Article

Harem Pants

Harem pants merupakan jenis celana yang populer dinegara Timur Tengah sebagai kostum belly dancing atau penari perut. Berbeda dengan model celana pada umumnya, harem pants yang berasal dari Jazirah Arab ini memiliki potongan longgar dari bagian selangkangan hingga bawah lutut seolah-olah menyerupai rok dan meruncing dibagian pergelangan kaki. Sebagai kostum belly dancing penggunaan harem pants biasanya dipadukan dengan rok lipit pendek untuk menutupi bagian atasnya yang mengembang. 

 

Harem Pants

Sumber : http://www.thefashionpolice.net/

Sejak awal kemunculannya, harem pants banyak dikenakan oleh para wanita Persia sebagai perlambang nilai-nilai kesopanan yang berlaku dinegara tersebut. Hal ini dapat dilihat melalui gaya dan desain celana yang longgar disekitar pinggul dan kaki untuk menyembunyikan lekuk tubuh pemakainya. Selama beberapa peridoe, harem pants diartikan lebih dari sekedar pakaian penutup tubuh melainkan sebagai bagian gaya berbusana dalam kehidupan masyarakat setempat.

Harem Pants

Sumber : http://grosirbajumuslimodern.blogspot.com/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Dalam budaya barat, harem pants mulai dikenal di Amerika dan Eropa Barat ketika designer Perancis bernama Paul Poiret mulai mengadopsi gaya oriental dan persia kedalam koleksi rancangannya ditahun 1909. Pada masa itu para wanita sengaja meniru gaya berpakaian kaum pria dengan tujuan untuk mengaburkan batasan diantara keduanya atas dasar kesetaraan gender.

Harem Pants

Sumber : http://jeans.yournextshoes.com

Sebagai pelengkap gaya berbusana wanita dan pria modern, harem pants kemudian mengalami berbagai modifikasi kedalam bentuk yang lebih modis. Meski tetap mempertahankan bentuk aslinya yang menyempit pada pergelangan kaki, namun bagian atas harem pants mayoritas dibuat dengan potongan yang tidak terlalu longgar. 

Harem Pants

Sumber : http://www.aliexpress.com/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Model harem pants dengan versi yang lebih modern dipopulerkan pada akhir 1980-an oleh seorang rapper, dancer, sekaligus aktor asal Amerika bernama Stanley Kirk Burrell yang lebih populer dengan sebutan MC Hammer. Sejalan dengan perkembangan budaya pop Amerika, harem pants mulai dikenal oleh banyak orang dan menjadi salah satu celana istimewa yang dapat digunakan untuk menyamarkan bentuk tubuh pemakainya yang kurang menarik sehingga terlihat lebih proporsional.

Harem Pants

Sumber : http://mensclothingfashions.blogspot.com/

Oleh sebagian orang harem pants dikenal pula sebagai aladdin pants, balloon pants, pantaloons, pumphose, dan hmong pants dinegara Thailand. Untuk memberikan kenyamanan pada pemakainya, beberapa designer memanfaatkan bahan kaus atau katun jersey untuk membuat harem pants. Karakter keduanya yang dingin dan tahan terhadap panas sangat sesuai untuk membuat celana tersebut. 

Harem Pants

Sumber : http://www.feminiya.com/

Semoga bermanfaat.

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.