Article

Homepage Article Cara Menjahit Jahitan Tangan Esensial…

Jahitan Tangan Esensial (Bagian 1)

Saat terburu waktu, sebagian besar proyek jahit-menjahit memang dikerjakan dengan mesin. Namun menjahit dengan tangan juga tetap esensial dalam membantu proses jahit-menjahit, finishing, atau dalam menangani proyek-proyek spesial misalnya menciptakan busana couture (adi busana yang sebagian besar pengerjaannya dengan tangan). Ingat, supaya jahitan lurus dan rapi, jangan malas untuk menggaris jalur jahitan dengan kapur atau menandai dengan jarum pentul. Berikut adalah ragam jahitan tangan yang umum dipakai. 

1) Stik Jelujur (Running Stitch) 

Ini adalah metode menjahit dalam garis lurus yang berguna untuk menggabungkan dua lapis kain atau lebih. Jahitan biasanya dikumpulkan dalam sekali tarikan benang. Kita akan menghasilkan jahitan dengan ruang kosong di antara dua ruas jahit, dan hasilnya akan tampak sama antara muka dan belakang. Panjang benang tergantung dari kebutuhan tapi max 60 cm (kalau terlalu panjang akan mudah kusut), sedang lebar ruang jahitan 3-6 mm.

Stik jelujur

 

Jahitan langsung disimpulkan saat selesai.

Simpul jahitan

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

2) Stik Kerut (Gathering Stitch)

Jenis jahitan ini berguna untuk menarik satu bidang kain yang panjang supaya pas saat disesuaikan dengan bidang kain lain yang lebih pendek. Umumnya juga digunakan untuk mengerutkan kain. Lebar ruas jahit kurang lebih 13 mm. Ambil 3-4 jahitan sekaligus dalam sekali tarikan, kemudian sisakan benang yang panjang di akhir jahitan, untuk menarik kain tersebut. Sesuaikan secara merata lipatan dan kerutan yang terjadi sepanjang bidang itu. Kalau kain yang akan dikerut ini panjang, maka bagilah bidang jahitan menjadi 2-3 bagian untuk mencegah putusnya benang.

Stik kerut

3) Stik Belakang (Back Stitch)

Jahitan ini dibentuk secara terbalik. Jarum ditarik dari kain sepanjang satu ruas jahit, kemudian menembus lagi ke dalam kain pada titik di mana muncul benang dari ruas jahit sebelumnya.

Stik belakang

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Karena jauh lebih tahan lama dan aman daripada running stitch, ini adalah pilihan terbaik untuk menyelesaikan busana yang dijahit dengan menggunakan tangan. Jahitan ini hasilnya akan menyerupai jahitan mesin; yaitu tidak ada ruang kosong antara ruas jahitan baik di bagian muka ataupun bagian belakang.

1. Amankan benang pada tepi salah satu bidang kain, lalu tusukkan jarum menembus bagian belakang, sekaligus menusukkannya ke depan kembali, di depan tusukan yang pertama, kira-kira 3 mm. Tarik benang.

Stik belakang - langkah 1

2. Tusukkan jarum di belakang titik keluar benang yang sebelumnya, kira-kira 3 mm, lalu tusukkan ke depan kembali, maju 3 mm. Kalau dilakukan dengan benar maka jahitan memang akan sedikit menindas satu sama lain pada titik ruas jahit sebelumnya.

Stik belakang - Langkah 2

Bersambung ...

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.