Article

Homepage Article Fashion Design Aplikasi Kerah Ruffle /…

Aplikasi Kerah Ruffle / Ruffle Collar Pada Baju Wanita

Tampak seperti tumpukan aksesoris kain di sekitar leher, kerah ruffle / ruffle collar dapat memberi kesan dramatis, elegan sekaligus feminim pada penampilan wanita lho. Untuk mengetahui lebih detail lagi tentang karakteristik dan aplikasi kerah ruffle pada baju wanita langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengenalan Ruffle Collar

Ruffle collar merupakan salah satu model kerah baju yang dibentuk dari tumpukan kain atau lace di sekitar garis leher. Posisinya sendiri dapat dibuat tegak mengelilingi bagian leher atau jatuh mengikuti garis leher dari baju yang dihiasnya.

  • Kerah ruffle / ruffle collar sangat cocok diandalkan untuk memberikan kesan yang lebih dramatis, elegan dan feminin pada penampilan wanita.
  • Kerah ruffle / ruffle collar memiliki kerutan yang cantik dan dapat mengikuti model garis leher baju yang dihiasnya.
  • Pada baju wanita aksen ruffle ini dapat dibuat dari bahan yang sama dengan bahan utama baju maupun bahan lain seperti renda.
  • Untuk pelengkap gaya berhijab, busana yang dihias dengan kerah ruffle /ruffle collar ini sangat cocok dikombinasikan dengan hijab turban.

Kerah Baju

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Renda sendiri merupakan hiasan berbentuk kerawang yang dibuat dari benang dalam pattern jaring terbuka. Khusus untuk pembuatan kerah pada baju, jenis renda yang dapat dipakai jenisnya pun ada banyak.

  • Pertama ada renda air yang biasa dibuat dari bahan sintetis sehingga karakteristiknya cenderung tipis dan menerawang (tembus pandang) seperti air.
  • Kedua ada renda tile juga memiliki tekstur yang tipis, lembut dan menerawang dengan bahan dasar kain tile atau brokat.
  • Ketiga ada renda spanyol (renda dari Spanyol) yang lembut seperti renda tile, tetapi terbuat dari bahan katun polyester.

Kerah Baju

Sumber : https://www.lazada.com.ph/

Ruffle Collar Pada Baju

Terkait dengan aplikasinya pada baju wanita,  kerah ruffle / ruffle collar ini  sebenarnya dapat digunakan untuk banyak keperluan, misalnya saja untuk memperindah tampilan baju blus wanita, tunik, gamis, dress, piyama, crop top dan berbagai model busana lainnya.

1. Baju Blus Wanita

Baju blus wanita termasuk ke dalam jenis baju wanita yang cocok dipadukan dengan kerah  baju jenis apapun termasuk kerah ruffle / ruffle collar.

  • Untuk pelengkap gaya penampilan casual, baju blus wanita yang dilengkapi dengan ruffle collar dapat dipadupadankan dengan berbagai model rok dan celana jeans.

Kerah Baju

Sumber : https://id.aliexpress.com/

  • Untuk pelengkap gaya penampilan formal, baju blus wanita yang dilengkapi dengan ruffle collar ini juga akan terlihat semakin manis jika dipadukan dengan blazer hitam.

Kerah Baju

Sumber : https://kayme.com/

Download pola baju blus wanita dari kami kalau anda ingin membuat baju blus wanita sendiri dengan pola yang sudah jadi.

2. Tunik

Berikutnya ada tunik yang biasa didesain dalam ukuran panjang sampai sebatas lutut bahkan pertengahan betis. Selain dipakai untuk hangout tunik ini bisa juga dijadikan sebagai baju andalan saat menghadiri acara semi formal, acara pesta maupun acara lainnya.

Kerah Baju

Sumber : https://www.zalora.co.id/

3. Gamis

Untuk pelengkap gaya berhijab, miliki setidaknya satu potong gamis yang dilengkapi dengan kerah baju model ruffle / ruffle collar yang cantik dan terkesan lebih eksklusif.

  • Supaya bentuk kerah ruffle / ruffle collar tetap terlihat walau sudah mengenakan hijab anda dapat memadupadankannya dengan hijab turban.
  • Alternatif lain anda juga bisa memakai hijab pashmina atau hijab segi empat kemudian ikatkan ujungnya dibagian tengkuk / belakang kepala.

Kerah Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

Download pola gamis dari kami kalau anda ingin membuat gamis sendiri dengan pola yang sudah jadi.

4. Dress

Selanjutnya ada dress wanita, sejenis busana terusan yang sangat cocok dikenakan untuk memberi kesan lebih feminim pada penampilan wanita. Beberapa contoh dress yang cocok dikombinasikan dengan kerah ruffle / ruffle collar antara lain berupa:

  • Maxi dress bersiluet A yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki.
  • Smock dress yang memiliki banyak kesamaan dengan shirt atau kemeja longgar.
  • Drop waist dress yang memiliki perpotongan pinggang di bagian bawah pinggul.
  • Tiered dress yang didesain longgar dengan beberapa detail kerutan di bagian roknya.
  • Lolita dress yang identik dengan detail kerut dan renda.

Kerah Baju

Sumber : https://id.aliexpress.com/

5. Piyama

Tak kalah menarik dari sejumlah model baju yang disebutkan di atas, terdapat pula piyama yang biasa diidentikkan sebagai baju tidur namun kini bisa juga dipakai untuk pelengkap gaya yang lebih santai saat berada di rumah.

Kerah Baju

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Download Pola Piyama Wanita dari kami kalau anda ingin membuat piyama sendiri dengan pola yang sudah jadi.

6. Crop Top

Terakhir ada crop top yang sengaja diciptakan dalam ukuran pendek (biasanya berkisar antara 40 - 50 cm) dan terkesan menggantung pada tubuh bagian atas saat dikenakan. Crop top ini sangat cocok dipadupadankan dengan berbagai model rok dan celana wanita.

Kerah Baju

Sumber : https://sundaygirls.sg/

Teknik Pembuatan Ruffle

Untuk teknik pembuatannya sendiri, ruffle yang diaplikasikan pada bagian leher baju blus wanita, tunik, gamis, dress, piyama, crop top dan berbagai model busana lainnya secara umum dapat dibedakan dalam dua metode.

  • Single Edged Gathering

Pertama yakni teknik single edged ruffle yang dilakukan dengan mengerut salah satu sisi kain. Ruffle jenis ini merupakan kain tambahan sebagai pelengkap maupun sekedar dekorasi pada baju wanita.

Kerah Baju

Sumber : https://id.carousell.com/

  • Gathering in The Middle

Kedua yakni teknik gathering in the middle yang dilakukan dengan cara mengerut bagian tengah kain.

Kerah Baju

Sumber : https://www.lolitain.com/

Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai Cara Memanipulasi Bahan Kain Dengan Teknik Ruffle.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kerah ruffle / ruffle collar dan aplikasinya pada baju wanita yang dapat kami rangkum untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk membedakan model kerah yang satu dengan kerah baju lainnya ya.

Untuk anda yang mau tahu lebih banyak lagi tentang cara memasang kerah pada pakaian anda bisa mendownload E-Book Teknik Memasang Berbagai Model Kerah dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.