Article

Homepage Article Kain 9 Tips Memilih Cover Bag…

9 Tips Memilih Cover Bag (Rain Cover) Terbaik Untuk Melindungi Tas

Sebagai salah satu bentuk pelayanan dan peningkatan kualitas kepada para konsumen, saat ini hampir semua tas ransel yang dijual di pasaran biasanya dilengkapi dengan cover bag (rain cover). Tetapi jika tas yang anda miliki kebetulan belum memiliki cover bag, sebaiknya segera rencanakan untuk membelinya.

Pengertian Cover Bag

Cover bag (rain cover) dapat dikategorikan ke dalam salah satu item pelengkap tas yang memiliki peran cukup penting yaitu melindungi tas dari debu atau paparan sinar matahari agar warnanya tidak mudah pudar dan pada saat turun hujan juga berfungsi untuk melindungi tas beserta seluruh isinya agar tidak basah.

Cover bag kebanyakan dibuat dari bahan kain yang  ringan, tidak mudah kusut dan bersifat anti air seperti halnya kain parasut. Cover bag biasanya dapat dilipat menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam kantong tas dan dibawa kemana pun.

Cover Bag

Sumber : https://www.indiamart.com/

Cover bag selama musim hujan memang tidak menjamin bahwa tas sepenuhnya akan terhindar dari basah. Tapi untuk kondisi hujan yang tidak terlalu deras, cover bag sudah lumayan untuk bisa melindungi barang bawaan dari rembes. Selain itu dengan adanya cover bag tas juga tidak kotor kena cipratan air dari ban belakang,

Cover Bag

Sumber :  https://shopee.co.id/

Kriteria Cover Bag Yang Bagus

Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai alat pelindung tas saat hujan, cover bag hendaknya dipilih yang kualitasnya benar-benar bagus. Beberapa kriteria penting yang menentukan bagus tidaknya sebuah cover bag diantaranya:

  • Cover bag yang baik hendaknya dibuat dari bahan kain yang bersifat anti air.
  • Kualitas dari bahan cover bag bisa dilihat dari resistansi terhadap tekanan air.
  • Semakin tinggi resistansi terhadap tekanan air maka semakin baik produk tersebut menghalau rembesan air.
  • Memiliki kualitas bahan yang awet, tidak mudah sobek serta mampu melindungi tas agar tetap kering saat turun hujan.
  • Bahannya tidak mudah musut sehingga memiliki tampilan yang senantiasa terlihat rapi walau sudah sering dipakai berkali-kali.
  • Mudah dibersihkan dan proses pengeringannya juga cepat.
  • Dapat dilipat hingga berukuran kecil sehingga tidak memakan tempat ketika dimasukkan ke dalam tas ataupun jok motor. Selain itu akan lebih praktis lagi jika cover bag tersebut dilengkapi dengan karet elastis dan strap pengencang.

Tips Memilih Cover Bag

Berencana untuk membeli cover bag (rain cover) tapi masih bingung harus memilih cover bag yang seperti apa?. Meski bisa dipilih secara bebas, tapi tetap saja untuk memastikan bahwa cover bag yang anda dapatkan memang sesuai dengan kebutuhan ada juga lho beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

1. Periksa Bahan Kainnya

Dalam memilih cover bag terbaik penting bagi anda untuk mengetahui apa saja komposisi bahan dari cover bag yang akan dipilih. Dengan mengetahui komposisi bahan cover bag maka anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan cover bag yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Cover bag yang baik hendaknya dibuat dari bahan khusus yang berfungsi untuk melindungi tas dari guyuran air hujan dan terik sinar matahari seperti halnya kain parasut yang dilengkapi dengan fitur anti air.
  • Untuk memastikan ada tidaknya sifat anti air pada cover bag anda dapat menyiramkan air pada cover tersebut.
  • Apabila terlihat efek seperti daun talas, maka itu berarti cover bag tersebut memiliki lapisan anti air.

Cover Bag

Sumber : https://www.spotsewa.com/

2. Pilih Yang Mudah Kering

Untuk memudahkan anda dalam melakukan perawatan usahakan untuk memilih cover bag yang mudah dibersihkan dan dikeringkan. Dengan memakai cover bag yang mudah kering, tas yang anda miliki dapat terhindar dari jamur yang mungkin tumbuh dan berkembang biaknya pada cover bag yang digunakan.

Cover Bag

Sumber : https://www.snapdeal.com/

3. Pahami Keunggulan dan Kekurangan Bahan

Sebelum memutuskan untuk membeli cover bag ketahui terlebih dahulu keunggulan dan kekurangan dari bahan yang digunakan untuk cover bag. Bila anda ingin mendapatkan cover bag terbaik yang mudah dibersikan dan juga cepat kering maka anda bisa memilih bahan kain parasut sebagai alternatifnya.

