Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Unik dan Menarik…

7 Fakta Unik dan Menarik Terkait Dengan “New Look” Fashion

Terkenal sebagai pusat mode dunia, ternyata Paris pernah mengalami keterpurukan bahkan mengalami kelangkaan bahan tekstil pasca perang dunia II lho. Untungnya masa kelam tersebut dapat diatasi dengan baik  oleh Christian Dior melalui pagelaran busana pertamanya yang melahirkan trend baru yaitu “New Look”.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang New Look

New look merupakan salah satu trend fashion yang lebih di kenal atau di cirikan dari bentuk yang melengkung dan bergaris. Penampilan yang diinginkan yaitu berupa bentuk tubuh seorang wanita yang menyerupai jam pasir dengan bentuk pinggang yang kecil dan pinggul yang terlihat lebih penuh.

New Look

Sumber : https://id.pinterest.com/

Fakta Menarik New Look

Berbicara mengenai “New Look” jadi trend yang satu ini ternyata juga menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menari untuk ditelusuri lho. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Asal Muasal New Look

“New Look” sebenarnya merupakan nama yang diberikan untuk sebuah gaya pakaian wanita yang diluncurkan oleh Christian Dior dalam koleksi haute couture pertamanya di kota Paris.

  • Tanggal 12 Februari 1947 menjadi hari penting dalam sejarah mode saat Christian Dior menggelar perhelatan fashion bergengsi.
  • Karya yang ditonjolkan dalam pergelaran tersebut banyak menonjolkan desain bahu yang bundar dan pinggang yang ramping.
  • Agar desain lebih tahan lama hampir semua kain dilapisi dengan percale atau taffeta.
  • Terdapat sekitar 90 model koleksi busana yang ditanpilkan selama pergelaran “New Look”.

New Look

Sumber : https://wfc.tv/

2. Pencetus Istilah New Look

Istilah “New Look” pertama kali dicetuskan oleh pemimpin redaksi majalah Harper’s Bazaar Caemel Snow yang secara tidak sengaja menamai gaya tersebut dengan mengatakan kepada Christian Dior “Your dresses have such a new look”.

Berawal dari situ Christian Dior lantas menggunakan istilah tersebut untuk mendefinisikan gayanya sendiri antara tahun 1947 hingga 1952 dan secara luas berlaku untuk semua kreasi busana yang terinspirasi dari  koleksi pertama Christian Dior.

3. Puncak Popularitas New Look

Busana-busana yang ditampilan pada pergelaran “New Look” menjadi sangat popular di antara tahun 1940 hingga 1950-an. Berawal dari situ pula Christian Dior akhirnya mendapatkan tawaran untuk menjadi desainer sejumlah klien terkemuka di Hollywood dan berbagai negara Eropa.

  • Pasca digelarnya pergelaran “New Look”, busana rancangan Christian Dior langsung popular di kalangan pelanggan busana dan memengaruhi perancang busana lain di seluruh dunia.
  • Banyak wanita Eropa dan Amerika Serikat membuat sendiri pakaian yang serupa dengan desain yang dibuat Christian Dior.

New Look

Sumber : https://wfc.tv/

4. Dampak Pergelaran New Look

Sempat menuai kontroversi karena menggunakan banyak kain di tengah kelangkaan tekstil yang menimpa Paris dan keadaan perekonomian yang saat itu menjadi tidak stabil pasca terjadinya perang dunia II, “New Look” justru berhasil mengembalikan Paris sebagai kiblat fashion dunia atau negara rujukan fashion dunia.

Selain menjadi pusat mode mulai dari desain, produksi sampai distribusi, brand-brand dari Paris pun juga aktif menggelar acara-acara Fashion Week. Saking terkenalnya mode di kota tersebut lahir pula berbagai sekolah dan media yang berkaitan erat dengan dunia mode.

5. Ciri Khas New Look

Dari segi bentuknya sendiri desain “New Look” banyak mengacu pada pakaian individu sebagai reaksi terhadap gaya masa perang. Beberapa ciri paking khas yang membedakan “New Look” dengan trend fashion yang lain diantaranya:

  • New look lebih banyak menonjolkan bentuk bahu yang tidak lagi square namun cenderung bulat dan alami.
  • Busana penutup tubuh bagian atas cenderung tampak seperti terjepit dibagian pinggang.
  • Gaun yang diciptakan memiliki potongan di bagian tengah menyerupai bentuk anak panah untuk mengakomodasi peningkatan kain dari pinggang dan pinggul yang kecil sehingga bagian dada terlihat lebih besar.
  • Ukuran panjang rok hanya sampai seperempat betis dan dibuat lebih bervolume sehingga menciptakan kesan yang glamor.

New Look

Sumber : https://zeitgeistofficial.com/

6. Aksesoris New Look

Tidak jauh beda dengan trend fashion lainnya, “New Look” juga memiliki aksesoris yang sangat khas. Aksesoris yang dapat digunakan untuk menunjang penampilan “New Look” antara lain berupa topi atau hiasan cantik di kepala, sarung tangan, sepatu dan dompet.

New Look

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Perkembangan New Look

Sebagai salah satu trend fashion yang mampu memberi kesan anggun dan feminim pada tampilan wanita,  “New Look” biasanya juga dipercantik dengan rok yang lebih ramping / rok span namun tetap mempertahankan model busana penutup tubuh bagian atasnya dengan jaket / blazer.

New Look

Sumber : https://medium.com/

Mungkin di Era sekarang mode tersebut juga dapat digunakan untuk berpergian ke pesta atau acara yang mengusungkan tema Feminim. Meski demikian tidak sedikit gaun pengantin dan gaun malam masa kini yang mengusung tema “New Look”.

Inspirasi New Look Fashion

Tertarik untuk mengusung tema "New Look" ke dalam gaya busana anda tapi masih bingung mau memakai busana yang seperti apa?. Untuk anda yang lebih senang tampil feminim coba kenakan blouse peplum motif bunga serta dress berpotongan A-line. Jangan lupakan juga berbagai model cardigan, dress asimetris, skinny jeans serta blazer.

Untuk pilihan warnanya anda bisa memilih busana bernuansa vintage rustic yang biasa didominasi warna-warna nuansa gelap dan kecokelatan. Untuk memberi kesan lebih segar coba juga warna biru tua, hijau army, hitam, beige dan merah bata yang diharmonisasikan  dengan warna terang seperti pink, cherry dan pastel.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai jenis busana pia, wanita dan busana anak?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lhat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang “New Look” yang dapat kami bagikan untuk nda. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan seperti apa sejarah “Nwe Look” dan fashion item yang menjadi ciri khasnya.

Untuk anda yang mau tahu lebih banyak lagi informasi terkait dengan teknik menjahit dan tips mendesain busana anda bisa mendownload E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.