Article

Homepage Article Tenun/Lurik Melestarikan Budaya Indonesia…

Melestarikan Budaya Indonesia Melalui Trend Berkain

Kehadiran trend berkain tidak dapat dipungkiri memang membuat kreatifitas berbusana yang dipilih oleh pria dan wanita juga makin beragam. Meski perlahan mulai luntur karena terbawa perubahan zaman, kebiasaan berkain di sejumlah daerah di Indonesia hingga kini tetap memiliki tempat tersendiri di hati pecintanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Trend Berkain

Trend berkain merupakan salah satu trend dalam berbusana yang menekankan pada penggunaan kain-kain tradisional Indonesia dengan sedikit modifikasi agar terlihat lebih modis. Selain terlihat berbeda dari yang lain, berkain juga mampu menjadi salah satu cara melestarikan budaya Indonesia yakni berupa kain tradisional.

  • Tren berkain hadir sebagai salah satu wujud kecintaan masyarakat pada kain tradisional Indonesia yang dipakai sejak zaman dahulu sebagai identitas budaya.
  • Trend berkain membuktikan bahwa busana tradisional bisa kembali menjadi trend yang modern.
  • Trend berkain menjadikan kain tradisional sebagai item fashion yang estetik dan jauh dari kesan norak.

Trend Berkain 

Sumber : https://www.liputan6.com/

Jenis Kain Yang Bisa Dipakai

Terkait dengan jenis kain yang digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan, di Indonesia sendiri sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain tradisional sesuai dengan daerah masing-masing yang bisa dijadikan sebagai pelengkap trend berkain. Namun yang masif digunakan memang adalah kain batik yang terjangkau dan tersebar di Indonesia.

  • Kain batik merupakan salah satu jenis kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia.
  • Kain batik juga telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia pada 2 Oktober 2009.

Untuk menghasilkan selembar kain yang tak hanya menarik dari segi tampilan namun juga kaya akan makna, kain batik sendiri pembuatannya secara khusus dilakukan dengan menuliskan atau menorehkan malam pada kain menggunakan canting. Setelahnya kain dicelupkan pada bahan pewarna untuk memunculkan motifnya yang unik.

Berdasarkan teknik pembuatannya jenis batik yang berkembang di Indonesia sendiri dapat diklasifikasikan menjadi tiga kategori utama yakni berupa Batik Tulis, Batik Cap dan batik kombinasi yang diperoleh dari perpaduan batik tulis dan batik cap.

1. Batik  Tulis

Batik tulis merupakan merupakan kain tradisional Indonesia yang dibuat menggunakan canting tulis sebagai alat untuk menggoreskan lilin atau malam pada kain. Motif yang ditampilkan pada batik tulis sangat eksklusif.

2. Batik Cap

Batik cap merupakan kain tradisinal Indonesia yang dibuat menggunakan canting cap. Canting cap di sini bentuknya mirip seperti stempel, hanya saja bahannya terbuat dari tembaga dan dimensinya lebih besar.

3. Batik Kombinasi

Batik kombinasi merupakan kain tradisinal Indonesia yang diperoleh dari perpaduan antara batik tulis dan batik cap. Batik kombinasi ini umumnya dibuat untuk mengurangi kelemahan-kelemahan pada produk batik cap.

Selain didominasi oleh tiga jenis kain batik yang sudah disebutkan di atas anda bisa juga memilih kain Batik Jumputan dan Batik Eco Print kalau mau tampil sedikit lebih beda.

1. Batik Jumputan

Batik jumputan merupakan sejenis kain batik yang dibuat menggunakan teknik jumputan (ikat celup). Prinsip yang diterapkan untuk membuat batik jumputan yaitu dengan mengikat kencang beberapa bagian kain kemudian dicelupkan pada pewarna pakaian.

2. Batik Eco Print

Batik eco print dapat dikategorikan ke dalam jenis batik yang dibuat dengan cara mereplika bagian tumbuhan (misalnya saja dedaunan, bunga, batang bahkan ranting) ke dalam kain yang polos untuk menciptakan warna serta pola motif yang menarik.

Ide Padupadan Kain Tradisional

Ingin mencoba trend berkain juga namun khawatir terlihat salah kostum karena masih bingung bagaimana menentukan padupadannya?. Untuk memudahkan anda dalam memadupadankan kain-kain tradisional mungkin anda bisa mencontek tips berikut.

1. Kenakan Kain Sebagai Bawahan

Cara pertama kenakan kain tradisional sebagai bawahan atau busana penutup tubuh bagian bawah. Selain lebih simple dan praktis penggunaan kain tradisional sebagai bawahan tentu tidak pernah salah.

Trend Berkain

Sumber : https://ussfeed.com/

Sebagai bawahan, kain tradisional bisa dipadukan dengan bahan apapun sesuai dengan keinginan pemakainya.

  • Untuk pelengkap gaya penampilan yang sedikit formal, padukan kain dengan blazer.
  • Namun jika ingin terlihat lebih santai, memadukan kain tradisional dengan kaos dan cardigan bisa menjadi solusi yang tepat.

Simak juga pembahasan mengenai Kreasi Rok Lilit Batik Dengan Variasi Tali Pinggang.

2. Kenakan Kain Sebagai Atasan

Cara kedua kenakan kain tradisional sebagai atasan atau busana penutup tubuh bagian atas. Dalam hal ini anda bisa mengkresikan kain tradisional sebagai kemben ataupun outer yang keren.

Trend Berkain

Sumber : https://www.beautynesia.id/

3. Kenakan Kain Sebagai Dress

Tak kalah menarik dari dua ide sebelumnya anda juga bisa mengenakan kain tradisional seperti layaknya sebuah dress.

  • Penggunaan kain tradisional sebagai dress bisa menghasilkan look yang beragam dari formal sampai casual.
  • Untuk menyempurnakan penampilan, dress dari kain trasisional tersebut bisa juga dipadupadankan dengan berbagai jenis outer seperti blazer maupun cardigan, agar tampilannya makin menarik.

Trend Berkain

Sumber : https://www.kapanlagi.com/

4. Kenakan Sebagai Jumpsuit

Berikutnya kain tradisional indonesia juga bisa divariasikan menjadi jumpsuit. Jumpsuit sendiri dapat dikategorikan ke dalam jenis pakaian terusan yang diperoleh dari penggabungan blus dan celana panjang.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai trend berkain dan ide padupandannya yang bisa anda coba. Semoga kehadiran trend berkain bisa kembali menumbuhkan kecintaan generasi muda pada kain-kain tradisional Indonesia dan mengingatkan mereka untuk tetap melestarikan budaya Indonesia lainnya.

Butuh bahan kain batik berkualitas dengan harga mudah untuk pelengkap gaya sehari-hari?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Batik yang kami miliki.

Tapi kalau anda lebih tertarik untuk mengetahui seperti apa cara pembuatan kain batik, maka anda bisa menyimak video tutorialnya dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.