Article

Homepage Article Kain Bahan Untuk Membuat Cloth…

Bahan Untuk Membuat Cloth Diaper

Sahabat Fitinline sudah tahu kan jika cloth diaper yang biasa digunakan untuk bayi secara keseluruhan terdiri dari empat bagian utama, yakni berupa lapisan luar (outer), lapisan dalam (inner), lapisan penyerap (insert), serta alat perekat (closure). Lalu jenis-jenis bahan seperti apa yang sesuai untuk membuat masing-masing bagian cloth diaper tersebut?. 

Bahan Cloth Diaper

Sumber : http://momand.co/

Tergantung fungsi dan tujuan pemakaiannya bahan yang digunakan sebagai lapisan terluar diaper, tentu berbeda dengan bahan utama yang dibutuhkan untuk lapisan dalam maupun lapisan penyerapnya.

Bagian Cloth Diaper

Sumber : http://www.suburbansavingmama.com/

Lapisan Luar (Outer)

Bahan yang sesuai untuk membuat lapisan luar diaper (outer) diantaranya berupa PUL (poly urethane laminated) dan minky (beludru).

  • Poly urethane laminated merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan bahan polister yang dilaminasi. Bahan yang biasa digunakan sebagai lapisan terluar pocket diaper, AIO diaper, serta AI2 diaper ini umumnya dibuat dari kombinasi kapas, polyester atau kapas/campuran poly.
  • Bahan minky atau beludru yang diproses dengan teknologi laminasi, pada dasarnya akan berubah menjadi kedap air dan dapat digunakan sebagai lapisan terluar dari cloth diaper. Selain terasa lebih adem di kulit bayi tampilan bahan minky juga akan terlihat lebih elegan.

Bahan Cloth Diaper

Sumber : https://www.walmart.com/

Lapisan Dalam (Inner)

Bahan yang sesuai untuk membuat lapisan dalam diaper (inner) diantaranya berupa fleece/ microfleece, suede cloth, dan bamboo.

  • Bahan fleece/microfleece sebenarnya termasuk kedalam jenis material sintetik. Karakteristik  fleece yang sangat lembut, mudah menyerap cairan, dan cepat kering menjadikan kulit bayi tetap kering selama memakai cloth diaper.
  • Suede cloth merupakan sejenis bahan yang memiliki banyak kelebihan. Seperti lebih adem, lebih cepat kering, tahan terhadap noda dan mudah dibersihkan.
  • Bahan bamboo yang digunakan sebagai inner diaper sebenarnya terbuat dari serat bambu. Karakteristik bahannya lembut, mampu menyerap cairan lebih cepat, mempunyai sifat anti bakteri, dan lebih mudah dibersihkan apabila terkena kotoran. 

Bahan Cloth Diaper

Sumber : http://www.storeofbaby.com/

Lapisan Penyerap (Insert)

Bahan yang sesuai untuk membuat lapisan penyerap diaper (insert) diantaranya berupa microfiber, bamboo, terry/baby terry, dan hemp.

  • Microfiber merupakan sejenis bahan yang diperoleh dari kombinasi polyester dan bahan sintetik (bahan handuk mandi). Bahan ini pada dasarnya mempunyai daya serap yang bagus. Hanya saja jika digunakan secara terus-menerus dapat menyebabkan kulit bayimenjadi kering.
  • Bahan terry/baby terry sebenarnya memiliki sifat dasar yang sama seperti halnya fleece. Tetapi teksturnya lebih terlihat seperti handuk dan tidak berbulu seperti fleece.
  • Bahan hemp (rami) sangat sesuai jika digunakan sebagai insert diaper karena memiliki daya serap yang tinggi, awet, dan bersifat anti bakteri. Insert yang dibuat dari bahan ini bisa dijadikan sebagai pilihan utama untuk penggunaan di malam hari.

Bahan Cloth Diaper

Sumber : http://www.aliexpress.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.