Article

Homepage Article Kain 8 Starter Kits Wajib Untuk…

8 Starter Kits Wajib Untuk Menghadapi Era New Normal

Sudah mulai beraktifitas seperti biasa atau lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja?. Saat harus pergi bekerja di kantor ataupun menjalani aktivitas lainnya di luar rumah, pastikan anda selalu membawa sejumlah perlengkapan pribadi yang diperlukan sebagai sarana perlindungan dari penularan Covid-19.

Terkait dengan hal tersebut lantas apa saja ya perlengkapan pribadi yang harus disiapkan untuk menghadapi era new normal?. Supaya anda bisa beraktivitas dengan perasaan aman, berikut kami bagikan beberapa item penunjang new normal yang wajib anda bawa saat bepergian atau beraktifitas keluar rumah.

1. Masker

Masker wajah menjadi salah satu alat paling vital yang perlu dipersiapkan untuk menekan penularan Covid-19 karena alat ini dapat mencegah droplet masuk ke mulut dan hidung. Bergantung fungsi dan tujuan pemakaiannya masker inipun dapat dibedakan menjadi berbagai macam varian. 

  • Untuk aktifitas sehari-hari pilihlah masker wajah berbahan kain yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali.
  • Hindari membeli atau menggunakan masker medis, karena masker medis ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

Masker kain hadir sebagai alternatif pengganti masker medis yang lebih murah dan dapat dipakai lebih dari sekali. Meskipun terbuat dari bahan yang jelas berbeda dengan masker bedah atau masker N95, akan tetapi masker kain ini pada prinsipnya masih sangat berguna sebagai alat perlindungan diri ketika berbelanja atau bekerja.

Masker kain disebut-sebut memiliki efektivitas yang sama dengan masker bedah jika digunakan dengan cara tepat.

  • Berdasarkan penelitian dari Smart Air Filters, terungkap bahwa bahan kaos katun dan sarung bantal menjadi bahan kain terbaik untuk membuat masker wajah.
  • Selain mudah didapatkan kemampuan masker kain dari dua bahan tersebut dinilai cukup baik untuk menangkap partikel namun tetap membuat penggunanya dapat bernafas dengan nyaman.

Pilihlah masker kain (minimal dua lapis) yang dapat dicuci. Jangan lupa untuk membeli lebih dari satu masker supaya anda bisa menggantinya ketika salah satu masker sudah kotor. Bila masker yang anda miliki sudah rusak dan tidak layak dipakai buanglah masker dengan benar ke dalam tempat sampah.

Selalu gunakan masker wajah ketika bepergian atau berkegiatan di luar rumah tanpa terkecuali. Bawalah masker cadangan di dalam tas untuk menggantikan masker yang sedang dipakai. Bagi yang ingin membantu sesama warga, bantulah dengan mengadakan, memproduksi dan membagikan masker kain.

New Normal Kits

Sumber : https://www.afar.com/

Ingin membuat masker wajah sendiri untuk keperluan pribadi, donasi atau dijual kembali anda juga bisa mendownload Pola Masker Motor dan Pola Masker Kain dari kami.

2. Hand Sanitizer

Hand sanitizer merupakan produk pembersih tangan yang memiliki kemampuan cukup baik dalam menghambat hingga membunuh bakteri. Hand sanitizer ini diperlukan jika anda tidak menemukan tempat mencuci tangan dengan menggunakan sabun, seperti di dalam transportasi umum.

Hand sanitizer hadir menjadi produk paling efektif dan efesien untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tangan. Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaiannya terdapat dua hand sanitizer yang bisa anda pilih. Hand sainitazer yang dimaksud yakni berupa hand sanitizer gel dan hand sanitizer spray.

  • Hand sanitizer gel merupakan pembersih tangan berbentuk gel yang mengandung bahan aktif alkohol 60%.
  • Hand sanitizer spray merupakan pembersih tangan berbentuk spray yang mengandung bahan aktif irgasan DP 300 : 0,1% dan alkohol 60%.

