Article

Homepage Article Cara Menjahit DIY : Membuat Kreasi Sarung…

DIY : Membuat Kreasi Sarung Tangan Oven Dari Bahan Kain

Buat sendiri yuk kreasi sarung tangan oven atau oven mitt agar lebih hemat dan proses memasak yang kamu lakukan tetap berjalan dengan lancar. Untuk kamu yang suka bereksperimen langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sarung Tangan Oven

Sarung tangan oven atau oven mitt dikenal sebagai salah satu perlengkapan dapur yang memiliki fungsi cukup penting untuk melindungi tangan dari risiko terbakar saat mengeluarkan loyang dari oven maupun mengangkat peralatan dapur yang panas.

Kreasi Oven Mitt Kreasi Oven Mitt

Sumber : https://anchalproject.org/

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya sarung tangan oven atau oven mitt sendiri biasanya banyak terbuat dari bahan yang tahan panas seperti bahan serat kaca atau bahan kain dengan lapisan isolasi termal di bagian dalamnya.

  • Sarung tangan oven atau oven mitt biasanya dirancang dengan bentuk yang ergonomis agar mudah digunakan dan pas di tangan.
  • Beberapa model sarung tangan oven juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti permukaan anti-selip atau bahan yang tahan air.
  • Sarung tangan oven sangat penting untuk melindungi tangan dari panas saat memasak di oven, memanggang atau menggunakan peralatan masak lainnya yang panas.
  • Penggunaan sarung tangan oven dapat membantu mencegah terjadinya luka bakar dan memungkinkan kita untuk memasak dengan lebih nyaman dan aman.

Cara Membuat Sarung Tangan Oven

Tertarik untuk membuat sarung tangan oven atau oven mitt sendiri tapi masih belum memiliki gambaran mengenai cara membuat pola dan menjahitnya. Biar lebih mudah kamu bisa mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sarung tangan oven atau oven mitt. Beberapa alat dan bahan yang dimaksud yakni berupa:

  • Kertas tebal dan pensil untuk membuat pola sarung tangan oven.
  • Bahan kain yang mudah dijahit seperti halnya kain katun, kain linen, kain blacu ataupun kain kanvas sebagai bahan utamanya.
  • Satu lembar bahan kain untuk pelapis sarung tangan oven.
  • Dakron lembaran untuk mengisi bagian dalam sarung tangan oven.
  • Gunting yang tajam untuk memotong bahan kain dan juga dakron lembaran.
  • Mesin jahit, jarum jahit dan benang jahit untuk menyatukan potongan-potongan bahan kain.
  • Mesin obras untuk mengobras sekaligus merapikan tepi kain.

2. Membuat Pola Sarung Tangan

Selesai menyiapakan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah di sebutkan di atas sekarang kamu bisa mulai membuat pola sarung tangan oven dengan cara berikut:

  • Letakkan salah satu tangan di atas kertas (misal tangan kiri) dengan posisi telungkup.
  • Renggangkan ibu jari dan biarkan jari-jari tangan yang lain biar saling berdekatan.
  • Gambar bentuk tangan kamu, mulai dari satu sisi pergelangan ke sisi lainnya.

Biar sarung tangan oven atau oven mitt yang kamu buat nantinya tidak terasa sempit saat dikenakan kamu bisa membuat pola yang sedikit lebih besar dari ukuran tangan. Jika sudah selanjutnya potong pola yang kamu buat dengan menggunakan gunting yang tajam.

Kreasi Oven Mitt

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Quilting Kain dan Dakron

Quilting bahan kain yang sudah kamu siapkan untuk lapisan terluar sarung tangan dan lembaran dakron dengan posisi dakron berada di bagian tengah bahan kain dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Posisikan satu lembar dakron di atas meja kemudian tumpuk bahan kain dalam keadaan terbalik (bagian baiknya menghadap bawah) di atasnya.
  • Untuk menciptakan efek yang lebih menarik dan memastikan agar lembaran dakron tidak bergeser, sekarang kamu bisa mulai membuat jahitan quilting pada seluruh bagian kain.

