Article

Homepage Article Kain 10 Jenis Bahan Kain Terbaik…

10 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Adibusana

Selain menekankan pada modelnya yang mewah, adibusana umumnya juga cenderung menggunakan material utama dan pelengkap dengan kualitas terbaik. Buat anda yang mau tahu lebih detail lagi tentang jenis-jenis bahan kain yang cocok dimanfaatkan untuk adibusana langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Adibusana

Adibusana atau ngadibusono yang dikenal pula dengan nama “haute couture” dalam bahasa Perancis, merupakan salah satu teknik pembuatan pakaian tingkat tinggi yang dikerjakan secara khusus menggunakan bahan-bahan terbaik, biasanya dihiasi banyak detail dan dikerjakan dengan tangan sehingga tampilannya tampak elok, bagus dan mewah.

Adibusana

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dapat pula dikatakan adibusana mengacu pada desain busana yang dibuat secara profesional oleh para desainer dengan keterampilan dan kreativitas yang tinggi. Pakaian adibusana umumnya dibuat menggunakan material terbaik dan ditangani langsung oleh para atelier di sebuah design workshop.

  • Produk-produk adibusana biasanya dibuat secara khusus berdasarkan pesanan.
  • Merk adibusana akan menjadi yang terdepan dalam fesyen dan akan menarik paling banyak perhatian pada peragaan busana.
  • Pakaian adibusana diciptakan hanya untuk orang tertentu, karenanya pasar penjualan kembali untuk pakaian-pakaian tersebut sangat kecil.
  • Adibusana lebih merupakan pernyataan tentang gaya dan simbol status dari pada investasi keuangan baik untuk pelanggan maupun rumah mode.
  • Adibusana berperan sebagai jendela bagi para fashion designer / perancang busana untuk menunjukkan pengetahuan dan merk mereka.

Adibusana

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bahan Untuk Adibusana

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, produk-produk adibusana yang memiliki tampilan mewah dan eksklusif kebanyakan cenderung menggunakan material utama dan pelengkap dengan kualitas terbaik sehingga harga jualnya relatif mahal.

  • Kain yang digunakan untuk membuat produk adibusana umumnya lebih menekankan segi kualitas.
  • Dari segi harga bahan yang dipakai untuk membuat produk adibusana biasanya juga relatif harganya mahal dan dapat pula kain tersebut didesain secara khusus.
  • Kain yang dipakai untuk produk adibusana dapat dipilih yang teksturnya berkilau, lembut, halus dan yang paling penting disesuaikan dengan model busana yang dibuat.
  • Corak kain yang sesuai untuk adibusana dapat disesuaikan dengan model busana yang dipilih.
  • Corak kain yang dapat dipilih yaitu corak geometris seperti corak garis, corak renggaan dengan pola serak atau beraturan.
  • Tapi jika ingin menonjolkan bentuk hiasan atau detail model busana eksklusif lebih baik kain yang digunakan adalah kain yang tidak bercorak atau cenderung polos.

Beberapa contoh bahan kain atau material yang umum digunakan pada produk adibusana antara lain berupa:

1. Kain Sutra

Kain sutra dapat dikategorikan ke dalam jenis kain berkualitas tinggi yang diperoleh dari tenunan serat alami kepompong ulat sutra murbei. Kain ini umumnya mampu menyerap kelembapan sekitar sepertiga dari beratnya sendiri tanpa meninggalkan efek berat serta basah.

Untuk pembubatan produk adibusana kain sutra sendiri pada prinsipnya juga dapat dijumpai dalam berbagai macam varian yang berbeda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Taffeta silk yang mengkilap dan terkesan mewah terlebih jika ditambah dengan bordir atau sulaman.
  • Dupion silk yang mengkilap dengan tekstur kainnya yang tidak rata atau berserat.
  • Matelasse silk yang secara teknis dikenal sebagai “kain berpola”.

Adibusana

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

2. Kain Satin

Kain satin termasuk ke dalam jenis kain yang ditenun menggunakan teknik serat filamen seperti sutra (silk), nilon atau polyester untuk mendapatkan permukaan kain yang glossy dan berkilau sehingga lebih terkesan mewah saat digunakan.

