Article

Dress Code

Dress Code merupakan instruksi mengenai tata cara berpakaian yang harus dikenakan seseorang dalam suatu pertemuan, meeting, pesta, maupun acara resmi lainnya. Hal ini bertujuan agar tamu yang diundang bisa menyesuaikan busana yang akan dikenakannya dengan tema acara yang diselenggarakan sehingga tercipta nuansa yang nyaman sesuai keinginan penyelenggara acara tersebut. Dengan kata lain instruksi tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya salah kostum serta membantu meningkatkan profesionalisme seseorang dihadapan orang lain. 

Dress Code

Sumber : http://www.becomegorgeous.com/

Bagi kaum bangsawan Eropa penggunaan dress code pada abad pertengahan silam, menjadi salah satu faktor pembeda yang menunjukkan identitas dirinya diantara kelas sosial lainnya. Bahkan hingga saat ini, dress code telah menjadi bagian penting dari gaya berpakaian masyarakat modern dan seringkali dianggap sebagai katalisator yang mencerminkan strata maupun status sosial seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Berikut beberapa istilah dress code yang biasa dicantumkan dalam sebuah undangan atau pertemuan penting.

Dress Code

Sumber : http://amelie-et-logan.se-disent-oui.fr/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Cocktail Attire

Cocktail attire merupakan dress code yang biasa dianjurkan untuk dikenakan pada acara pesta semi formal. Model busana yang sesuai untuk menghadiri acara semacam ini umumnya berupa gaun mini sepanjang batas lutut atau sedikit dibawahnya dengan warna yang cerah dan lebih atraktif. Dapat pula dipadukan dengan penggunaan pump shoes klasik hingga ankle boots serta aksesoris berupa clutch yang berukuran agak besar. 

Dress Code

Sumber : http://www.dressesonly.nl/

Smart Casual

Smart casual biasanya tertera dalam undangan kantor yang berkaitan dengan bisnis atau akademi dengan mengusung konsep acara yang sedikit resmi. Pilihan busana yang sesuai untuk menghadiri acara ini sebisa mungkin harus mencerminkan profesionalisme seseorang meskipun busana yang dikenakannya terkesan lebih santai. Sahabat fitinline bisa memadu padankan pengunaan rok dengan turtle neck atau celana khaki dengan blus lengan pendek yang dibalut cardigan atau jaket. Pilih sepatu flat atau yang berhak pendek seperti kitten heels sebagai alas kakinya.

Dress Code

Sumber : http://etiquette-tips.com/

Casual Chic

Casual chic dress code biasa muncul dalam acara yang cukup beragam, mulai acara makan malam hingga acara kantor. Busana yang memberikan kesan santai namun tetap sophisticated seperti perpaduan dress dengan sepatu sandal casual sangat sesuai dengan tema acara ini. Sebagai pelengkap dapat pula ditambahkan penggunaan aksesoris yang klasik untuk membuat gaun modern menjadi tampak seimbang.

Dress Code

Sumber : http://silk-n-spice.blogspot.com/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

White Tie

White tie merupakan dress code yang biasa ditujukan untuk pesta dikalangan kerajaan, malam amal, dan pertunjukan opera. Gaun pesta dengan rok berbentuk lebar ala putri raja yang menjuntai hingga lantai sangat serasi jika dipadukan dengan perhiasan yang berkilauan. Untuk menyempurnakan penampilan anda, sahabat fitinline bisa menambahkan penggunaan sarung tangan, sepasang selop cantik dan clutch mewah untuk menghiasi penampilan anda. 

Dress Code

Sumber : http://www.countessclaire.com/

Black Tie

Black tie dress code merupakan tata cara berbusana untuk jamuan makan malam maupun pesta dansa yang dikemas dalam balutan konsep bernuansa formal. Bagi kaum pria penggunaan tuxedo, celana hitam, kemeja putih, lengkap dengan dasi kupu-kupu hitam sangat dianjurkan untuk menghadiri acara semacam ini. Sementara untuk wanita bisa mengenakan gaun malam berbahan sifon, velvet, satin, dan sutera dengan panjang bervariasi mulai dari bawah lutut hingga sebatas mata kaki. Kenakan pula alas kaki berupa sandal bertali atau selop dari bahan velvet maupun satin untuk menampilkan kesan lebih mewah dan berkelas. 

Dress Code

Sumber : http://www.ties.com/

Uniknya meski instruksi mengenai dress code tertentu tidak selalu dituangkan dalam bentuk tulisan, pada wawancara kerja atau upacara pemakaman seseorang dengan sangat patuh akan mengenakan busana bernuansa gelap atau putih sebagai pilihan gaya berbusana mereka. Semoga bermanfaat.

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.