal jadi, tetapi berdasarkan pola atau rancangan tetentu yang disebut dengan desain. Semakin maju tingkat kehidupan masyarakat, semakin banyak memerlukan peran desain, semakin tinggi selera masyarakat semakin tinggi pula tuntutan kecermatan desainnya. Hal ini disebabkan karena dalam berbusana manusia selalu menuntut dua nilai sekaligus yaitu nilai jasmaniah berupa enak dan nyaman dipakai, dan nilai rohaniah berupa keindahan dan keanggunan.

Dengan pengetahuan tentang desain ini, diharapkan seorang calon desainer dapat membuat desain busana dengan baik dan benar. Desain tidak hanya sekedar gambar saja tetapi dengan desain seseorang dapat membuat pakaian mulai dari mengambil ukuran, membuat pola, pecah pola, menggunting sampai menjahit pakaian. Dengan kata lain desain merupakan pedoman seseorang dalam mewujudkan pakaian ke bentuk sebenarnya. Jadi jelaslah bahwa desain memegang peranan penting dalam pembuatan suatu pakaian.

Secara umum desain dapat dibagi dua yaitu desain struktur (structural design) dan desain hiasan (decorative design). Kita akan bahas lebih lengkap lagi pada artikel selanjutnya. Simak terus ya Sahabat Fitinline.
Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.