Article

Homepage Article Batik Latihan Membuat Pola Batik

Latihan Membuat Pola Batik

Batik dapat dikategorikan sebagai salah satu karya seni yang memiliki pola cukup unik dan dibuat dengan cara khusus yakni dengan menuliskan atau menempelkan zat malam lilin pada selembar kain untuk diproses lebih lanjut dengan pewarnaan tertentu. 

Latihan Membuat Batik

Sumber : https://www.behance.net/

Mengacu pada perkembangan trend mode yang ada, penggunaan berbagai unsur alam, teknologi, geometris, dan berbagai bentuk abstrak dewasa ini sudah menjadi hal yang biasa dalam pola batik.

Latihan Membuat Batik

Sumber : https://www.pinterest.com/

Selain mengandalkan daya cipta dan kreativitas yang tinggi, keluwesan dan kecepatan seseorang dalam membentuk suatu motif nyatanya memang sangat diperlukan dalam kegiatan membatik. Oleh karena itulah untuk menghasilkan sebuah karya batik yang indah seseorang harus melakukan banyak latihan. 

Latihan Membuat Batik

Sumber : https://www.colourbox.com/

Dalam membuat pola batik sendiri setidaknya dikenal tiga tahap latihan yang sangat penting, yakni:

  • Melatih tangan guna mencapai keluwesan dan kecepatan dalam membuat garis dan bentuk tertentu dengan cara membuat garis dan bentuk dengan pensil di atas kertas.
  • Melatih daya cipta atau kreativitas dengan cara membuat stilasi benda-benda yang ada di sekitar kemudian latihan di tingkatkan dengan menggambar benda-benda khayalan serta menggabungkan unsur-unsur gambar dalam sebuah komposisi bidang.
  • Membuat gambar (pola) menggunakan canting di atas kain. Ketrampilan dan pengalaman seorang pembatik dalam menuangkan desain di atas kain akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir pola batik yang dibuatnya.

Latihan Membuat Batik

Sumber : https://gpswisataindonesia.wordpress.com/

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara pembuatan batik, simak juga pembahasan mengenai cara Membuat Desain Pola Batik Pada Bahan Kain.

Semoga bermanfaat.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang batik?. Sahabat Fitinline bisa melihat video tutorial membatik dari kami Di Sini.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.