Article

Homepage Article Fashion Design Fashion Forecasting

Fashion Forecasting

Dalam dunia desain fashion, forecasting dapat didefinisikan sebagai seni sekaligus ilmu yang dapat digunakan untuk memprediksi sebuah trend fashion yang berkembang dimasa yang akan datang. Bisa berbentuk detail warna dan jenis kain yang akan disukai pada musim tertentu maupun style fashion yang dipengaruhi oleh budaya tertentu. Meski kelihatannya cukup sederhana, namun untuk memastikan bahwa trend yang diramalkan benar-benar laku dipasaran tentu bukan perkara mudah. 

 

Fashion Forecasting

Sumber : http://summerfashion2014.thesubtlestudio.com

Bahkan perusahaan fashion berskala besar sekalipun harus memastikan bahwa koleksi atau konsep yang disajikan untuk musim ini memiliki benang merah dengan koleksi yang akan diluncurkan untuk musim depan, dan seterusnya. Sehingga kain-kain yang telah digunakan pada musim-musim tertentu bisa kembali digunakan dan diaplikasikan untuk menciptakan model busana lainnya. 

Fashion Forecasting

Sumber : http://www.slideshare.net

Berbeda dengan fashion designer, keahlian utama yang dimiliki oleh seorang fashion forecaster mencakup kemampuan untuk membaca dan menganalisa selera konsumen dari berbagai sumber referensi dan data yang ada. Termasuk pengetahuan tentang history, tren, dan style fashion, serta pengenalan material, warna, struktur, dan komposisi detil fashion yang mencakup pola, ilustrasi, dan styling. 

Fashion Forecasting

Sumber : http://driverlayer.com

Oleh sebab itulah, dalam melakukan pekerjaannya fashion forecaster lebih banyak menghabiskan waktu dengan tumpukan data yang dikumpulkannya dari majalah, website fashion, informasi fashion show dari seluruh dunia, hingga rekap penjualan dari berbagai department store terkemuka. 

Fashion Forecasting

Sumber : http://www.seattleboutiqueblogspot.com

Data-data yang telah dikumpulkan selama kurun waktu tertentu kemudian dianalisa untuk melihat tinggi rendahnya angka penjualan serta minat konsumen terhadap produk tertentu, hingga mereka menemukan sebuah metode yang dapat digunakan untuk menentukan sebuah trend busana wanita yang akan dikembangkan dimasa mendatang. 

Fashion Forecasting

Sumber : http://www.slideshare.net

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa forecasting merupakan salah satu bagian terpenting yang memiliki peran cukup besar dalam memperkirakan dan menilai segala perubahan yang terjadi dalam dunia fashion secara global. 

Fashion Forecasting

Sumber : http://www.gopixpic.com

Semoga bermanfaat.

Tags : busana wanita, designer indonesia, gaun batik pesta, kebaya batik, gaun pesta batik, baju bagus, desain baju, design baju batik, fashion designer, desainer baju

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.