Article

Homepage Article Batik Cara Membuat Miura shibori

Cara Membuat Miura shibori

Shibori merupakan salah satu teknik pewarnaan kain hand made yang dikembangkan di beberapa negara seperti Indonesia dan Jepang. Salah satu teknik yang paling banyak dan paling sering digunakan, karena dianggap sebagai teknik yang paling mudah dilakukan oleh sebagian besar orang yaitu berupa teknik miura shibori.

Miura Shibori

Sumber : http://www.manbience.com

Miura Shibori dikenal pula sebagai ikatan loop (lubang). Dalam proses pembuatan miura shibori dibutuhkan jarum kait dan bagian-bagian kain yang dicabut. Pada prinsipnya benang akan diikatkan pada setiap bagian, sebanyak dua kali.

Miura Shibori

Sumber : http://theardentthread.com

Benang-benang tersebut tidak disimpul mati melainkan hanya dikencangkan. Karena benang tidak disimpul mati, maka shibori jenis ini mudah diikat dan dilepaskan. 

Miura Shibori

Sumber : http://kirikomade.com

Setelah tahap penarikan dan pembuatan simpul benang selesai dilakukan, selanjutnya kain dicelupkan kedalam larutan pewarna untuk memunculkan pola atau corak kain yang unik. Proses ini bisa diulangi beberapa kali, untuk mendapatkan efek warna splash  yang memendar dan membaur.

Miura Shibori

Sumber : http://honestlywtf.com

Setelah proses pewarnaan selesai, simpul benang yang dikencangkan bisa diuraikan kembali. Hasilnya akan diperoleh motif kain yang cantik menyerupai pola air.

Miura Shibori

Sumber : https://dailyjapanesetextile.wordpress.com

Miura Shibori

Sumber : http://narablog.com

Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline. Semoga bermanfaat.

 

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.