Dari sekian banyak bahan yang ada, kain parasut menjadi salah satu jenis bahan yang bisa diandalkan untuk membuat cover bag terbaik karena menawarkan banyak keunggulan.

  • Kain parasut bisa diandalkan untuk melindungi tas saat musim hujan karena ada beberapa yang memiliki sifat anti air walau tidak semuanya. Khusus untuk cover bag bisa dipilih yag bersifat anti air.
  • Kain parasut termasuk ke dalam jenis bahan kain yang bagus karena terbilang awet dan ringan walau sebenarnya cenderung tipis.
  • Kain parasut sangat mudah untuk dibersihkan dan proses pengeringannya juga cepat.
  • Kain parasut tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan senantiasa rapi walau sudah sering dipakai berkali-kali.
  • Untuk masalah harga kain parasut kebanyakan juga dijual dengan harga yang relatif lebih murah.
  • Kain parasut sangat ringan dan mudah dibentuk menjadi berbagai macam model cover bag. Selain itu cover bag yang dibuat dari kain parasut juga sangat mudah digunakan.

Cover Bag

Sumber : https://www.snapdeal.com/

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya kain parasut sendiri juga memiliki kelemahan karena dapat berembun pada bagian dalamnya. Jika bagian dalam cover bag kedapatanberembun, maka segera lepaskan cover bag tersebut dari tas kemudian jemur hingga benar-benar kering.

Untuk alternatif pilihannya sendiri kain parasut yang dijadikan sebagai bahan cover bag bisa berupa Kain Parasut Bening dan Kain Parasut Ripstop (MG). Selain itu bisa juga memakai bahan Kain Parasut Silver, Kain Parasut Milky, serta Kain Parasut Metalik Yang juga biasa dibuat untuk jaket dan sleeping bag.

Kain parasut coating bening adalah kain parasut yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan.

  • Kain parasut bening disebut demikian karena memang memiliki coating berwarna bening pada permukaan kainnya.
  • Kain parasut bening termasuk ke dalam jenis kain yang bersifat anti air.
  • Coating bening yang ditambahkan pada kain membuat bahan ini sangat cocok digunakan untuk membuat cover bag terbaik.
  • Kain parasut bening sangat mudah didapatkan, pilihan warnanya cukup banyak dan harganya pun relatif terjangkau.

Cover Bag

Sumber : https://fitinline.com/

Kain parasut ripstop adalah kain parasut yang mempunyai tekstur kotak-kotak dan coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparant.

  • Kain parasut ripstop (MG) disebut demikian karena memang memiliki pola berbentuk kotak-kotak pada permukaan kainnya.
  • Kain parasut ripstop termasuk ke dalam jenis kain yang bersifat anti.
  • Coating bening yang ditambahkan pada kain membuat bahan ini sangat cocok digunakan untuk membuat cover bag terbaik.
  • Kain parasut ripstop sangat mudah didapatkan, pilihan warnanya cukup banyak dan harganya pun relatif terjangkau.

Cover Bag

Sumber : https://fitinline.com/

Kain parasut silver merupakan kain parasut yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna silver.

  • Kain parasut silver termasuk ke dalam jenis kain yang bersifat waterrepellent (menolak air seperti daun talas).
  • Coating silver yang ditambahkan pada kain mampu menahan air dengan cukup baik sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan cover bag terbaik.

Cover Bag

Sumber : https://fitinline.com/

Kain parasut milky adalah kain parasut yang mempunyai coating (lapisan anti air) milky (warna putih susu). Dengan karakteristik bahannya yang bersifat anti air kain ini sangat cocok digunakan untuk membuat cover bag terbaik.

Cover Bag

Sumber : https://fitinline.com/

Kain parasut metalik merupakan kain parasut yang bagian dalamnya terdapat lapisan anti air berwarna mengkilap, lembut dan tidak kaku. Kain parasut metalik ini terkenal akan durabilitas dan kekuatannya sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan cover bag.

Cover Bag

Sumber : https://fitinline.com/

Cover bag yang dibuat dari sejumlah kain tersebut pastinya dapat digunakan untuk melindungi tas dengan sempurna dari hujan maupun kondisi yang lembab. Bahkan saat tidak hujan cover bag tersebut juga masih bisa digunakan untuk melindungi tas agar tetap bersih dan terhindar dari panas matahari.

4. Pastikan Bahannya Tidak Luntur

Dalam memilih cover bag terbaik anda perlu mempertimbangkan warna yang tepat. Sebisa mungkin pilihlah warna cover bag yang tidak cepat luntur supaya permukaan tas tidak cepat rusak.

