Article

Homepage Article Batik Batik Sudagaran : Motif…

Batik Sudagaran : Motif Larangan Dari Kalangan Keraton

Di lingkungan Keraton terdapat aturan pemakaian batik termasuk motifnya, sehingga ada yang disebut Batik Larangan, hanya boleh dikenakan oleh raja atau para pejabat tertentu terkait dengan makna yang wajib diemban pemakainya. Karena ada larangan itu telah menumbuhkan kreativitas atau kreasi baru dengan memodifikasi motif baik dalam susunan dan tambahan ornamen. Di sammping itu juga kreatif dalam memberi isen-isen sampai variasi warna, sehingga masyarakat umum bisa memakainya. Batik modifikasi dan inovasi yang dikerjakan para pengusaha (sudagar) batik ini kemudian dikenal dengan Batik Sudagaran.

Batik Sudagaran

Batik Sudagaran

Sumber: http://museumbatikdanarhadi.blogspot.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Batik Sudagaran merupakan motif larangan dari kalangan Keraton, yang membuat seniman dari kaum saudagar untuk menciptakan motif baru yang sesuai selera masyarakat saudagar. Mereka juga mengubah motif larangan sehingga motif tersebut dapat dipakai masyarakat umum. Meski terjadi pengembangan namun batik yang dikerjakan para sudagar ini tidak keluar dari pakem. Berkembangnya Batik Sudagaran ini diberengi dengan cara pembuatannya, yaitu menggunakan canting cap agar bisa memenuhi pesanan masyarakat yang makin meningkat dengan harga yang terjangkau, karena relatif murah.

Batik Sudagaran

Batik Sudagaran

Sumber: http://museumbatikdanarhadi.blogspot.com

Batik Sudagaran

Sumber: http://museumbatikdanarhadi.blogspot.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Batik Sudagaran

Sumber: http://museumbatikdanarhadi.blogspot.com

Sejarah Batik Sudagaran juga perlu diketahui sebagai bagian dari perjalanan batik dari masa lalu, kini dan masa depan. Dari berbagai sumber Batik Sudagaran Yogya dimulai sejak abad ke-19 atau sekitar tahun 1850-an. Pada awalnya batik ini berkembang sendiri-sendiri dan akhirnya tahun 1939 didirikan Koperasi Persatuan Perusahaan Bati Bumi Putera (PPBBP).

Batik Sudagaran

Batik Sudagaran

Sumber: http://budaya-teknologi.blogspot.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Desain Batik Sudagaran umumnya terkesan berani dalam pemilihan bentuk, stilisasi atas benda-benda alam atau satwa, maupun kombinasi warna yang didominasi warna soga dan biru tua. Batik Sudagaran menyajikan kualitas dalam proses pengerjaan serta kerumitan dalam menyajikan ragam hias yang baru. Pencipta Batik Sudagaran mengubah batik keraton dengan isen-isen yang rumit dan mengisinya dengan cecek (bintik) sehingga tercipta batik yang amat indah.

Batik Sudagaran

Batik Sudagaran

Sumber: http://id.wikipedia.org

Motif batik sudagaran ini memiliki keunikan tersendiri dibanding motif lain karena di dalamnya terkandung makna kearifan budaya pada waktu dibuat. Sahabat Fitinline bisa menjadikan Batik Sudagaran sebagai koleksi batik anda. Semoga bermanfaat.

Tags: jual kainjual kain batikjual batikjual kain batik murahtoko kaintoko kain batiktoko batiktoko batik onlinetoko kain batik onlinebeli kainbeli kain batikbeli batikbatik indonesiabelanja batikbelanja batik onlinemotif batikharga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.