Article

Homepage Article Kain Tekstil Memilih Kain Anti Air

Memilih Kain Anti Air

Dalam industri garmen dan konveksi, istilah waterproof biasa digunakan untuk mendeskripsikan sebuah bahan kain yang bersifat kedap air. Kain waterproof sendiri memiliki permukaan yang sangat rapat sehingga mampu menahan atau menolak air supaya tidak meresap ke bagian dalam bahan. Penting untuk diketahui jika teknologi lapisan dalam yang biasa diterapkan pada kain waterproof dapat dibagi menjadi dua macam yakni berupa teknologi laminasi dan teknologi coating.

Kain Waterproof

Sumber : http://www.alibaba.com

Teknologi coating sendiri masih dibagi kedalam beberapa bagian yaitu coating balon, coating semprot, coating 3 layer, coating milky, coating bening, coating silver, dan coating metalik. Kain taslan balon, kain parasut balon, dan kain ripstop balon merupakan beberapa jenis kain sintetis berkualitas tinggi yang memiliki lapisan coating balon di bagian dalam sehingga tahan terhadap air (waterproof). 

Kain Waterproof

Sumber : http://www.dickiesstore.co.uk

Sementara kain parasut dan kain taslan yang dilengkapi lapisan coating milky, coating bening, coating silver, dan coating metalik dapat dikatakan sebagai kain anti air yang bersifat water resistant karena memiliki kemampuan untuk mempertahankan butiran-butiran air diatas permukaan kain (non spreading) tanpa merembes melewati bahan dalam waktu kontak yang cukup lama namun masih bisa dilalui oleh udara dan uap air.

Kain Waterproof

Sumber : http://spreicenter.com/

Kain Taslan Balon

Dari sisi bahan baku, bahan kain taslan balon termasuk kedalam jenis kain yang terbuat dari serat sintetis (polyester) berkualitas yang diproses dengan teknologi tinggi sehingga menghasilkan permukaan kain yang sangat rapat, tahan sobek (kuat), cukup tebal dan tidak tembus air. Karena bersifat waterproof, kain ini sangat sesuai jika dipergunakan untuk keperluan outdoor seperti tenda.

Kain Waterproof

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Parasut Balon

Kain parasut jenis ini bersifat waterproof karena memiliki coating jenis balon. Kain ini biasanya digunakan untuk kepentingan outdoor, seperti tenda, payung, coat dan jarang digunakan untuk sandang.

Kain Waterproof

Sumber :  https://fitinline.com/

Kain Ripstop Balon

Kain ripstop balon secara garis besar mempunyai karakter yang sama dengan kain taslan, hanya saja pada bagian permukaan kain ripstop terdapat tekstur berbentuk kotak-kotak. Berbeda dengan coating yang digunakan pada kain waterproof pada umumnya, jenis lapisan balon yang digunakan pada kain ripstop balon cenderung berwarna abu-abu transparan.

Kain Waterproof

Sumber : https://fitinline.com/

Tertarik untuk berbelanja Kain Anti Air? Sahabat Fitinline bisa melihat koleksinya Di sini.

Kain Waterproof

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.