Seperti halnya kain sutra yang sangat populer dalam dunia tekstil, kain satin sendiri sebenarnya dapat dijumpai dalam banyak variasi bahan yang berbeda. Salah satu yang cocok digunakan untuk adibusana yakni berupa satin duchesse.

  • Kain satin duchesse / kain satin bridal sebenarnya termasuk ke dalam jenis kain satin berkualitas tinggi yang sangat cocok dipakai untuk gaun maupun kostum fantasi.
  • Kain satin duchesse / kain satin bridal cukup kaku, tebal, tidak mudah robek dan tampilannya terkesan mengembang saat digunakan.
  • Kain satin duchesse / kain satin bridal memiliki tampilan yang shiny sehingga memberikan kesan mewah.

Adibusana

Sumber : https://fitinline.com/

3. Kain Organza

Kain organza merupakan sejenis kain tipis yang dibuat dengan tenunan polos. Kain ini dulunya banyak dibuat dari serat sutra, namun karena harganya cukup mahal saat ini banyak yang dibuat dari bahan sintetis seperti serat nilon dan serat poliester.

Adibusana

Sumber : https://www.tissus-en-ligne.com/

4. Kain Damask

Kain damask merupakan sejenis kain yang memiliki pola atau motif karena efek tenunan jacquard. Kain ini umumnya dapat diproduksi dari bahan serat tertentu tergantung dari maksud dan pemanfaatan yang diinginkan. 

  • Kualitas kain damask dipengaruhi oleh kualitas bahan dan banyaknya penggunaan benang yang dipakai.
  • Pemakaian benang yang rendah akan mempengaruhi daya pakai kain dan berpotensi membuat kain menjadi kendor dan slip bahkan putus saat pemakaian.

Adibusana

Sumber : https://beaumontfabrics.co.uk/

5. Kain Lame

Kain lame merupakan sejenis kain tenun atau rajutan dengan pita tipis dari serat logam, di mana pita tersebut dililitkan di sekitar benang serat.

Adibusana

Sumber : https://oneyard.shop/

6. Kain Wol

Kain wool merupakan sejenis kain yang memiliki sifat cukup berat, hangat dan halus. Untuk membuatnya bulu hewan yang telah dicukur mula-mula dikumpulkan dan dibersihkan, dipilin menjadi benang kemudian diproses lebih lanjut hingga membentuk lembaran kain.

Selain dibuat dari bulu binatang seperti domba, unta dan jenis kambing tertentu, terdapat pula kain wol yang dikombinasikan dengan berbagai serat lain seperti katun, linen ataupun polyester.

Adibusana

Sumber : https://www.chienvert.com/

7. Kain Brokat

Kain brokat merupakan kain yang kaya akan dekorasi, tampilannya terkesan mewah dan variasi motifnya ada banyak.

Adibusana

Sumber : https://www.tokopedia.com/

8. Kain Beludru

Kain beludru merupakan sejenis kain yang memiliki permukaan berbulu halus sama rata dan biasa dibuat dari fiber sintetis maupun alami.

Adibusana

Sumber : https://id.aliexpress.com/

9. Kain Georgette

Kain georgette merupakan sejenis kain sutra crepe yang tipis dan ringan seta memiliki tekstur berbentuk kerutan pada permukaannya. Ketika diaplikasikan pada sebuah busana, kain ini dapat memberikan kesan seolah-olah tampak seperti bergerak sendiri ketika tertiup angin.

Adibusana

Sumber : https://www.indiamart.com/

10. Kain Tile

Kain tile atau tulle termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki ciri khas seperti jaring kecil yakni permukaannya berlubang-lubang sehingga menjadikan tampilannya tampak transparan. Meski cenderung transparan tapi kain ini tetap terbilang cukup kuat dan tahan lama.

Adibusana

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi bahan kain terbaik yang dapat anda pilih untuk membuat koleksi adibusana. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Selain menggunakan sejumlah bahan yang sudah disebutkan di atas, produk adibusana bisa juga diciptakan dari berbagai jenis kain tradisional yang ada di Indonesia. Misalnya saja kain batik, kain lurik, kain songket dan berbagai jenis bahan lain yang tidak kalah menarik.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.