Article

Homepage Article Cara Menjahit Jahitan Tangan Esensial…

Jahitan Tangan Esensial (Bagian 2)

Melanjutkan bahasan sebelumnya, kali ini kita akan membahas stik Jimpit, stik Soom, stik Cambuk dan stik Silang. Selamat menyimak ..

4) Stik Jimpit (Prick Stitch)

Ini adalah tehnik jahitan halus yang tidak akan kelihatan pada bidang muka, sehingga tidak akan merusak tampilan busana. Pada bagian baik kain, jahitan akan terlihat seperti pentolan berukuran super kecil, sedang pada bagian buruknya mirip running stitch.

Stik Jimpit

Untuk menciptakan jahitan berbentuk pentolan kecil-kecil seperti ini, jarum ditusukkan kembali pada bagian muka dengan mengambil 2-3 serat kain. Kemudian tarik kembali jarum dari bidang belakang dengan jarak 3-6 mm menembus ke depan, kemudian kembali ke langkah awal.

Stik Jimpit

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

5) Stik Soom (Slip Stitch)

Ini adalah jahitan yang juga tidak tampak pada bagian baik kain, dan digunakan untuk menjahit bukaan jahitan, menyematkan dan mengamankan pinggiran kain yang telah dipangkas rapi ke kain utama sehingga kelim (hem) tampak rapi. Stik ini dibentuk lewat jarum yang menembus secara tegak lurus melintasi dua bagian kain yang akan digabungkan, dengan benang dilewatkan di dalam lipatan.

Stik soom

Tarik jarum menembus tepi kelim yang sudah dilipat rapi, kemudian ambil 1-3 serat kain lapisan atau kain utama. Tarik jarum kembali dari lipatan kelim, sedikit di depan sudut jahitan ruas jahit sebelumnya. Ulangi langkah ini hingga selesai.

6) Stik Cambuk (Whip Stitch)

Jahitan ini manfaatnya untuk menyematkan dua tepi kain yang sudah rapi terpangkas, misalnya untuk menyematkan applikasi pada busana, seperti bet, sulam pita dan sebagainya. Jahitan tangan ini dibentuk oleh jarum melalui tepi kain selalu dari sisi yang sama, dan hasil jahitannya akan menyelubungi tepi kain seperti spiral .

Stick cambuk

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Dari bidang belakang, tusukkan jarum ke depan kira-kira 3 mm dari atas tepian kain. Dengan membawa jarum kembali ke kain utama, ambil 1-2 serat kain sebelum menembus tepian kain yang telah dipangkas rapi. Jahitlah dengan cara yang sangat berdekatan satu sama lain.

7) Stik Silang (Cross Stitch)

Jahitan ini bermanfaat untuk menjaga lipatan tetap berada pada posisinya, saat disematkan pada lapisan atau kain yang lain. Harap diperhatikan walau bidang muka jahitannya tampak seperti menyilang, bidang belakang tidaklah sama, melainkan akan tampak seperti susunan tangga bambu.

Stik silang

  1. Mulailah dari salah satu pinggiran kain dan tarik jarum menembus bidang depan, dengan jarak kira-kira 6 mm dari tepi kain.
  2. Tusukkan jarum ke belakang, secara melintang, menjauhi jahitan sebelumnya dengan jarak kira-kira 6mm, kemudian tarik kembali jarum ke bidang depan, tarik, kemudian tusukkan kembali menjauhi titik sebelumnya dengan cara yang sama.
  3. Setelah sampai pada pinggiran kain yang lain, bawa jarum kembali ke arah yang berlawanan (berbalik ke tempat asal mula jahitan), kemudian mulai menjahit dengan cara yang sama secara melintang.

Bersambung ...

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.