Article

Homepage Article Kain Cutting Mat

Cutting Mat

Cutting mat merupakan alas potong kertas, bahan kain atau alas meja berbahan karet padat yang biasa dipasangkan dengan rotarry cutter. Selain digunakan sebagai alas potong cutting mat juga mempunyai fungsi ekstra yakni untuk mengukur. Cutting mat sendiri sudah dilengkapi dengan kotak-kotak/ garis-garis (grids) dengan ukuran setiap kotak 1 inch x  1 inch (garis ukuran dibagi 8, 1/8  inch), garis sudut 30, 45, dan 60 derajat.

Cutting Mat

Sumber : http://www.arttalk.com

Berbeda dengan board biasa, secara keseluruhan cutting mat memiliki permukaan yang empuk tetapi tidak mudah terpotong, tersayat, dan tergores. Sementara di bagian bawahnya terbuat dari spon eva. Sehingga mata pisau rotary cutter atau alat potong lain yang digunakan akan lebih awet dan tidak mudah tumpul dibandingkan menggunakan alas potong yang lain.

Cutting Mat

Sumber : http://www.lionop.com

Cutting mat juga sangat membantu anda saat membuat kerajinan patchwork maupun quilting dengan ukuran yang sangat presisi. Karena kelebihan atau kekurangan ukurannya akan langsung terlihat. Sahabat Fitinline tinggal meletakkan bahan di atas cutting mat lalu menghitung berapa banyak kotak panjang atau lebar bahan yang anda butuhkan.

Cutting Mat

Sumber : https://cookingfortwoonwaterloo.wordpress.com

Cutting mat sendiri tersedia dalam berbagai variasi dengan ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari cutting mat kecil yang berukuran 12 x 18 inches,  cutting mat sedang yang berukuran 18 x 24 inches, serta cutting mat besar yang berukuran 24x36 inches. Ukuran tersebut merupakan ukuran standar yang digunakan oleh merk clover.

Cutting Mat Kecil

Cutting mat kecil berukuran 12 x 18 inches sangat sesuai jika digunakan untuk memotong kain berukuran kecil, misal precut (charm pack: 5x5 inches, layer cake: 10x10 inches). Karena memiliki area kerja yang cukup terbatas jadi anda harus berhati-hati jika tidak ingin merusak pisau atau meja yang digunakan untuk bekerja.

Cutting Mat

Sumber : http://craftersgear.com

Cutting Mat Sedang

Cutting mat sedang yang memiliki ukuran 18 x 24 inches sangat sesuai jika digunakan untuk memotong bahan kain ukuran besar (misal untuk border, sashing atau membuat patch dari kain meteran). 

Cutting Mat

Sumber : http://www.kaskus.co.id

Cutting Mat Besar

Cutting mat besar dengan ukuran  24x36 inches memang menyediakan area kerja yang sangat luas. Namun harganya relatif lebih mahal dan tidak fleksibel untuk di bawa.

Cutting Mat

Sumber : http://copperswife.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.