Article

Homepage Article Cara Menjahit DIY : Kreasi Grocery Bag…

DIY : Kreasi Grocery Bag Holder Dari Kain Yang Mudah Kamu Ikuti

Hobi mengumpulkan kantong plastik bekas belanjaan yang masih bersih dan layak untuk digunakan kembali?. Supaya kantong plastik yang kamu miliki tidak berantakan dan lebih mudah dijangkau saat diperlukan maka kamu bisa merapikannya dengan grocery bag holder.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Apa Itu Grocery Bag Holder

Grocery bag holder merupakan sejenis wadah yang didesain khusus untuk membantu mengorganisir dan menjaga kantong-kantong plastik agar tidak berantakan dan tetap teratur ketika diletakkan di dapur. Beberapa fitur dan manfaat dari grocery bag holder yaitu:

  • Grocery bag holder dirancang dengan desain yang ringkas, sehingga dapat membantu kamu untuk menyimpan dan mengatur kantong plastik sekali pakai biar lebih rapi.
  • Grocery bag holder yang besar memungkinkan kamu untuk menampung beberapa kantong plastik sekaligus dan membuatnya jadi lebih teratur.
  • Grocery bag holder yang dilengkapi dengan karet elastis di bawahnya akan memudahkan kamu untuk menarik kantong plastik yang ada di dalamnya dengan satu tangan.
  • Grocery bag holder bisa diletakkan di berbagai tepat yang mudah di jangkau misal digantung di dinding, pintu dapur atau lemari untuk mengoptimalkan penggunaan ruang.

Grocery Bag Holder

Sumber : https://www.amazon.com.au/

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, grocery bag holder sendiri dapat dibuat dari bahan yang kokoh seperti halnya bahan kain katun, kain kanvas, kain linen, kain blacu, kain denim dan berbagai bahan lain yang sejenis untuk menahan beberapa kantong plastik sekaligus.

Membuat Grocery Bag Holder

Tertarik untuk membuat sendiri tapi masih belum memiliki gambaran tentang cara membuat pola dan menjahitnya?. Berikut kami bagikan tutorial membuat kreasi grocery bag holder yang bisa kamu coba.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu alat dan bahan untuk membuat grocery bag holder yang terdiri dari:

  • Bahan kain sesuai dengan kebutuhan untuk kantung grocery bag holder.
  • Karet elastis sepanjang 8 cm yang memiliki lebar 8 mm.
  • Tali untuk menutup bagian atas sekaligus menggantung grocery bag holder.
  • Pita ukur mengukur dan membuat pola pada bahan kain.
  • Pensil atau kapur jahit untuk menggambar pola pada bahan kain.
  • Gunting yang tajam untuk untuk memotong bahan kain.
  • Mesin jahit untuk menyatukan potongan-potongan bahan kain
  • Mesin obras untuk merapikan tepi kain grocery bag holder.

2. Menentukan Ukuran

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan yang sudah disebutkan di atas sekarang tentukan seberapa besar ukuran grocery bag holder yang akan kamu buat, misal 23 cm x 58 cm. Tapi kalau kamu ingin mendapatkan grocery bag holder yang lebih besar atau lebih kecil jangan ragu untuk mengubahnya sesuai kebutuhan kamu.

Grocery Bag Holder

Sumber : https://www.amazon.com.au/

3. Membuat Pola

Dari ukuran yang sudah kamu tetapkan, selanjutnya buat pola grocery bag holder secara langsung di atas bahan kain dengan menggunakan bantuan kamur kain dan metlin.

  • Untuk menciptakan grocery bag holder dengan ukuran 23 cm x 58 cm kamu perlu membuat pola berbentuk persegi panjang yang berukuran 46 cm x 58 cm.
  • Jangan lupa tambahkan pula kampuh disekeliling pola untuk memudahkan pemotongan bahan.
  • Tambahkan kampuh sekitar 2 cm untuk bukaan atas dan bukaan bawah grocery bag holder.
  • Sementara untuk bagian sambungan cukup 1 cm atau 1.5 cm.

4. Memotong Bahan Kain

Berikutnya potong bahan kain mengikuti garis kampuh yang telah kamu buat sebelumnya dengan menggunakan gunting khusus kain yang benar-benar tajam

5. Menjahit Grocery Bag Holder

Selesai melakukan pemotongan bahan jahit bahan tersebut hingga membentuk kantung grocery bag holder yang cantik dengan mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

  • Obras kedua sisi potongan kain yang pendek biar lebih rapi.
  • Lipat bahan kain menjadi dua bagian sama besar dengan posisi bagian buruknya berada di luar dan sisi-sisi kain yang sudah diobras saling bertemu satu sama lain.
  • Jahit kedua sisi kain yang sudah diobras sesuai kampuh dengan tetap menyisakan ruang sebesar 2 cm di bagian atas dan bawahnya.
  • Setelah dijahit sekarang buka kampuhnya ke dua sisi lalu press dengan setrika.
  • Balik kantung grocery bag holder supaya bagian baiknya berada di luar.
  • Rapikan masing-masing ujungnya dengan cara melipat bagian tepi kain ke arah dalam sebanyak dua kali lalu tindas dengan mesin jahit.

Selesai membuat kantung grocery bag holder sekarang kamu bisa memasang elastis pada ujung bukaan grocery bag holder dengan cara berikut.

  • Pasang peniti ke ujung elastis lalu gunakan untuk memasukkan elastis melalui tempat elastis yang baru saja kamu buat.
  • Satukan ujung elastis menjadi satu lalu jahit hingga lubang untuk memasukkan karet elastis tertutup dan bisa menyembunyikan karet elastis di dalamnya.

Masukkan juga tali untuk menggantung grocery bag holder pada ujung bukaan grocery bag holder yang lain hingga kedua ujung talinya bertemu kembali pada sisi yang sama.  Jika sudah sekarang ikat kedua ujung tali yang terdapat pada bukaan grocery bag holder biar ga gampang lepas.

6. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaian akhir, lakukan inspeksi untuk mengecek ada tidaknya jahitan yang terbuka atau benang yang kusut. Jika semuanya sudah bagus maka kamu bisa langsung menggunakan grocery bag holder yang kamu buat untuk merapikan kantong plastik yang kamu miliki.

Untuk menggunakan kantung grocery bag holder ini kamu tinggal memasukkan beberapa buah plastik melalui lubang yang terdapat di bagian atas grocery bag holder. Sementara untuk mengeluarkannya kamu tinggal menarik plastik melalui lubang di bagian bawah grocery bag holder.

Grocery Bag Holder

Sumber : https://www.amazon.com.au/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat grocery bag holder. Meski dari segi desain memang terkesan sederhana, namun keberadaan grocery bag holder ini bisa menjadi solusi praktis untuk menjaga kebersihan serta kerapihan rumah kamu lho.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat grocery bag holder?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun, Kain Kanvas, Kain Linen, Kain Blacu, Kain Denim yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.