Untuk mencegah penularan Covid-19 belilah hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen karena produk dengan persentase alkohol di bawah itu tidak mampu membersihkan tangan anda dari virus dan bakteri secara efektif.

  • Hand sanitizer termasuk ke dalam salah satu produk pembersih tangan yang cukup awet karena memiliki kandungan alkohol di dalamnya.  
  • Hand sanitizer tidak memiliki tanggal kadaluwarsa, akan tetapi produsen hand sanitizer perlu mencantumkan tanggal kedaluwarsa.

Hand sanitizer dapat disimpan hingga bertahun-tahun lamanya asalkan disimpan atau ditempatkan di dalam suhu ruangan yang stabil. Jika tidak ditempatkan di suhu ruang yang stabil, fungsi hand sanitizer tidak efektif untuk membunuh kuman dan virus karena berkurangnya konsentrasi alkohol.

New Normal Kits

Sumber : https://www.thejakartapost.com/

3. Face Shield atau Kacamata

Untuk anda yang biasa bepergian dengan transportasi umum ada baiknya jika anda selalu membawa face shield sebagai pelengkap perlindungan wajah. Face shield sendiri merupakan alat pelindung wajah yang bentuknya mirip seperti perisai dan banyak dibuat dari bahan plastik transparan.

  • Face shield dapat melindungi penggunanya dari paparan virus sampai 96 persen, saat digunakan dalam jarak setengah meter dari orang yang batuk.
  • Face shield sangat praktis digunakan dan minim celah kesalahan cara penggunaan.
  • Face shield bisa didisinfeksi di mana saja jadi kalau bepergian keluar rumah anda tidak perlu repot membawa beberapa face shield ekstra.
  • Face shield bisa menunjang jaga jarak aman karena setiap orang bisa berkomunikasi tanpa perlu berdekatan.

New Normal Kits

Sumber : https://www.pharmhealth.com/

Bila anda kesulitan mencari face shield atau justru merasa kurang percaya diri manakala harus  memakai face shield, anda bisa juga menggunakan safety googles atau kacamata biasa untuk memberikan mata perlindungan yang memadai dari ancaman virus corona dan mencegah anda mengucek mata.

New Normal Kits

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Topi

Topi menjadi item pelengkap fashion yang juga dapat digunakan untuk melindungi diri dari baya virus Covid-19. Sebab walaupun kecil, potensi virus corona bertahan di rambut anda pasti tetaplah ada. Penggunaan topi juga bisa mencegah anda menyentuh rambut saat beraktivitas di luar rumah.

Untuk menunjang gaya penampilan supaya makin menarik anda bisa mencoba memakai bucket hat yang memiliki desain cukup unik yakni melebar kebawah sehingga memungkinkan seluruh rambut tertutup.

  • Pilih bucket hat yang didesain dalam warna-warna netral dan bermotif simple kalau anda lebih suka tampil simple.
  • Pilih bucket hat yang tidak biasa dan berwarna warni kalau anda suka bergaya unik.
  • Untuk aktifitas sehari-hari pilih bucket hat yang cenderung polos agar tampilan yang dihasilkan tampak lebih casual dan santai.
  • Topi yang anda pakai sebaiknya juga rutin diganti setiap dua atau tiga kali sehari untuk menjaga kebersihannya.

New Normal Kits

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Tisu

Tisu menjadi barang penting yang wajib anda bawa kemanapun untuk menjaga kebersihan barang-barang dan permukaan sekitar mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga keperluan toilet. Pembuatan tisu yang baik harus terbuat dari 100% serat alami dan bukan dari kertas daur ulang.

Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaiannya, terdapat dua jenis tisu yang bisa anda andalkan untuk menjaga kebersihan pada era new normal. Tisu yang dimaksud yakni berupa tisu basah dan tisu kering.

