Bisban

Bisban atau kain serong atau bias tape, merupakan kain kecil panjang atau lebih sering disebut pita yang digunakan sebagai penutup pinggiran kain supaya tampak manis dan rapi. Bisban seringkali dipakai di leher, lengan, tas, dompet, dan lain sebagainya. Bisban bisa menjadikan sebuah busana menjadi terlihat rapi. Bisban selain melengkapi suatu penyelesaian jahitan yang kuat pada tirasnya, juga sebagai penyelesaian hiasan (trimming) yang efektif. Ada tiga tipe bisban yaitu bisban tunggal, bisban dobel, dan bisban komersial (siap pasang).

Bisban

Bisban

Sumber: http://griyahobifitriaa.blogspot.com

Bisban Tunggal, biasanya dijahitkan satu sisi dengan pinggiran bisbannya pada garis jahit pakaian, dengan bagian yang baik secara bersamaan. Bisban ini juga bisa dijahitkan pertama pada bagian yang buruk, kemudian dijahit soom pada bagian baik atau dijahit tindas atas. Bisban Dobel, biasanya dijahitkan bagian tiras bisban pada bagian tiras pakaian. Bisban dobel sering dipergunakan pada bagan-bahan tipis. Bisban komersial atau siap pasang, jenis bisban ini sudah siap pasang atau jahit dan pemasangannya paling mudah dikerjakan.

Bisban

Bisban

Sumber: http://m.tokobenangrajut.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Terdapat jenis bisban dari pita yang sudah siap pakai. Tetapi kalau anda mau membuat bisban sendiri dengan kain yang senada, anda bisa menggunakan beberapa alat tertentu untuk membuat bias tape sekaligus untuk memasangnya. Cara penggunaanya sangat mudah, kain yang sudah disiapkan kira-kira lebar 5 Cm, panjang sesuai kebutuhan. Kemuadian masukkan pada alat tersebut, tarik pelan-pelan alat bias, dan kemudian disetrika. sehingga terbentuk seperti lipatan.

Bias Tape Maker

Bias Tape Maker

Sumber: http://www.smartyhands.com

Bias Tape Maker

Sumber: http://kawakibcraft.blogspot.com

Bias Tape Maker

Sumber: http://kawakibcraft.blogspot.com

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Pada umumnya bisban dipergunakan pada bagian yang melengkung (kurva), sehingga harus dibuat seelastis mungkin. Oleh karena itu, potonglah bisban pada kain atau sehelai bahan serong yang tepat pada sudutnya, sehingga akan diperoleh kelenturan yang penuh.

Cara Membuat Bisban

Cara Membuat Bisban

Sumber: http://goosaki.blogspot.com

Cara Membuat Bisban

Sumber: http://goosaki.blogspot.com

Cara Membuat Bisban

Sumber: http://goosaki.blogspot.com

Cara Membuat Bisban

Sumber: http://goosaki.blogspot.com

Cara menjahit bisban ada dua yaitu dengan cara agak lama namun rapi hasilnya, biasanya butik-butik menggunakan cara ini, menjahit dua kali. Cara kedua yaitu dengan cara cepat, biasanya pada produk-produk garment. Artikel selanjutnya kita akan bahas cara pemasangan bisban, simak terus ya Sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.