Article

Homepage Article Batik Batik Kayu

Batik Kayu

Semakin berkembangnya teknologi dan pengetahuan, semakin variatif pula produk kerajinan yang bisa diproduksi masyarakat, salah satunya produk batik. Teknik dan motif batik tak hanya bisa diterapkan pada kain saja. Namun media apapun saat ini bisa dikreasikan menjadi produk batik. Setelah artikel sebelumnya telah kita posting tentang batik kulit, kali ini kita akan bahas mengenai batik kayu.

Batik biasanya ditorehkan di atas kain, namun anda bisa menemukan batik yang ditorehkan pada media kayu. Jenis kayu yang digunakan sebagai bahan dasar adalah kayu lunak diantaranya sengon atau albasia, wadang, jenetri, pule, mahoni, kuso, klepu, kembang, dan kayu jinjing. Kayu-kayu tersebut dipilih karena tidak keras, mudah dibentuk, mudah menyerap cairan (pewarna) dan tidak berminyak. Kayu sebagai bahan batik kayu harus mudah didapat dan mudah untuk direboisasi kembali dengan umur kayu layak tebang hingga umur 2-3tahun.

Produk Batik Kayu

Produk Batik Kayu

Sumber: http://itrademarket.com

Membatik pada media kayu pada prinsipnya hampir sama dengan membatik di kain. Pertama, kayu direbus dengan air mendidih supaya getah-getah keluar, sehingga akan mengantisipasi adanya kerusakan saat kayu setelah finishing, kemudian kayu yang akan dibatik dibentuk sesuai model. Kedua, setelah kayu direbus kayu dijemur dengan kondisi benar benar kering sehingga akan mudah dalam proses pengamplasan. Kayu yang sudah dijemur akan diamplas dengan standard kehalusan.

Proses Pembentukan Model

Proses Pembentukan Model

Sumber: http://fotokita.net

Mengamplas kayu

Mengamplas kayu

Sumber: http://fotokita.net

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Ketiga, setelah proses amlas kemudian kayu diberi pola sesuai motif yang diinginkan, supaya mudah dalam proses pembatikan.

Proses Menggambar Pola

Proses Menggambar Pola

Sumber: http://fotokita.net

Proses Membatik

Proses Membatik 

Sumber: http://yogyakarta.panduanwisata.com

Proses Membatik

Sumber: http://yogyakarta.panduanwisata.com

Keempat, setelah pola terbentuk kayu tersebut akan dibatik menggunakan canting serta malam yang sudah dipanasi dengan suhu tertentu dalam wajan hingga berbentuk cair. Kelima, setelah proses pembatikan selesai, kayu yang sudah dibatik akan diwarna sesuai dengan yang dikehendaki. Untuk proses pewarnaan, menggunakan pewarna kimia khusus yang di impor dari Jepang dan China. Keenam, setelah warna sudah muncul akan dilanjutkan dengan penutupan motif yang sudah diwarnai dengan malam. Ketujuh, kayu yang sudah ditutup malam, akan dilanjutkan dengan pewarnaan dasar. Kedelapan, setelah pewarnaan selesai akan melalui tahap perebusan yang supaya malam terlepas dari kayu, sehingga terlihat motifnya.

Proses Pewarnaan

Proses Pewarnaan

Sumber: http://fotokita.net

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Kesembilan, setelah direbus dan malam sudah tidak melekat pada kayu, akan dilanjutkan penjemuran dengan kekeringan kayu yang sudah ditentukan dan benar-benar kering.

Proses Penjemuran

Proses Penjemuran

Sumber: http://fotokita.net

Kesepuluh, kayu yang sudah kering akan dicelupkan atau dikuaskan cairan H2O2 yang berfungsi sebagai pemutih kayu. Kesebelas, kayu yang sudah benar benar putih yang terlihat hanya motif batik, selanjutnya kan dilanjutkan dengan proses finishing.

Proses Finishing

Proses Finishing 

Sumber: http://antarafoto.com

Proses Finishing

Sumber: http://antarafoto.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Proses membatik dengan media kayu membutuhkan keterampilan tersendiri, berbeda dengan membatik di atas kain. Karena polanya dibuat secara manual, bukan dicetak, maka membatik dengan media kayu membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Motif batik yang diterapkan pada media kayu yaitu motif parangrusak, parangbarong, kawung, garuda, sidorahayu, sidomukti, dan motif lainnya.

Sandal Batik Kayu

Sandal Batik Kayu

Sumber: http://sandal-wanita.com

Berbagai produk kerajinan yang dihasilkan berupa topeng, wayang, almari, aksesoris rumah tangga, patung kayu, kotak perhiasan, gelang, kalung, sandal, dan hiasan batik kayu lainnya dengan kisaran harga mulai dari yang murah hingga jutaan. Untuk pemasarannya pun tidak hanya di dalam negeri, tetapi telah merambah pasar manca negara.

Gelang Batik Kayu

Gelang Batik Kayu

Sumber: http://hot.detik.com

Jika Sahabat Fitinline datang ke Yogyakarta, sempatkan berkunjung ke daerah pengrajin batik kayu yang berada di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta, kurang lebih 12 km barat daya Kota Yogyakarta. Perjalanan ke Desa Wisata Krebet dapat dilakukan dengan melewati Jalan Bantul menuju arah selatan melewati Desa Wisata Kasongan. Selain berbelanja kerajinan batik kayu, anda juga bisa melihat langsung proses pembuatannya. Bahkan anda juga bisa belajar langsung untuk membuat batik kayu.

Semoga bermanfaat.

Tags: jual kainjual kain batikjual batikjual kain batik murahtoko kaintoko kain batiktoko batiktoko batik onlinetoko kain batik onlinebeli kainbeli kain batikbeli batikbatik indonesiabelanja batikbelanja batik onlinemotif batikharga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.