  • Tisu Basah

Tisu basah menjadi salah satu item yang penting untuk membersihkan permukaan pada benda-benda di sekitar. Benda yang dimaksud yakni berupa laptop atau mouse komputer yang biasa anda pakai untuk bekerja.

New Normal Kits

Sumber : https://productnation.co/

  • Tisu Kering

Selain tisu basah jangan lupa untuk selalu membawa tisu kering di dalam tas. Khusus untuk anda yang lebih menykai tisu kering disarankan untuk menggunakan tisu kering dengan tekstur lembut dan halus, agar tidak mengiritasi bagian kulit.

New Normal Kits

Sumber : https://tissueku.com/

6. Peralatan Makan

Khusus untuk anda yang sudah mulai bekerja di kantor atau terbiasa makan di luar, sebaiknya selalu bawa perlengkapan makan sendiri dari rumah dan segera cuci setelah selesai digunakan untuk makan. Dalam hal ini peralatan makan yang dimaksud yakni berupa sendok, garpu dan tempat makan.

  • Penggunaan peralatan makan sendiri dapat meminimalisir potensi penyebaran virus corona yang bisa menempel pada permukaan benda-benda tersebut selama berhari-hari.
  • Untuk memudahkan anda dalam membawa peralatan makan pribadi anda bisa membungkusnya dengan menggunakan pouch berbahan taslan yang unik.
    • Pouch berbahan taslan (anti air) sangat cocok digunakan untuk tempat penyimpanan barang kecil.
    • Pouch berbahan taslan cukup untuk menyimpan peralatan makan seperti spork dan gelas lipat.

Butuh bahan bahan taslan berkualitas untuk membuat pouch?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Taslan kami Di Sini.

7. Perlengkapan Ibadah

Sama dengan alat makan sebaiknya hindari pemakaian perlengkapan ibadah yang sering digunakan bersama dengan dengan orang lain. Untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19, sebisa mungkin bawalah peralatan ibadah seperti sajadah, sarung dan mukena sendiri kemanapun anda pergi.

  • Sajadah

Sajadah merupakan alat pelengkap sholat dari bahan kain yang biasa dihias dengan corak bernafaskan Islam. Untuk keperluan new normal pilih saja sajadah travel yang dibuat dari kombinasi kain parasut pada lapisan bawahnya sementara lapisan atasnya bisa menggunakan bahan taslan.

  • Sarung

Sarung merupakan sepotong kain yang dijahit pada kedua ujungnya, sehingga berbentuk menyerupai tabung dan dapat dikenakan dengan cara didebatkan pada pinggang untuk menutupi bagian bawah tubuh.

  • Mukena

Mukena merupakan busana pelengkap shalat khas Indonesia yang didesain khusus untuk para wanita muslim. Sebagai perlengkapan wajib saat sholat, mukena sendiri umumnya dapat dibuat dari berbagai jenis bahan. Salah satunya yakni berupa bahan parasut yang menawarkan banyak keunggulan.

  • Mukena parasut terkenal kuat dan tidak mudah kusut walau bahannya tergolong cukup tipis.
  • Mukena parasut sangat ringan dan mudah untuk dilipat dan dimasukkan ke dalam tas kecil yang disertakan saat pembelian mukena.
  • Mukena parasut sangat cocok untuk dibawa bepergian tanpa perlu memakan banyak tempat untuk menyimpannya.
  • Mukena parasut tersedia dalam banyak warna. Kalau mau lebih aman anda bisa memilih mukena parasut yang berwarna gelap agar tidak transparan karena bahan ini agak tipis dan rawan menerawang.

Kain parasut yang banyak dijadikan bahan mukena yakni berupa Kain Parasut Kusut yang sangat ringan dan mudah dibersihkan. Selain kain parasut kusut bisa juga menggunakan Kain Parasut Tipis atau Kain Parasut Super yang cenderung lebih murah.

