Article

Homepage Article Kain 11 Jenis Kain Parasut Yang…

11 Jenis Kain Parasut Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kain parasut atau dalam bahasa pabrik dikenal dengan istilah Tafetta merupakan salah satu jenis bahan kain yang tipis dan ringan. Kain ini sangat cocok jika dipakai untuk membuat cover (lapisan pelindung), furing, jaket maupun produk konveksi lainnya.

Kain Parasut

Sumber : http://fashionstore.rezine-magz.com/

Bahan baku yang digunakan pada pembuatan kain parasut adalah sejenis poliester. Jenis bahan ini berasal dari serat sintetis atau buatan dari hasil pengolahan minyak bumi yang kemudian diproses menjadi serat fiber poly. 

Kain Parasut

Sumber : http://alfin-corner.blogspot.com/

Dilihat dari bahan baku pembuatnya hampir dapat dipastikan jika bahan kain parasut ini pada umumnya tidak dapat menyerap keringat sehingga kurang cocok jika dikenakan pada udara panas. Tetapi bahan parasut ini sangat mudah dibersihkan, cepat kering dan tidak menimbulkan bau. 

Kain Parasut

Sumber : http://abizia-grafika.blogspot.com/

Dinamakan bahan kain parasut, karena pada awalnya jenis kain ini digunakan untuk parasut yang dipakai oleh penerjun payung di udara. Namun jenis parasut untuk sandang tentu saja kualitas kain dan tingkat ketebalan bahannya berbeda dengan parasut yang dipakai untuk terjun payung.

Kain Parasut

Sumber : http://rendyariesta.blogspot.com/

Kain parasut yang dipakai dalam pembuatan produk konveksi biasanya memiliki tingkat ketebalan dan kekuatan kain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

Kain Parasut

Sumber : http://rendyariesta.blogspot.com/

Secara keseluruhan bahan parasut mengandung plastik. Beberapa ada yang tebal, kuat, serta lembut, namun ada juga bahan parasut yang tipis, kasar bahkan tembus pandang. Mau tahu jenis-jenis kain parasut apa saja yang dapat digunakan untuk pelengkap kebutuhan kita?. 

Kain Parasut

Sumber : http://mallonlineindonesia.com/

Kain Parasut Biway

Bahan parasut biway tergolong bahan yang mempunyai sifat menahan air (water repellent). Kain parasut jenis ini mempunyai lapisan bawah berwarna putih dengan permukaan bagian atasnya mempunyai motif.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Parasut Oxford

Kain parasut oxford sebenarnya termasuk kedalam jenis kain poliester yang memiliki tektur kain berbentuk jalinan oxford yang memberikan sensasi berstekstur pada permukaannya. Karakteristik bahannya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Disisi lain kain ini juga tidak memiliki sifat anti air.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Parasut Ripstop

Kain parasut ripstop merupakan jenis kain parasut yang memiliki coating (lapisan anti air) bening/transparan dengan tektur kotak-kotak. Kain ini biasa digunakan untuk membuat tas maupun jaket.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Parasut Silver

Kain parasut silver merupakan jenis kain parasut yang terkenal kuat, tahan lama, dan mempunyai sifat water resistant yaitu tahan air pada kondisi air mengalir (bukan menggenang). Sesuai dengan namanya bagian buruk dari kain ini umumnya berwarna silver yang merupakan coating (pelapis anti air). 

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Parasut Super

Kain parasut super merupakan jenis kain parasut yang permukaannya mengkilap. Jenis kain parasut ini tidak memiliki sifat waterproof atau water-resistant. Biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat bendera, mukena, dan lain-lain.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Parasut Coating Bening

Kain parasut bening sebenarnya termasuk kedalam jenis bahan parasut yang mempunyai coating bening (transparant) di bagian buruk bahan kainnya, sementara bagian baik kainnya tetap berwarna. Kain ini mempunyai sifat water-resistant sehingga sangat sesuai jika digunakan untuk membuat jaket atau keperluan sandang.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Parasut Tipis

Kain parasut tipis merupakan jenis kain parasut yang mempunyai tekstur menyerupai kain parasut super namun tidak mengkilap. Jenis kain ini tidak waterproof/water-resistant. Penggunaan biasanya untuk kain furing jaket.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain parasut tipis yang dikenal pula sebagai bahan parasut furing ini dikenal sangat tipis, sehingga lebih sesuai jika digunakan sebagai bahan pelapis atau furing pada jaket. Untuk membuat model jahitan kotak diagonal atau memberikan kesan tebal pada jaket, bahan ini biasanya dikombinasikan dengan dakron.

Kain Parasut Balon

Kain Parasut jenis ini bersifat waterproof karena memiliki coating jenis Balon. Kain ini biasanya digunakan untuk kepentingan outdoor, seperti tenda, payung, maupun coat dan jarang digunakan untuk sandang.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Parasut Kusut

Seperti namanya jenis kain ini merupakan kain parasut yang memiliki tekstur bergelombang/kusut, lembut, dingin, dan licin. Jenis bahan ini biasa digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan hammock karena memiliki sifat waterproof (anti air).

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Parasut Milky

Kain parasut milky yang bias digunakan untuk membuat jaket/keperluan sandang (bukan untuk keperluan outdoor seperti tenda) termasuk kedalam jenis kain parasut yang mempunyai sifat water-resistant (tahan air dalam kondisi air mengalir/bukan menggenang). Kain parasut ini mempunyai coating milky (warna putih susu). 

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Parasut Metalik

Kain Parasut Metalik termasuk kedalam salah satu jenis bahan kain parasut water-resistant yang biasanya dipakai untuk jas hujan atau pelindung/pembungkus benda-benda supaya tidak basah. Berbeda dengan kain waterproof, jenis kain water-resistant hanya tahan air pada kondisi air mengalir (tidak menggenang).

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Semoga artikel hari ini bisa menambah pengetahuan Sahabat Fitinline mengenai jenis kain. Semoga bermanfaat.

 

Mencari bahan kain parasut berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain parasut kami Di Sini.

Kain Parasut

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.