Article

Homepage Article Jahit Menjahit Belahan Sembunyi Pada Kemeja

Belahan Sembunyi Pada Kemeja

Untuk memudahkan seseorang ketika memakai dan melepaskan sebuah pakaian diperlukan adanya belahan busana. Belahan tersebut umumnya terdapat pada bagian tengah depan, tengah belakang, ujung lengan atau bagian lain pada pakaian.

Belahan tersembunyi atau biasa disebut juga dengan nama belahan buta merupakan salah satu model belahan pakaian yang dapat difungsikan sebagai bukaan dan penutup dari suatu pakaian yang sekilas tidak kelihatan bentuknya.

Belahan Sembunyi

Sumber : http://www.shein.com/

Meski pada awalnya hanya digunakan pada berbagai jenis busana wanita dan anak-anak, namun pada perkembangannya model belahan sembunyi tersebut kemudian mulai diaplikasikan pada kemeja pria. 

Belahan Sembunyi

Sumber : http://shop.nordstrom.com/

Belahan tersembunyi yang diterapkan pada kemeja pria umumnya terletak pada badan bagian kiri. Ukuran panjangnya biasa dibuat sesuai dengan panjang sebuah kemeja (proporsional). Belahan ini terdiri atas dua lapis bahan yang terletak tepat di bagian tengah depan kemeja. 

Belahan Sembunyi

Sumber : http://us.pricelist.pw/

Lapisan kain yang terdapat pada bagian dalam belahan berfungsi untuk menempatkan lubang kancing sementara lapisan terluarnya berfungsi untuk menyembunyikan deretan lubang kancing sekaligus kancing yang terdapat pada kemeja. 

Belahan Sembunyi

Sumber : http://malepatternboldness.blogspot.co.id/

Belahan Sembunyi

Sumber : http://www.stampd.com/   

Bahan kain yang dapat dipakai untuk membuat belahan tersembunyi biasanya diambil dari bahan kain yang sama seperti yang digunakan untuk membuat badan kemeja.

Tetapi jika bahan utama yang digunakan untuk membuat kemeja termasuk kedalam jenis bahan kain yang tebal maka bahan belahannya bisa diganti dengan kain furing yang berwarna senada dengan bahan pakaian. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi tingkat ketebalan kemeja di bagian depan.

Belahan Sembunyi

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Jenis kancing yang dapat digunakan untuk menutup belahan sembunyi atau belahan buta ini diantaranya berupa kancing pipih yang mempunyai lubang dua atau empat. Dimana lubang kancing yang terdapat pada kemeja tersebut biasa dibuat dengan arah memanjang sesuai dengan bentuk belahan.

Belahan Sembunyi

Sumber : https://www.etsy.com/

Meski memiliki bentuk yang cenderung minimalis, keberadaan belahan tersembunyi pada pakaian pria nyatanya mampu memberi kesan lebih rapi dan lebih berwibawa pada tampilan sebuah kemeja tanpa mengurangi kesan maskulin yang melekat pada diri seseorang.

Belahan Sembunyi

Sumber : http://doodlezcloset.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.