8. Helm

Bila anda sering menggunakan jasa ojek online untuk bepergian, akan lebih baik bila anda membawa helm sendiri untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Dengan membawa helm sendiri, anda bisa memastikan kebersihan dan keamanannya tanpa perlu dihantui kekhawatiran akan helm yang digunakan.

  • Gunakan helm yang sudah memenuhi standar keselamatan. Khusus di Indonesia sendiri, standar helm sudah diatur harus berstandar SNI.
  • Sesuaikan ukuran lingkar kepala dengan ukuran helm. Jangan sampai helm terlalu besar atau sempit karena bisa mengancam keselamatan dan mengurangi kenyamanan.
  • Carilah helm yang memiliki fitur removable pada bagian padding (bagian dalamnya) supaya bisa dibersihkan dengan mudah.
  • Untuk proteksi lebih baik gunakan helm yang dilengkapi dengan kaca untuk melindungi seluruh bagian wajah dan tempurung kepala.

New Normal Kits

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selain membawa sejumlah perlengkapan di atas jangan lupa juga terapkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan anda sehari-hari.

1. Meningkatkan Imun Tubuh

Kunci utama agar terhindar dari virus covid-19 yaitu dengan menjaga sistem imun tubuh. Cara paling mudah yang dapat dilakukan yaitu konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak buah dan sayur, istirahat cukup, olahraga rutin dan konsumsi multivitamin.

2. Jaga Jarak Aman

Jaga jarak aman minimal 1 sampai 2 meter ketika berada di tempat umum. Hal ini dapat dilakukan untuk membatasi potensi sentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi dan orang yang terinfeksi di luar rumah.

3. Tidak Berjabat Tangan

Hindari sentuhan kontak secara langsung dengan orang lain, termasuk jabat tangan atau salaman. Sebagai gantinya anda bisa melakukan namaste yaitu mengatupkan kedua tangan di depan dada atau sekedar membungkukkan tubuh.

4. Rajin Mencuci Tangan

Terapkan pola hidup sehat dengan cara rajin mencuci tangan sebelum anda menyentuh bagian mata, hidung, mulut dan bagian wajah yang lainnya. Untuk memastikan agar tangan anda benar-benar bersih coba terapkan langkah-langkah berikut.

  • Basahi tangan setinggi pertengahan lengan kemudian tuangkan sabun pada telapak tangan.
  • Ratakan sabun ke seluruh bagian telapak tangan secara lembut kemudian usap dengan gerakan memutar.
  • Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian, begitu pula bagian sela-sela jari tangan.
  • Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.
  • Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.
  • Letakkan ujung jari ke telapak tanan kemudian gosok secara perlahan. Lakukan hal yang sama untuk tangan satunya.
  • Bilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir kemudian keringkan tangan memakai handuk atau tisu.

Rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 hingga 30 detik dapat mencegah infeksi dan penyebaran mikroorganisme (bakteri/kuman) yang menyebabkan penyakit. Setelah kering tangan anda sudah aman dari bakteri dan kotoran.

5. Mandi Setelah Bepergian

Biasakan untuk membersihkan diri dan mengganti baju sebelum kontak fisik dengan keluarga. Lebih bagus lagi bila anda segera mencuci pakaian kotor yang anda gunakan agar terbebas dari kuman, bakteri maupun virus yang berbahaya seperti halnya covid-19.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah perlengkapan pribadi yang wajib anda bawa setiap kali bepergian atau melakukan aktivitas penting seperti belanja, bekerja atau sekedar mengambil uang di ATM. Demi keamanan dan kesehatan bersama jangan sampai perlengkapan new normal di atas terlupakan ya.

Selain membawa sejumlah perlengkapan penting seperti yang sudah disebutkan di atas pastikan anda juga selalu rutin mencuci tangan dan menjaga jarak aman saat di tempat umum. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan menaati protokol kesehatan yang ada semoga kita semua dapat terhindar dari virus Covid-19.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.