  • Bila anda ingin membeli cover bag yang warna warni sebaiknya lakukan tes sederhana untuk menguji luntur tidaknya warna pada cover bag tersebut.
  • Cover bag yang warnanya luntur saat terkena air hujan biasanya berpotensi besar untuk melekat pada permukaan tas bahkan merusak bahan utama tas.

5. Pilih Ukuran Yang Sesuai

Usahakan untuk memilih cover bag yang ukurannya memang pas dengan ukuran tas anda, dalam artian tidak terlalu kebesaran atau kekecilan. Ukuran cover bag sendiri biasanya dinyatakan dalam satuan liter.

  • Memilih cover bag yang terlalu kecil akan membuat sebagian sisi tas tidak tertutupi dengan sempurna, sehingga bisa terkena cipratan air hujan atau debu.
  • Sebaliknya bila terlalu besar cover bag kemungkinan tidak terpasang dengan presisi dan tidak kencang, sehingga jadi lebih mudah terlepas ketika terkena hembusan angin.
  • Jika ukuran cover bag (rain cover) yang anda cari kebetulan tidak tersedia maka anda bisa menjahitnya sendiri atau memesan cover bag secara custom ke penjahit yang sudah terpercaya.

Cover Bag

Sumber : https://www.elfs-shop.com/

6. Pilih Yang Dilengkapi Pengencang

Sebisa mungkin pilih cover bag yang dilengkapi dengan fitur pengencang agar cover bag tersebut dapat melekat kuat dengan bagian utama tas. Jika cover bag hanya dikencangkan dengan karet, lama-lama karet tersebut akan kendur dan membuat cover bag mudah terlepas.

  • Saat membeli cover bag pastikan produk pilihan anda dilengkapi dengan belt atau benda sejenis lainnya.
  • Belt atau benda sejenis lainnya dapat dipilih sebagai tali pengencang cover bag karena potensi penurunan kualitasnya cenderung kecil.
  • Dengan adanya fitur pengencang, cover bag tidak akan mudah lepas ketika tertiup angin. Karena cover bag melekat kuat pada tas, maka angin pun jadi sulit untuk masuk.

Cover Bag

Sumber : https://ninenineclothing.com/

7. Pilih Yang Jahitannya Rapi

Telitilah kualitas jahitan antar bagian pada cover bag. Pastikan cover bag yang hendak anda beli memiliki jahitan bagus dan rapi sehingga dapat dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Jahitan cover bag yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang maupun pelengkap lainnya.

8. Pilih Toko Yang Terpercaya

Belilah cover bag dari tempat yang sudah terpercaya. Dengan cara ini maka anda akan mendapatkan kualitas yang sesuai dengan harga. Bila masih ragu anda bisa membandingkan produk yang sejenis yang dijual di toko lain.

9. Sesuaikan Harga Dengan Kebutuhan

Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya sesuaikan pula harga cover bag yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan. Jangan sampai hanya demi mendapatkan cover bag yang harganya sangat mahal lantas anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain.

Sudah menemukan cover bag yang sesuai dengan kebutuhan anda?. Untuk memastikan agar cover bag tersebut dapat berfungsi dengan baik pastikan anda juga menggunakan cover bag tersebut dengan cara yang tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan cover bag diantaranya:

  • Untuk memasang cover bag anda bisa mulai menutup bagian atas tas kemudian dilanjutkan pada bagian bawah dan sisi tas.
  • Pasangkan cover bag mulai dari bagian atas kemudian tarik ke arah bawah dan  sisi kanan kiri tas.
  • Rapikan bagian tepi cover bag supaya menutup seluruh bagian depan tas dengan sempurna.
  • Pastikan pemasangan cover bag fit atau pas pada bagian utama tas.
  • Terakhir kencangkan strap cover bag agar tidak mudah terlepas dengan body tas ketika tertiup angin.
  • Biasakan untuk membersihkan cover bag secara rutin tapi jangan sampai mencucinya dengan menggunakan deterjen dan mesin cuci, bila anda tidak ingin merusak serat kainnya.
  • Ketika ada noda pada cover bag, anda cukup mencucinya dengan air bersih saja tanpa harus memakai sabun cuci. Jangan sesekali mengucek apalagi menggunakan sikat cuci ataupun green sponge yang kasar.
  • Jangan mengemas cover bag dalam keadaan basah, sebab akan merekat jika kering dan meninggalkan bau tidak sedap.
  • Selesai melakukan pencucian selanjutnya jemur cover bag hingga benar-benar kering supaya nantinya tidak menempel pada bag dan menimbulkan embun.
  • Segera keringkan cover bag yang basah akibat terkena air hujan sesaat setelah hujan reda, jangan sampai ditunda sampai esok hari.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih cover bag yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan cover bag yang berkualitas bagus, penting bagi anda untuk memilih cover bag yang bersifat anti air, mudah kering dan dari segi ukuran juga benar-benar pas.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain parasut atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.