Article

Homepage Article Cara Menjahit Tips Menjahit Kain Spandek

Tips Menjahit Kain Spandek

Spandek merupakan bahan kain yang terbuat dari gabungan serat sintetis dengan serat sintetis lainnya seperti poliester maupun serat sintetis dengan serat alam seperti katun. Jenis kain yang bersifat elastis dan memiliki karakteristik lembut ini banyak dimanfaatkan untuk membuat baju renang, kostum ballet, maupun pakaian olahraga lainnya. Untuk pertama kalinya spandek ditemukan oleh perusahaan Du Pont pada tahun 1947 dengan sebutan “fiber-K”dan terus dikembangkan oleh perusahaan tersebut sehingga lahirlah spandek generasi baru yang diberi nama “lycra” pada tahun 1959.

Spandek

Sumber : http://www.danamadeit.com/

Berbeda dengan teknik menjahit kain pada umumnya, dalam menjahit bahan spandek dibutuhkan teknik dan keterampilan tersendiri. Penggunaan alat pemotong yang baik menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dipersiapkan, oleh karena itu gunakan gunting atau rotary cutter yang sangat tajam untuk memotong kain dan meminimalisir peregangan kain. 

Spandek

Sumber : http://www.danamadeit.com/

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Dalam menjahit kain spandek usahakan untuk memakai benang berkualitas dari bahan polyester atau nylon serta jarum baru yang berujung tajam sehingga diperoleh suatu jahitan yang lebih rapi, kuat dan tidak merusak bahan kain. Sebagai penyelesaian bagian tepi kain gunakan mesin overlock benang tiga atau empat untuk mempertahankan tingkat keelastisan bagian tersebut. 

Spandek

Sumber : http://clothesandsewing.blogspot.com/

Gunakan kertas sebagai pelapis bagian atas serta bawah kain untuk menahannya agar tidak tergelincir dan mengalami peregangan yang terlalu banyak ketika kain dijahit. 

Spandek

Sumber : http://www.designsbysessa.com/

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Sesuaikan ketegangan benang atas dan bawah pada mesin jahit untuk menghindari timbulnya kerutan pada hasil jahitan. Sahabat fitinline juga bisa bereksperimen menggunakan twin needle (jarum kembar) untuk membuat jahitan pada bagian topstitching. Penggunaan twin needle ini akan menghasilkan dua baris jahitan di atas dan jahitan zig zag di bagian bawah.

Spandek

Sumber : http://clothesandsewing.blogspot.com/

Spandek

Sumber : http://www.threadsmagazine.com/

Semoga bermanfaat.

Tags : belajar menjahit, kursus jahit online, jahit baju online

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.