Article

Homepage Article Kain Ciri Khas Kain Katun Spandek…

Ciri Khas Kain Katun Spandek dan Pemanfaatannya Pada Produk Pakaian

Kain katun spandek termasuk ke dalam jenis bahan kain yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Tidak hanya terbatas untuk kemeja atau celana saja, tapi kain katun spandek ini sebenarnya juga bisa dipakai untuk membuat blazer yang tidak kalah unik dan menarik.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain Katun Spandek

Kain katun spandek merupakan sejenis bahan kain yang dibuat dari campuran benang katun dan serat spandek. Dari kombinasi kedua bahan ini maka akan dihasilkan bahan kain yang memiliki sifat lebih elastis, lebih kuat, tahan lama dan lebih nyaman dipakai  dibanding dengan kain katun lainnya.

Katun Spandek

Sumber : https://fitinline.com/

Karakteristik Kain Katun Spandek

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan kain katun spandek dengan jenis katun yang dibuat dari campuran serat lain diantaranya:

  • Kain katun spandek bertekstur halus dan lembut.
  • Kain katun spandek bersifat elastis dan lebih fleksibel.
  • Kain katun spandek terkesan jatuh saat dipakai karena bahannya sangat ringan.
  • Kain katun spandek terasa adem sehingga nyaman digunakan.
  • Kain katun spandek cenderung mudah menyerap keringat.
  • Kain katun spandek tersedia dalam banyak variasi warna yang menarik.

Pemanfaatan Kain Katun Spandek

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri sandang, sebenarnya banyak sekali jenis-jenis produk pelengkap fashion yang dapat dibuat dari kain katun spandek. Beberapa jenis item fashion yang dimaksud antara lain berupa celana, kemeja pria dan juga blazer.

1. Celana

Produk pelengkap fashion pertama yang banyak memanfaatkan kain katun spandek sebagai bahan utamanya yakni berupa celana. Dalam hal ini jenis celana yang dimaksud tidak hanya terbatas pada celana casual tapi juga celana formal wanita yang bisa dipakai untuk keperluan kantor.

  • Celana yang dibuat dari kain katun spandek cenderung adem dan tidak panas jadi sangat cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia.
  • Celana yang dibuat dari kain katun spandek dapat digunakan untuk berbagai macam gaya, mulai gaya casual hingga gaya formal.
  • Dengan menggunakan celana yang dibuat dari kain katun spandek anda bisa lebih leluasa bergerak karena sifat bahannya cenderung elastis dan lebih fleksibel.

Katun Spandek

Sumber : https://www.zalora.co.id/

2. Kemeja Pria

Kemeja pria juga termasuk ke dalam salah satu jenis item fashion yang banyak dibuat dari kain katun spandek. Untuk urusan desain atau modelnya, kemeja pria yang diciptakan dari kain katun spandek inipun dapat dijumpai dalam dua macam model yakni berbentuk slim fit ataupun regular fit.

  • Kemeja slim fit dikenal sebagai salah satu model kemeja pria yang memiliki potongan pas di badan mengikuti body atau bentuk tubuh pemakainya.
  • Sementara untuk kemeja pria yang berpotongan regular atau kemeja pria standar umumnya memiliki potongan yang relatif lebih longgar.

Katun Spandek

Sumber : https://www.homedepot.com/

Kemeja yang dibuat dari kain katun spandek sangat mudah dipadupadankan dengan berbagai macam item fashion lain. Untuk gaya yang lebih formal anda bisa mengenakannya dengan celana bahan. Sedangkan untuk gaya yang lebih casual anda bisa memadupadankannya dengan jeans.

Tertarik untuk membuat kemeja pria sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload kemeja pria siap pakai dari kami.

3. Blazer

Selain digunakan untuk membuat celana dan kemeja pria, kain katun spandek sebenarnya bisa juga digunakan untuk membuat blazer yang tifak kalah keren. Blazer sendiri merupakan sejenis pakaian yang memiliki bentuk sangat mirip seperti jas tetapi potongannya tampak jauh lebih santai.

Beberapa jenis blazer wanita yang bisa anda pakai untuk pelengkap gaya penampilan diantaranya berupa:

  • Work Blazer

Work blazer merupakan jenis blazer wanita yang memiliki desain cenderung formal namun bisa tetap dipakai untuk kesempatan casual seperti hangout dengan teman-teman anda.

  • Boyfriend Blazer

Boyfriend blazer merupakan jenis blazer wanita yang bentuknya menyerupai blazer pria karena memiliki ukuran yang besar dan berpotongan lurus.

  • Boyfriend blazer merupakan blazer wanita yang sangat cocok dikenakan saat bekerja karena terlihat formal dan profesional.
  • Boyfriend blazer juga dapat menciptakan tampilan yang modis pada wanita tanpa terlalu terlihat feminim.
  • Boyfriend blazer sangat cocok dikombinasikan dengan kemeja dan jeans atau gaun terusan.
  • Crop Blazer

Crop blazer merupakan jenis blazer wanita modern yang memiliki potongan lebih rendah dari blazer-blazer pada umumnya. Crop blazer dapat memberikan kesan lebih jenjang bagi pemakainya.

Katun Spandek

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk para pria jenis-jenis blazer yang bisa anda pilih sebagai pelengkap penampilan diantaranya berupa:

  • Unconventional Blazer

Unconventional blazer merupakan jenis blazer pria yang menjadi salah satu trend dalam fashion karena bisa digunakan kapan saja dan mudah dipadukan dengan kaos polos berwarna netral.

  • Casual Blazer

Casual blazer merupakan jenis blazer pria yang biasa dipakai untuk mendapatkan tampilan santai atau sporty.

  • Casual blazer sangat cocok dipadukan dengan kemeja dan jeans yang digulung sedikit rendah.
  • Kalau anda kurang begitu suka memakai kemeja anda bisa menggantinya denga polo shirt.
  • Untuk meminimalisir kesan berlebihan yang ditimbulkan hindari pemakaian busana dengan banyak warna atau motif yang bertabrakan.
  • Classic Blazer

Classic blazer merupakan jenis blazer pria yang dapat dikenakan untuk memaksimalkan gaya casual. Bila anda ingin merubah kesan klasik dari blazer pria ini maka anda bisa mengkombinasikan penggunaannya dengan kemeja bergaris atau kaos polos.

Katun Spandek

Sumber : https://www.farfetch.com/

Butuh kain katun spandek berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana, kemeja pria ataupun blazer?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun Spandek (IDF) kami.

Merawat Pakaian Katun Spandek

Punya sejumlah koleksi pakaian berbahan katun spandek?. Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan pastikan proses perawatannya juga harus disiasati dengan cara-cara tertentu supaya kualitas pakaian tetap terjaga dengan baik.

  • Cuci pakaian berbahan kain katun spandek dengan menggunakan detergen yang lembut.
  • Hindari penggunaan cairan pemutih untuk mencuci pakaian berbahan kain katun spandek.
  • Jangan merendam pakaian berbahan katun spandek terlalu lama, baik dengan air atau detergen
  • Setrika pakaian berbahan kain katun spandek dengan suhu yang rendah.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kain katun spandek dan pemanfaatannya untuk produk pelengkap kebutuhan sandang yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan bahan kain lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan material yang tepat untuk produk pakaian yang ingin anda buat.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.