Article

Homepage Article Batik 10 Karakteristik Motif Batik…

10 Karakteristik Motif Batik Sekar Jagad

Dikenal sebagai salah satu batik yang menjadi simbol kesatuan dan memiliki makna sangat dalam untuk menghargai perbedaan serta keanekaragaman dalam sudut pandang keindahan, berikut beberapa karakteristik paling khas dari motif batik sekar jagad yang membedakannya dengan motif batik yang lain.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Batik Sekar Jagad

Batik sekar jagad termasuk ke dalam salah satu kategori batik Kraton, yaitu batik yang mendapat  pengaruh kuat budaya dan aturan kraton. Dalam kamus besar bahasa Indonesia sendiri kata “sekar” berarti bunga sementara kata “jagad” berarti dunia. Keindahan motif batik sekar jagad ditandai dengan beraneka ragam bunga yang tersebar di atas bumi.

Batik Sekar Jagad

Sumber : https://shopee.co.id/

Sumber lain menyebutkan nama sekar jagad sebenarnya berasal dari kata “Kaart” yang dalam Bahasa Belanda berarti peta dan “Jagad” dalam bahasa Jawa berarti dunia. Sehingga motif batik yang satu ini juga melambangkan keragaman batik baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Sekar jagad dapat pula diartikan sekaring jagad atau kusumaning jagad yang bermakna harapan untuk menjadi manusia yang terbaik, berwatak dan berbudi pekerti yang luhur.

  • Motif sekar jagad dengan bentuk yang bergelombang menandakan bahwa kehidupan manusia itu berliku-liku.
  • Motif sekar jagad juga merupakan sebuah do’a dan harapan agar menjadi orang yang sukses, bermanfaat bagi lingkungan dan bisa menjadi kebahagiaan.

Batik Sekar Jagad

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Dilihat dari daerah asalnya, batik sekar jagad sendiri awalnya memang dikenal sebagai batik dari Yogyakarta dan Solo dengan ciri khas berwarna coklat sogan. Namun untuk saat ini sentra produksi batik motif sekar jagad sudah berkembang ke daerah lain seperti Tegal, Madura, Imogiri, Banyumas, Tulungagung, Madura, Probolinggo hingga Bali.

Batik Sekar Jagad

Sumber : http://www.tjokrosuharto.com/

Batik sekar jagad yang dihasilkan dari berbagai daerah di Indonesia tersebut umumnya memiliki karakteristik yang tidak jauh beda antara yang satu dengan yang lain walau tidak sedikit pula yang  “membubuhkan” kekhasan masing-masing daerah dengan motif dan warna tertentu.

Batik Sekar Jagad

Sumber : https://id.pinterest.com/

Karakteristik Batik Sekar Jagad

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi keistimewaan motif batik sejar jagad diantaranya:

  1. Motif batik sekar jagad tersusun atas gabungan beberapa motif yang banyak terinspirisi dari motif batik yang ada di Kraton seperti parang, kawung, truntum, grompol yang syarat akan makna.
    • Pola parang melambangkan ksatria, tangguh, dan tanggung jawab.
    • Pola kawung melambangkan harapan agar manusia selalu ingat akan asal-usulnya.
    • Pola truntum melambangkan cinta yang bersemi kembali.
    • Pola grompol memiliki makna berkumpul atau bersatu.
  2. Motif sekar jagad juga menggambarkan keanekaragaman dunia bunga dan tumbuhan, serta melukiskan beberapa flora lainnya yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar.
  3. Motif batik sekar jagad secara umum mengandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona.
  4. Motif batik sekar jagad tergolong unik karena terlihat seperti tidak beraturan sebagaimana halnya batik lain yang memiliki pola berulang dan teratur.
  5. Motif batik sekar jagad yang digambarkan sebagai peta terlihat pada adanya garis-garis lengkung yang menyerupai bentuk pulau / garis-garis pembatas yang berdampingan satu sama lain.
  6. Motif batik sekar jagad memiliki motif yang mirip tambalan pada kain dan sering disebut sebagai salah satu patchwork art.
  7. Motif batik sekar jagad memiliki isen-isen (berasal dari kata isi) di dalam “pulau-pulau” yang beraneka ragam. Misalnya saja motif kawung, truntum, lereng, flora fauna dan lain sebagainya.
  8. Motif batik sekar jagad menggambarkan hubungan yang serasi dan harmonis antara manusia dan Sang Pencipta, manusia dengan alam serta manusia dengan sesamanya.
  9. Warna-warna yang digunakan pada motif batik sekar jagad mempunyai karakteristik tersendiri.
    • Warna soga atau coklat diasosiasikan sebagai warna hangat, terang, alami, bersahabat, tenang dan rendah hati.
    • Warna hijau melambangkan perenungan, kepercayaan dan keabadian.
    • Warna merah muda melambangkan berani, cinta dan kebahagiaan.
  10. Disamping keindahan visual, motif batik sekar jagad juga mempunyai keindahan spiritual yang dihubungkan dengan pemahaman kepercayaan dan  falsafah hidup. Hubungan yang dimaksud yakni adanya hubungan dengan Tuhan yang diekspresikan melalui karya batik.

Selain memiliki sejumlah karakteristik khas seperti yang sudah disebutkan di atas bentuk motif sekar jagad yang dibuat oleh para leluhur inipun juga tidak luput akan makna dan filosofi yang berisikan ajaran moral untuk menuntun manusia ke arah yang lebih baik serta memiliki watak dan berbudi pekerti yang luhur.

Pemanfaatan Batik Sekar Jagad

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari batik sekar jagad ini secara umum dapat digunakan dalam berbagai kesempatan yang berbeda, sebut saja untuk pernikahan maupun untuk keperluan lain.

  • Batik sekar jagad yang mengandung makna kecantikan, ungkapan cinta dan keindahan umumnya sering dikenakan dalam pesta pernikahan.
  • Selain itu motif batik sekar jagad yang menggambarkan bentuk kebaikan biasanya juga kerap dipakai oleh orang ahli, orang pintar, dukun istana dan keraton.

Dengan munculnya bentuk dan style (gaya) yang disesuaikan dengan perkembangan zaman, penggunaan batik modern dalam bentuk busana tidak lagi digunakan pada acara resmi, tetapi bisa juga digunakan untuk acara santai seperti hangout atau menghadiri acara pesta.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah karakteristik paling khas dari motif batik sekar jagad yang membedakannya dengan motif batik dari daerah lain di Indonesia. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan anda tentang batik dan semakin menambah kecintaan anda terhadap kain tradisional Indonesia.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa dibandingkan dengan motif batik yang lainnya, motif batik sekar jagad ini juga memiliki keistimewaan tersendiri.

  • Motif batik sekar jagad merupakan motif yang berhubungan dengan bunga dan dunia yaitu terdiri dari bentuk-bentuk bunga yang unsurnya dari alam semesta.
  • Unsur-unsur yang terdapat pada motif batik sekar jagad diperoleh dari gabungan atau komposisi bentuk-bentuk ornamen geometris yang disusun sedemikian rupa sehingga terbentuk motif yang menarik.
  • Motif batik sekar jagad secara umum dibalut dengan cara tambalan atau patchwork dengan desain yang tidak simetris (asimetris).
  • Motif batik sekar jagad menggambarkan keanekaragaman dunia bunga dan tumbuhan.
  • Motif batik sekar jagad juga melukiskan beberapa flora yang ada di lingkungan sekitar.

Butuh bahan kain batik berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian pria, pakaian wanita dan pakaian anak?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Batik yang kami miliki.

Tapi kalau anda lebih tertarik untuk mengetahui seperti apa cara pembuatan kain batik, maka anda bisa menyimak video tutorialnya dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.