Article

Homepage Article Jahit Menjahit 8 Tipe Jahitan Pada Pakaian…

8 Tipe Jahitan Pada Pakaian Berdasarkan Jumlah Komponen Yang Digunakan

Untuk mendapatkan busana yang berkualitas sudah pasti terdapat banyak sekali faktor yang harus diperhatikan. Mulai dari pemilihan bahan, model dan juga jahitan yang dibuat apakah bagus dan rapi atau tidak.

Berbicara mengenai jahitan, mungkin banyak diantara anda yang masih belum tahu kalau berdasarkan jenis atau jumlah komponen yang digunakan, sebenarnya terdapat beberapa tipe dasar jahitan yang biasa diaplikasikan pada produk pakaian oleh sejumlah konveksi dan garment.

Jahitan yang dimaksud antara lain berupa jahitan superimposed, jahitan lapped, jahitan bound, flat seam, setikan dekoratif/ornamental, jahitan pinggir, jahitan untuk menyatukan bagian yang terpisah, dan jahitan konstruksi tunggal.

Jahitan Superimposed

Jahitan superimposed merupakan jenis jahitan yang biasanya digunakan untuk menyambungkan dua helai kain agar menjadi sebuah kesatuan yang utuh dengan menggunakan dua benang (satu berada dibawah dan yang satu berada pada jarum). 

Tipe Jahitan Pakaian

Sumber : http://fashion2apparel.blogspot.co.id/

Jahitan Lapped

Jahitan lapped dibentuk oleh minimum dua buah komponen, yang mana letak sisi tepiannya berlawanan dan saling menumpang. Jahitan lapped banyak digunakan pada pembuatan produk jeans sebab konstruksinya kuat. 

Tipe Jahitan Pakaian

Sumber : http://fashion2apparel.blogspot.co.id/

Bound Seam

Jahitan bound atau bound seam dibentuk minimum oleh dua buah komponen. Komponen pertama terbatas pada salah satu sisinya sedangkan komponen kedua terbatas pada kedua sisinya dan letaknya membungkus ujung terbatas pada komponen pertama. 

Tipe Jahitan Pakaian

Sumber : http://fashion2apparel.blogspot.co.id/

Flat Seam

Flat seam ini dibentuk oleh minimum dua buah komponen, yang mana letak sisi terbatasnya berlawanan dan kedudukannya sejajar. Pada jenis jahitan ini cara menjahitnya yaitu dengan menyambung tekukan dua pinggiran kain dengan rata lalu jahit dengan setikan kunci zig-zag.

Tipe Jahitan Pakaian

Sumber : http://fashion2apparel.blogspot.co.id/

Setikan Dekoratif/Ornamental

Setikan dekoratif atau ornamental merupakan jenis setikan yang menggunakan laju lurus tanpa terpotong atau melengkung dan dapat mengikuti pola desain ornamental yang terdapat pada satu helai kain.

Tipe Jahitan Pakaian

Sumber : http://fashion2apparel.blogspot.co.id/

Jahitan Pinggir

Setikan pinggir merupakan jenis setikan yang terdapat di bagian pinggir kain. Jenis jahitan yang paling sederhana dari operasi ini adalah serging. 

Tipe Jahitan Pakaian

Sumber : http://fashion2apparel.blogspot.co.id/

Jahitan Untuk Menyatukan Bagian Yang Terpisah

Kelompok jahitan ini termasuk jahitan yang memerlukan tambahan komponen lain pada bagian pinggir helai kain semisal pita karet pada bagian pinggir celana dalam wanita. Jahitan jenis ini memerlukan dua komponen.

Jahitan Konstruksi Tunggal

Jahitan konstruksi tunggal merupakan jenis jahitan yang terdiri dari kain satu helai bahan yang ditekuk ke dalam pada bagian kedua pinggirannya. Jahitan ini sering digunakan untuk lingkar sabuk pada celana jeans atau celana lainnya.

Supaya tampilan yang dihasilkan terkesan lebih rapi, tiap-tiap jahitan yang diaplikasikan pada pakaian idealnya harus dibuat dari benang yang serupa secara fisik terhadap bahan kain yang dijahit. Jenis setikan dan benang jahit yang digunakan pun sebaiknya dipilih yang paling sesuai dengan bahan kain.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.