Article

Homepage Article Cara Menjahit Jahitan Tangan Esensial…

Jahitan Tangan Esensial (Bagian 3 - Habis)

Pada bagian akhir ini, kita akan bahas stik Lilit, stik Kelim Susup dan stik Insang/Selimut. 

8) Stik Lilit (Overcast Stitch)

Gunakan jahitan ini untuk penyelesaian atau mengamankan tepi kain yang penuh tiras-tiras benang supaya tidak gampang rontok. Jahitan ini mirip whip stitch, tapi jaraknya lebih lebar dan jauh. Jarak dengan tepi kain kurang lebih 3 mm.

Stik Lilit

9) Stik Kelim Susup (Blind Hemming)

Jahitan yang mirip slip stitch ini haruslah tidak tampak (tersembunyi) dari bagian baik kain berguna untuk menciptakan kelim busana, tirai, dan gorden. Kelim yang telah dijahit dengan tehnik seperti ini biasanya dibiarkan tidak dipampat (press) pada tepi kelimnya supaya memberi kesan tepi kelim yang bulat dan halus. 

Stik Kelim Susup

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

  1. Balik tepi kelim yang kasar ke dalam, paling tidak 13 mm, kemudian tekan dengan jari. Amankan posisi lipatan ini dengan jarum-jarum pentul.
  2. Dengan menggunakan benang yang sama warna kain, jahitan dimulai di atas kampuh, dan dengan hati-hati masuk ke dalam ruangan pada kampuh yang tebal oleh lipatan.
  3. Saat jarum di dalam, ambil 1-2 serat kain utama sebelum mengembalikan jarum ke luar, kira-kira 6-13 mm. Teruskan menjahit dengan cara seperti tanpa meninggalkan jejak pada bagian baik kain.

Saat melipat tepi kelim yang kasar, bisa juga diselipkan perekat (misalnya selotip kertas). Ini gunanya selain menggantikan jarum pentul, juga bisa sebagai tempat mengaitkan benang di dalam kampuh hingga akhirnya jejak jahitan benar-benar tidak terlihat pada bagian baik kain

10) Stik Insang/Selimut (Blanket Stitch)

Paling sering digunakan sebagai stik dekoratif, jahitan ini mirip dengan whip stitch karena jarum selalu melewati kain pada sisi yang sama, tapi jarum dibawa melewati lingkaran jahitan, membentuk serangkaian cincin yang menyelimuti tepi kain.

Stik Insang/Selimut

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Dimulai dari belakang, melintasi bagian atas pinggiran kain, bawa jarum ke belakang, melintasi bagian atas tepi kain, kembalikan ke depan dengan jarak dari tepi kira-kira 6mm. Tarik jarum agak kuat, hingga cincin yang dibentuk oleh benang terikat kencang pada pinggiran kain. Ulangi proses ini hingga selesai.

Stik Insang/Selimut

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.