Kreasi Oven Mitt Kreasi Oven Mitt

Sumber : https://charmpatterns.com/

4. Meletakkan Pola Pada Bahan

Letakkan pola yang sudah kamu buat ke atas kain yang sudah kamu jahit sebagai acuan dalam memotong bahan sarung tangan. Untuk menahan posisi pola agar tidak bergeser, sematkan jarum pentul dengan posisi arah kepala jarum menghadap ke dalam sementara bagian kepalanya menghadap keluar.

5. Memotong Bahan Quilting

Setelah pola di letakkan diatas bahan kain berilah tanda-tanda batas kampuh dengan menggunakan kapur jahit, lalu potong bahan kain sesuai pola yang sudah dibuat dengan potong menggunakan gunting yang tajam.

Untuk membuat satu buah sarung tangan oven sendiri setidaknya kamu perlu memotong 2 lembar bahan kain yang sudah kamu quilt sesuai pola.

  • Potong bahan kain mengikuti garis kampuh yang telah dibuat sebelumnya.
  • Pada waktu dipotong usahakan agar kain tidak terangkat atau diputar.

Kreasi Oven Mitt

Sumber : https://charmpatterns.com/

6. Memotong Lapisan Sarung Tangan

Gunakan potongan bahan kain yang sudah kamu dapatkan dari langkah sebelumnya untuk memotong bahan pelapis sarung tangan.

Kreasi Oven Mitt

Sumber : https://charmpatterns.com/

7. Menjahit Sarung Tangan

Selesai melakukan pemotongan bahan, selanjutnya kamu tinggal menjahit potongan-potongan bahan kain hingga membentuk sarung tangan oven yang cantik dengan cara berikut.

  • Satukan kedua lembar potongan bahan sarung tangan yang sudah di quilt lalu jahit sepanjang tepinya dengan pola jahitan berbentuk lurus.

Kreasi Oven Mitt Kreasi Oven Mitt

Sumber : https://charmpatterns.com/

  • Untuk melihat hasilnya balik kantung sarung tangan agar bagian baiknya berada di luar.

Kreasi Oven Mitt

Sumber : https://charmpatterns.com/

  • Dengan cara yang sama satukan pula kedua lembar potongan bahan pelapis sarung tangan dengan tetap menyisakan sedikit lubang pada salah satu sisinya untuk membalik sarung tangan.

Kreasi Oven Mitt Kreasi Oven Mitt

Sumber : https://charmpatterns.com/

  • Gabungkan kantung sarung tangan yang di quilting dan bahan pelapis lalu jahit sekelilingnya.

Kreasi Oven Mitt Kreasi Oven Mitt

Sumber : https://charmpatterns.com/

  • Jika sudah sekarang balik kantung sarung tangan oven agar bagian baiknya berada di luar lalu rapikan bagian sambungannya.

Kreasi Oven Mitt Kreasi Oven Mitt

Sumber : https://charmpatterns.com/

  • Biar tampilan sarung tangan oven atau oven mitt yang kamu buat, makin menarik kamu bisa menindas sepanjang tepi bukaan sarung tangan dengan lurus atau variasi jahitan lainnya.

Kreasi Oven Mitt

Sumber : https://charmpatterns.com/

8. Penyelesaian Akhir

Setelah kegiatan menjahit selesai dilakukan proses selanjutnya lakukan inspeksi untuk mengecek ada tidaknya jahitan yang terbuka, teknik jahit yang salah, benang yang tidak cocok dan benang yang kusut karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas produk.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila bisa membuat sarung tangan oven sendiri yaitu:

  • Dengan membuat sarung tangan sendiri kamu bisa lebih menghemat sedikit uang dibanding membeli sarung tangan oven yang bisa jadi lebih mahal.  
  • Dengan menggambar pola sarung tangan sendiri kamu bahkan bisa memastikan bahwa sarung tangan yang kamu buat ukurannya jadi lebih pas dengan untuk tangan kamu.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai cara mudah membuat kreasi sarung tangan oven atau oven mitt yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi kamu untuk terus berkarya dan membuat berbagai kerajinan handmade yang tidak kalah unik dan menarik ya.

Simak juga :

Kalau kamu butuh bahan kain katun, kain linen, kain blacu atau kain kanvas berkualitas dengan harga murah untuk membuat sarung tangan oven, maka kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun, Kain Linen, Kain Blacu atau Kain Kanvas yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.