Article

Homepage Article Kain Tekstil Kain Pelapis Untuk Membuat…

Kain Pelapis Untuk Membuat Bustier/Camisol

Bustier atau Camisol merupakan salah satu pakaian dalam bagi wanita yang biasa dipadukan dengan menggunakan kebaya. Dalam proses pembuatan bustier ada beberapa lapisan yang harus sahabat fitinline ketahui yaitu bahan utama untuk bustie, interfacing, interlining dan lining.

1. Bahan Utama Bustier Atau Camisol

Untuk jenis bahan bustier sendiri macamnya banyak sekali, seperti satin bridal (lebih tebal), satin velvet, satin silk/satin polos, thaisilk, maxmara polos, serta bahan lain yang cenderung menkilap.

Gambar Kain Satin Silk/Satin Polos

Pelapis Bustier

Sumber : https://bektiwinarnikk.wordpress.com

Gambar Kain Satin Bridal

Pelapis Bustier

Sumber : https://gamisjilbabsyari.com

2. Interfacing

Kegunaan interfacing yaitu sebagai bahan pelapis yang membantu kain utama jadi lebih stiff (kaku). Jenis interfacing yang digunakan yaitu fusible interfacing. Fusible yaitu nama lain dari adhesive/lem, jadi fusible interfacing merupakan bahan pelapis yang menggunakan lem. Bahan yang biasa dipakai yaitu mori gula/kain pasir. Cara pemakaiannya yaitu dengan meletakkan mori gula/kain pasir  (bagian yg terdapat pasir/gula) pada bagian buruk bahan utama bustier, kemudian press dengan menggunakan seterika.

Gambar Mori Gula/Kain Pasir

Pelapis Bustier

Sumber : https://www.tokopedia.com

3. Interlining

Interlining ini terletak diantara interfacing dan lining, bahan yang digunakan lembut, tipis dan ringan. Interlining yang digunakan untuk bustier yaitu viselin.  Kegunaan interlining hampir sama dengan interfacing. Cara pemakaiannya yaitu dengan meletakkan viselin (bagian yg terdapat lem) pada bagian buruk lining/vuring, kemudian press dengan menggunakan seterika.

Gambar Viselin

Pelapis Bustier

Sumber : https://www.voguefabricsstore.com

Gambar Viselin Yang Sudah Dipress Pada Bahan Lining Bustier

Pelapis Bustier

Sumber : http://kembenkoe.blogspot.com

4. Lining

Lining biasa disebut juga dengan vuring. Lining merupakan bahan pelapis yang memberikan penyelesaian rapi serta rasa nyaman terhadap kulit. Lining untuk bustier menggunakan kain seperti euro, cotton, asahi, abutai dan bahan furing lainnya yang tipis dan ringan. Pilihlah warna lining/vuring sesuai dengan bahan utama bustier.

Gambar Kain Asahi

Pelapis Bustier

Sumber : https://www.indotrading.com

Gambar Lining/Vuring Pada Bustier Yang Sudah Jadi

Pelapis Bustier

Sumber : http://kursusjahityogya.blogspot.com

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sahabat fitinline.


Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.